27 October 2022

by Glenn Kaonang

5 NFT Karya Seni Termahal yang Dirilis di Tahun 2022

NFT karya seni masih menjadi komoditas yang sangat berharga di tahun 2022 ini, seperti yang bisa dilihat dari kelima contoh berikut

Pada Maret 2021, seorang seniman digital yang dikenal dengan nama Beeple berhasil menjual NFT senilai $69,3 juta. Aset NFT yang berjudul Everydays: The First 5000 Days itu menjadi bukti bahwa NFT pun juga dapat diperlakukan sebagai produk karya seni yang sangat berharga, dan bukan hanya sebatas alat untuk pamer status di media sosial.

Penjualan NFT karya seni dengan nilai sefantastis itu mungkin hanya akan terjadi sekali seumur hidup, tapi itu bukan berarti orang-orang tidak berani membayar mahal demi menggaet suatu NFT karya seni yang disukainya. Bahkan di tahun 2022 dan di tengah meredupnya pasar crypto secara luas pun, NFT karya seni masih bisa mengundang kolektor berkantong tebal, sama halnya seperti NFT collectible.

Di artikel ini, saya telah merangkum 5 NFT karya seni termahal yang dirilis di tahun 2022. Kalau Anda meluangkan waktu sebentar untuk melakukan riset di internet, Anda mungkin bakal menemukan beberapa NFT karya seni lain yang terjual dengan nilai lebih tinggi daripada yang ada di daftar ini. Namun demikian, kebanyakan dari NFT tersebut sebenarnya sudah di-mint sejak tahun lalu atau bahkan lebih, sehingga akhirnya tidak saya masukkan dalam hitungan. Sumber data yang saya gunakan sendiri adalah NonFungible.com dan CryptoArt.

1. Life and Death — $1,03 juta

Posisi pertama NFT karya seni termahal yang dirilis di tahun 2022 diduduki oleh Life and Death karya animator asal Korea Selatan, DeeKay Kwon. Sesuai judulnya, video animasi singkat itu mengilustrasikan fase hidup manusia sejak lahir sampai akhirnya meninggal dunia, dengan gaya visual yang lucu dan menyenangkan, khas karya-karya sang artis selama ini.

Aset NFT-nya sendiri di-mint pada 8 April, dan di hari yang sama terjual lewat marketplace SuperRare seharga 319 ETH, atau kurang lebih setara dengan $1,03 juta jika dihitung berdasarkan nilai tukar Ether pada saat itu.

2. THE FUD — $691 ribu

Di urutan kedua, ada THE FUD karya crypto artist asal Inggris yang dikenal dengan nama XCOPY. Kalau namanya kedengaran familier, kemungkinan itu karena Anda sempat melihat sejumlah karyanya yang masing-masing terjual dengan harga jutaan dolar tahun lalu. Karya-karya XCOPY sering kali mengeksplorasi tema seperti kematian, distopia, dan apati, yang kemudian diterjemahkan menjadi gambar GIF berkedip (flashing) dengan gaya visual yang distorted.

THE FUD pun tidak luput dari kriteria-kriteria tersebut. NFT karya seni ini di-mint di SuperRare pada 2 Februari, dan kemudian terjual melalui sistem lelang pada 6 Februari seharga 229 ETH, atau setara dengan $691 ribu.

3. Sleeping Quarters — $518 ribu

Peringkat ketiga NFT karya seni termahal yang dirilis di tahun 2022 diisi oleh Sleeping Quarters karya ilustrator dan animator Seerlight. Sebagian besar karyanya mengombinasikan sketsa ala anime dengan palet warna yang khas. Sepintas hampir kelihatan seperti karya-karya Studio Ghibli, hanya saja dengan warna-warna kebiruan dan keunguan yang sangat cocok disandingkan dengan musik-musik lo-fi.

NFT karya seni yang satu ini di-mint pada 12 Januari, dan pada hari yang sama langsung terjual lewat SuperRare dengan harga 155 ETH, setara $518 ribu jika disesuaikan dengan kurs hari itu.

4. God is typing … — $461 ribu

Seperti yang mungkin sudah bisa ditebak dari gaya visualnya, God is typing … adalah NFT karya seni besutan XCOPY. Karya ini merupakan kreasi terbaru dari XCOPY yang di-mint pada 28 Juli. Keesokan harinya, NFT karya seni tersebut langsung laku terjual via lelang di angka 264 ETH, atau kurang lebih setara dengan $461 ribu.

Seperti yang bisa kita lihat, God is typing … sebenarnya laku lebih mahal daripada THE FUD yang menduduki posisi kedua tadi. Namun berhubung nilai tukar Ether terus melemah dari waktu ke waktu selama 2022, nilainya jadi kalah tinggi jika dihitung dalam dolar.

5. It's all smoke — $297 ribu

Terakhir, ada NFT karya seni berjudul It's all smoke besutan artis NikiLe Sunshine. Meski tidak ada keterangan apa-apa yang diberikan oleh kreatornya, kita semestinya bisa menebak bahwa sosok wanita yang ada pada gambar adalah Marilyn Monroe, atau setidaknya yang dimodel berdasarkan simbol seks era 1950-an tersebut.

NFT-nya sendiri di-mint pada 10 September di KnownOrigin, marketplace NFT yang sejak Juni lalu telah menjadi anak usaha eBay. Besoknya, NFT tersebut langsung terjual seharga 169 ETH, atau setara dengan $297 ribu. Lagi-lagi, kita bisa melihat contoh lain NFT yang sebenarnya bernilai tinggi, tapi jadi tidak terlalu seberapa akibat fenomena crypto winter.

Gambar header: Simon Lee via Unsplash.