24 June 2023

by Galih

Developer Game Agate Gandeng Pionir Web3 Asal Korea Selatan

Agate berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas industri game lokal

Kolaborasi kembali terjadi di industri video game tanah air. Kali ini perusahaan pengembang video game terbesar di Indonesia, Agate melakukan kerja sama dengan perusahaan pionir web3 asal Korea Selatan, ISKRA.

Penandatanganan kerjasama kedua perusahaan tersebut bahkan difasilitasi oleh pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Diharapkan, kolaborasi ini dapat mendorong perkembangan industri game dan web3 di Indonesia.

Sekaligus untuk menciptakan pertumbuhan ekosistem game web3 yang berkelanjutan di Indonesia dan juga Korea Selatan. Proses teken Memorandum of Understanding (MoU)-nya dilakukan secara langsung di kantor ISKRA di Seoul, Korea Selatan.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan dari ketiga belah pihak. Seperti Agate yang diwakilkan oleh VP Marketing & Sales-nya, Vincentius Hening W Ismawan. Sr Business Development Representative Korea Agate, Aaliyah Lee, dan Chief Business Officer ISKRA, Ben Colayco.

Pihak pemerintah Indonesia sendiri diwakilkan oleh Angela Tanoesodibjo selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan juga DeputiBidang Ekonomi Digital dan ProdukKreatif, Muhammad Neil El Himam.

image credit: Agate

"Kerjasama ini juga menjadi langkah strategis bagi Agate dan ISKRA untuk dapat memperluas jangkauan pasar kedua perusahaan." ungkap Vincentius Hening melalui rilisan pers Agate.

Vincent menjelaskan bahwa kerjasama ini dapat terjadi karena adanya kesamaan visi antara Agate dan ISKRA untuk menciptakan ekosistem web3 yang berkelanjutan. Vincent juga berharap ISKRA dapat membantu meningkatkan kemampuan dan kualitas industri game dan web3 di Indonesia.

ISKRA sendiri merupakan perusahaan yang dipunggawai oleh berbagai pelaku senior dan para hali di industri video game dan juga web3. Maka dari itu Agate berharap kerjasama dengan ISKRA dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kualitas dan standar industri game di Indonesia.

Bahkan Agate juga tidak menutup kemungkinan bahwa kolaborasi ini berpotensi untuk menjadi gerbang untuk berbagai kolaborasi dengan pihak lainnya di masa depan.

Ke depannya, Agate akan bertindak sebagai salah satu rekanan strategis dan juga pengembang video game bagi ISKRA. Meskipun sayangnya, Agate masih belum membeberkan game seperti apakah yang kira-kira akan dirilis setelah kerjasama ini berlangsung.