23 June 2022

by Glenn Kaonang

Makin Serius Dalami Web3, eBay Akuisisi Marketplace NFT KnownOrigin

eBay melihat akuisisinya terhadap KnownOrigin sebagai langkah penting untuk mewujudkan visinya menjadi salah satu destinasi utama di ranah digital collectible

eBay terus menunjukkan keseriusannya dalam berbisnis di dunia Web3. Pionir platform jual-beli online itu baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi sebuah marketplace NFT bernama KnownOrigin dengan nilai yang dirahasiakan.

KnownOrigin adalah marketplace NFT asal Inggris yang didirikan pada tahun 2018. Seperti kebanyakan marketplace NFT, KnownOrigin membebaskan para penggunanya untuk memperdagangkan NFT, sekaligus minting NFT di blockchain Ethereum.

Sejak beroperasi dari tahun 2018, KnownOrigin telah mencatatkan total volume penjualan sebesar $7,8 juta berdasarkan data dari DappRadar, dan sejauh ini menduduki peringkat 12 marketplace NFT Ethereum dengan volume terbesar.

Dalam siaran persnya, eBay mengatakan bahwa akuisisi ini merupakan langkah penting bagi mereka dalam visinya untuk menjadi salah satu destinasi utama di ranah digital collectible.

"eBay adalah perhentian pertama bagi orang-orang di seluruh dunia yang mencari sesuatu yang unik, sulit ditemukan, dan sempurna untuk ditambahkan ke koleksinya, dan dengan akuisisi ini, kami akan tetap menjadi situs terdepan seiring komunitas kami semakin menambahkan koleksi digital," ucap Jammie Iannone selaku CEO eBay.

eBay sebenarnya sudah memperbolehkan aktivitas jual-beli NFT sejak Mei 2021. Belum lama ini, eBay juga mulai menjual sendiri koleksi NFT pertamanya yang merupakan hasil kolaborasi dengan marketplace NFT OneOf dan Sports Illustrated. Adalah sebuah keputusan yang alami bagi mereka untuk melangkah lebih jauh lagi hingga akhirnya turut dikenal sebagai marketplace NFT terkemuka.

eBay tentu tidak sendirian mengejar visi tersebut, sebab belakangan ini memang beredar cukup banyak kabar seputar akuisisi marketplace NFT. Baru kemarin, decentralized exchange (DEX) Uniswap mengumumkan akuisisinya terhadap agregator marketplace NFT Genie, menyusul OpenSea yang mengakuisisi agregator lain bernama Gem di bulan April.

Sumber: Cointelegraph.