8 Tools AI Pilihan untuk Keperluan Edit Foto

Tidak perlu jago Photoshop, saat ini sudah ada banyak tools AI yang dapat diandalkan untuk memanipulasi gambar

Berkat perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI), saat ini kita tidak perlu lagi menjadi seorang ahli Photoshop agar bisa menyunting foto dan membuatnya jadi lebih bagus daripada aslinya. Menggunakan tools berbasis AI, kita bisa mengubah efek pencahayaan pada suatu foto, mengganti latar belakangnya secara keseluruhan, atau bahkan menghapus objek-objek yang tidak diinginkan.

Kehadiran tools AI untuk edit foto benar-benar memudahkan konsumen memanipulasi gambar sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Kalau dulu itu hanya bisa dicapai dengan menguasai beragam fungsi yang ada di software seperti Adobe Photoshop, sekarang kita hanya perlu memilih dari segudang opsi tools AI yang tersedia.

Di artikel ini, saya telah merangkum 8 tools AI pilihan yang bisa menjadi andalan untuk keperluan edit foto. Sebagian dari tools ini memang menawarkan fitur image generation via prompt teks, namun kalau itu yang Anda cari, Anda bisa menyimak rekomendasi tools AI text-to-image yang lebih lengkap di sini.

Daftar tools AI untuk edit foto

Adobe Firefly

Rasanya mustahil membahas tentang program untuk menyunting foto tanpa menyinggung produk Adobe, apalagi mengingat mereka sekarang juga punya tools AI untuk keperluan tersebut. Dinamai Adobe Firefly, tools AI ini memang masih berstatus beta, akan tetapi fitur penyuntingan foto (generative fill) yang ditawarkan sudah berhasil membuat banyak orang terpukau.

Cara kerja fitur ini sangat sederhana, sebab pengguna pada dasarnya hanya perlu menandai bagian yang hendak diedit, lalu mengetikkan instruksinya. Mengubah motif pakaian, menambahkan efek cuaca tertentu, atau menyulap foto portrait menjadi landscape dengan pemandangan yang sesuai, semuanya dapat dilakukan dengan mudah di Firefly.

Bagi pengguna yang sudah berlangganan Adobe Creative Cloud, fitur generative fill ini sudah bisa langsung digunakan lewat versi beta Adobe Photoshop. Alternatifnya, Firefly dapat langsung diakses via web secara cuma-cuma, cukup dengan mendaftar atau login menggunakan akun Adobe.

PhotoRoom

PhotoRoom merupakan aplikasi edit foto berbasis AI yang cukup populer yang tersedia di iOS, Android, maupun web. Popularitasnya tentu bukan tanpa alasan, sebab PhotoRoom menawarkan sederet fitur yang semuanya bisa diakses secara cuma-cuma. Menghapus background dan menggantinya dengan yang lain merupakan salah satu spesialisasi PhotoRoom yang paling difavoritkan para penggunanya.

PhotoRoom juga dibekali fitur bernama Retouch, yang memungkinkan pengguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari sebuah foto, cukup dengan menandainya saja. Meski sepintas kedengarannya sepele, terkadang ada atau tidaknya satu elemen kecil dalam suatu foto bisa mengubah vibe keseluruhan yang disajikan.

Selain versi gratisan, PhotoRoom juga menawarkan versi berbayar bagi yang ingin menyimpan hasil penyuntingan dalam resolusi yang lebih besar, atau yang tidak ingin hasil editannya memiliki watermark. Namun sebelum membayar, pengguna bisa lebih dulu menikmati free trial selama 7 hari.

Getimg.ai

Getimg.ai merupakan sebuah tools AI image generator yang dilengkapi dengan fitur editing yang sangat kapabel. Sebagai tools text-to-image berbasis Stable Diffusion, cara kerjanya pun jauh dari kata ribet: pengguna hanya perlu menandai bagian foto yang ingin diedit, lalu mencantumkan deskripsi teks dari hasil penyuntingan yang hendak dicapai.

Fitur unik lain yang terdapat di Getimg.ai adalah Dreambooth, yang dapat dipakai untuk mengubah foto seseorang menjadi avatar AI dalam berbagai art style. Tak hanya untuk foto portret, fitur ini juga bisa sangat bermanfaat untuk menghasilkan berbagai variasi dari suatu foto produk.

Soal biaya, Getimg.ai menerapkan sistem kredit. Kabar baiknya, pengguna akan menerima 100 kredit setiap bulannya tanpa perlu membayar apa-apa. Kalau perlu lebih, pengguna bisa berlangganan versi berbayarnya dengan tarif bulanan mulai $12.

Photopea

Photopea adalah alternatif Photoshop yang dapat diakses langsung via browser. Tools ini sepenuhnya gratis, akan tetapi fitur edit foto yang ditawarkan benar-benar melimpah, termasuk yang memanfaatkan kecanggihan AI.

Fitur AI yang dimaksud adalah Magic Replace. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti objek pada foto dengan AI-generated image. Cara kerjanya lagi-lagi sangat simpel, sebab pengguna hanya perlu menandai objek atau bagian foto yang hendak diganti, lalu ketikkan deskripsi penggantinya, dan klik tombol "Replace".

Canva Magic Tools

Canva untuk edit foto? Kenapa tidak, apalagi mengingat Canva belakangan juga telah menyediakan sejumlah fitur berbasis AI yang sangat pas untuk keperluan menyunting foto. Dua di antaranya adalah Magic Eraser dan Magic Edit.

Magic Eraser, sesuai namanya, berfungsi untuk menghapus objek atau elemen-elemen tertentu yang dinilai mengganggu dari sebuah foto. Cara kerjanya tidak berbeda dari fitur serupa yang ditawarkan oleh tools lain dalam artikel ini.

Magic Edit di sisi lain berfungsi untuk menukar suatu objek dalam gambar dengan objek lain yang dibuat oleh generative AI, sesuai dengan prompt teks yang pengguna cantumkan. Fitur ini dapat diakses oleh semua pengguna Canva, termasuk para pengguna versi gratisannya, sedangkan Magic Eraser hanya terbatas untuk para pelanggan versi berbayar Canva.

Fotor

Fotor adalah tools edit foto yang cukup populer yang juga dilengkapi sederet fitur berbasis AI. Pengguna dapat menghapus background, meningkatkan resolusi gambar (upscaling), maupun mengubah foto menjadi yang bergaya kartun. Anda punya foto lawas hitam-putih yang ingin diwarnai? Percayakan saja pada AI milik Fotor.

Selain di web, Fotor juga tersedia dalam bentuk aplikasi iOS dan Android. Untuk keperluan editing foto yang mendasar, Fotor dapat digunakan secara gratis. Sebagian besar fitur AI-nya di sisi lain perlu ditebus dengan tarif berlangganan mulai $9 per bulan.

Runway

Meski lebih populer di kalangan video editor, Runway patut dipertimbangkan jika Anda mencari tools untuk edit foto yang mengandalkan kehebatan AI. Beberapa fitur AI yang ditawarkannya antara lain mencakup background removal, outpainting alias memperluas gambar hingga melewati bingkai aslinya, serta AI colorizer.

Runway mematok tarif berlangganan mulai $15 per bulan. Sepintas kedengarannya cukup mahal, tapi jangan lupa bahwa tarif tersebut juga sudah termasuk akses ke sederet tools edit video yang Runway tawarkan. Anda juga bisa menjajal versi gratisannya terlebih dahulu sebelum mulai membayar.

Luminar Neo

Dalam konteks edit foto, AI hadir untuk memudahkan pengguna dalam tugas-tugas seperti menghapus background, mengubah langit menjadi lebih dramatis, menambahkan efek bokeh, dan masih banyak lagi. Sering kali, semua itu dapat dicapai hanya dengan satu klik tombol saja, contohnya seperti yang ditawarkan oleh program bernama Luminar Neo ini.

Dari perspektif sederhana, Luminar Neo ibarat Photoshop yang sudah diinjeksi dengan AI untuk berbagai macam kebtuuhan. Anda bisa menggunakannya layaknya software edit foto konvensional, tapi Anda juga punya opsi untuk memanfaatkan fitur-fitur berbasis AI-nya.

Anda lebih suka menggunakan Photoshop ketimbang yang lain? Tidak masalah, sebab Luminar Neo juga dapat diselipkan sebagai plug-in ke program buatan Adobe tersebut, sehingga Anda bisa mengakses fitur-fitur AI-nya tanpa harus berganti aplikasi. Luminar Neo ditawarkan via tarif berlangganan mulai $11,4 per bulan, atau Anda juga bisa membeli lisensi seumur hidup jika perlu.

Gambar header: Freepik.