23 August 2023

by Glenn Kaonang

Deretan Trailer Game Baru yang Dipamerkan di Gamescom 2023

Tidak banyak world-premiere, tapi masih cukup 'berdaging' dan menggugah selera

Event gaming tahunan Gamescom kembali digelar tahun ini di Cologne, Jerman. Berlangsung selama lima hari, gelaran ini dibuka dengan sesi keynote yang menampilkan sederet trailer game baru.

Meski tidak menampilkan terlalu banyak world-premiere trailer, sebagian besar trailer yang disajikan di Gamescom 2023 masih bisa mencuri perhatian banyak gamer. Bukan hanya dari studio-studio game besar, sejumlah kejutan dari kalangan indie pun juga menjadi sorotan di acara ini.

Bagi yang melewatkan siaran langsung Gamescom Opening Night Live 2023, Anda bisa menyimak ringkasannya di sini, lengkap beserta sederet trailer game baru yang ditampilkan.

Live-action trailer Starfield

Perilisan Starfield sudah hampir di depan mata. RPG terbaru Bethesda ini akan resmi meluncur pada 6 September 2023, dan menjelang hari H-nya, Bethesda pun merilis sebuah trailer baru.

Namun trailer-nya agak berbeda kali ini, yakni dalam bentuk live-action ketimbang sinematik maupun yang diambil langsung dari gameplay.

Ini bukan pertama kali Bethesda merilis live-action trailer dari game-nya.

Cyberpunk 2077: Phantom Liberty

Menyusul pada 26 September 2023 adalah expansion Cyberpunk 2077 yang berjudul Phantom Liberty. Expansion ini menghadirkan jalan cerita beserta area baru yang dapat dinikmati.

Namun yang lebih menarik adalah, bersamaan dengan perilisan Phantom Liberty, base game Cyberpunk 2077 juga akan kedatangan update versi 2.0.

Update gratis ini menghadirkan banyak sekali pembaruan dan penyempurnaan, termasuk perombakan total sistem skill tree.

Jadi kalau pun Anda tidak berniat memainkan expansion-nya, update anyar ini setidaknya bisa memberikan banyak alasan bagi Anda untuk kembali menyambangi Night City.

Alan Wake 2

Sekuel survival horror besutan Remedy Entertainment ini dijadwalkan hadir pada 27 Oktober 2023. Trailer terbaru Alan Wake 2 berfokus pada "The Dark Place", semacam dunia mimpi penuh misteri yang muncul dari benak sang protagonis.

Diablo 4 - Season of Blood

Mengadopsi model live service, Diablo 4 menjanjikan update konten baru setiap tiga bulan dalam bentuk Season. Season pertamanya sudah dirilis sejak Juli kemarin, dan sekarang Blizzard pun sudah mulai bersiap untuk meluncurkan Season keduanya.

Berjudul "Season of Blood", update ini akan menghadirkan jalan cerita baru dan fitur gameplay anyar. Blizzard turut menjanjikan 5 endgame boss baru beserta sejumlah update quality-of-life (QoL), salah satunya terkait manajemen inventory.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak soal Diablo 4, Anda bisa baca ulasan lengkap Hybrid.co.id.

Assassin's Creed Mirage

Di saat banyak game mengalami penundaan perilisan, Assassin's Creed Mirage malah dimajukan tanggal rilisnya ke 5 Oktober 2023. Selagi kita menunggu, Ubisoft menyuguhkan trailer baru yang berfokus pada setting game-nya, yakni kota Baghdad di abad ke-9.

Di trailer ini, kita juga bisa mendengarkan voiceover yang sepenuhnya dibawakan dalam bahasa Arab. Kombinasi ini sepertinya bakal bisa menyajikan pengalaman bermain yang immersive.

Black Myth: Wukong

Sejak pertama kali diumumkan di tahun 2020, Black Myth: Wukong terus menjadi salah satu game yang paling dinanti, khususnya bagi para penggemar genre Soulsborne.

Sayangnya, mereka masih harus menunggu sampai tahun 2024. Namun setidaknya developernya punya satu trailer baru yang menampilkan aksi Wukong melawan berbagai macam musuh boss yang ada.

Call of Duty: Modern Warfare 3

Menjelang peluncuran Call of Duty: Modern Warfare 3 pada 10 November 2023, Activision merilis trailer baru yang menyoroti mode campaign dalam game tersebut.

Trailer berdurasi 9 menit itu menyuguhkan cukup banyak porsi gameplay dari area pertama yang akan dihadapi pemain.

Crimson Desert

Lama tak bersua sejak trailer gameplay-nya disingkap di Game Awards 2020, Crimson Desert akhirnya kembali unjuk gigi dengan trailer yang penuh aksi.

Ada banyak sekali yang dipamerkan di trailer barunya ini, mulai dari pertarungan di atas kuda, sampai interaksi dengan berbagai binatang dan kegiatan memancing.

Sayang sekali game ini masih belum punya jadwal rilis pasti.

Mortal Kombat 1

2023 adalah tahun yang tepat untuk memulai hobi main fighting game. Selain game Street Fighter baru, akan ada game Mortal Kombat baru pula, yakni Mortal Kombat 1 yang akan dirilis 19 September mendatang.

Trailer barunya kali ini menampilkan aksi Sindel dan General Shao, yang keduanya juga akan menjadi playable character di Mortal Kombat 1. Selain itu, kita juga bisa melihat penambahan Motaro dan Shujinko ke roster Kameo Fighter.

Tanggal rilis Tekken 8

Menyusul Street Fighter 6 dan Mortal Kombat 1 adalah Tekken 8, yang kini sudah memiliki jadwal rilis pasti: 26 Januari 2024.

Lewat trailer barunya, Bandai Namco juga mengungkap mode single-player baru untuk Tekken 8 yang bernama Arcade Quest, lengkap dengan fitur kustomisasi penampilan karakter-karakternya.

Tanggal rilis Sonic Superstars

Melihat kesuksesan Sonic Frontiers, mungkin tidak banyak yang mengira kalau Sega masih tertarik mengembangkan game Sonic 2D. Namun pengumuman Sonic Superstars di bulan Juni kemarin membuktikan bahwa dugaan kita salah besar.

Lebih menggembirakan lagi, Sonic Superstars sudah punya jadwal rilis pasti, yakni 17 Oktober 2023. Game ini bukanlah sebuah remaster ataupun remake, melainkan game Sonic modern murni dengan fitur co-op multiplayer hingga 4 orang.

The Crew Motorfest

Game balapan terbaru Ubisoft ini siap meluncur pada 14 September mendatang, dan untuk menyambut perilisannya, Ubisoft pun menyiapkan trailer anyar yang memamerkan sejumlah porsi gameplay-nya.

Entah kebetulan atau tidak, namun game ini tampak mirip seperti Forza Horizon 5. Bagi yang tertarik mencoba, Ubisoft akan menawarkan uji coba gratis selama 5 jam pada tanggal 14-17 September 2023.

Little Nightmares 3

Meski tidak lagi dikerjakan oleh developer aslinya, seri game Little Nightmares masih terus hidup di tangan Bandai Namco. Game ketiganya ini digarap oleh Supermassive Games, yang sebelumnya bertanggung jawab atas pengerjaan versi next-gen dari Little Nightmares 2.

Berbeda dari dua game pertamanya, Little Nightmares 3 memiliki dua protagonis dan mendukung fitur online co-op. Meski begitu, mode single-player tetap tersedia, dengan karakter kedua yang dijalankan oleh AI.

Granblue Fantasy: Relink

Diumumkan pertama kali pada tahun 2016, JRPG Granblue Fantasy: Relink akhirnya punya tanggal rilis pasti, yakni 1 Februari 2024. Memang mundur jauh dari jadwal aslinya, tapi bisa dimaklumi mengingat pengembangannya sempat terhambat akibat mundurnya studio PlatinumGames dari proyek ini.

Expeditions: A Mudrunner Game

Saber Interactive punya game baru untuk memanjakan para penggemar Mudrunner dan Snowrunner. Berbeda dari kedua game tersebut, Expeditions: A Mudrunner Game lebih menonjolkan aspek eksplorasi ketimbang angkut-mengangkut.

Selagi melintasi medan off-road, pemain juga bisa menerbangkan drone untuk mendapat gambaran yang lebih jelas dari areanya, maupun memasangkan metal detector untuk mencari harta karun.

Dustborn

Dustborn dideskripsikan sebagai game action-adventure yang memberi penekanan pada narasi. Dijadwalkan rilis pada awal 2024, game ini dipublikasikan oleh Quantic Dream, studio di balik game petualangan populer Detroit: Become Human.

Thank Goodness You're Here!

Thank Goodness You're Here! adalah sebuah "comedy slapformer", demikian cara pengembangnya menjelaskan game ini. Tidak bisa dimungkiri, gaya visual kartunnya merupakan salah satu poin perhatian utama dari game ini.

Game ini akan dirilis tahun depan di PC, PS5, dan Nintendo Switch.

Zenless Zone Zero

Meski disibukkan oleh Genshin Impact dan Honkai: Star Rail, HoYoverse masih menyempatkan waktu untuk mengerjakan proyek lain. Salah satunya adalah Zenless Zone Zero, dan untuk ikut meramaikan gelaran Gamescom 2023, HoYoverse pun menyiapkan sebuah trailer baru.

Bagaimana dengan jadwal perilisannya? Sayang sekali HoYoverse masih enggan bicara banyak.

Marvel Snap hadir di Steam

Sangat populer di kalangan pengguna Android dan iOS, Marvel Snap kini tersedia di PC melalui Steam. Sebelumnya, collectible card game (CCG) ini memang sudah bisa dimainkan di PC, akan tetapi statusnya selama ini baru early access, dan tampilan antarmukanya pun cenderung kurang optimal.

Killing Floor 3

Tujuh tahun setelah perilisan Killing Floor 2, studio Tripwire Interactive akhirnya mengumumkan instalasi ketiga dari game co-op FPS bertema survival horror-nya.

Killing Floor 3 sejauh ini belum punya jadwal rilis. Platform yang dituju mencakup PC, PS5, dan Xbox Series X/S.

Ara: History Untold

Ara: History Untold adalah game strategi dengan mekanisme turn-based besutan Oxide Games. Buat yang kurang familier, Oxide Games adalah studio di balik RTS epik Ashes of the Singularity.

Beberapa personel Oxide Games juga merupakan eks-karyawan Firaxis Games, studio pencipta seri game Civilization. Dengan kata lain, kita tidak perlu kaget seandainya ada banyak kemiripan antara Ara dan Civilization.

Game ini dijadwalkan hadir di tahun 2024.

Tanggal rilis Nightingale

Game survival dengan setting era Victoria yang unik, Nightingale, akhirnya menunjuk 22 Februari 2024 sebagai tanggal resmi peluncurannya. Namun perlu dicatat, yang dirilis bukanlah versi penuhnya, melainkan baru early access.

Warhammer Age of Sigmar: Realms of Ruin

Warhammer Age of Sigmar: Realms of Ruin adalah RTS baru di Warhammer Universe yang dikembangkan oleh Frontier Developments. Kalau nama itu tidak asing di telinga Anda, mungkin karena Anda pernah memainkan game tycoon Planet Coaster atau Planet Zoo.

Trailer barunya tidak hanya menampilkan gameplay, tetapi juga tanggal rilis pasti: 17 November 2023.

Delta Force: Hawk Ops

Lama tidak ada kabarnya, seri game FPS militer klasik Delta Force bakal kembali menyapa para penggemarnya di bawah arahan Tencent. Berjudul Delta Force: Hawk Ops, ini merupakan game free-to-play dengan dukungan cross-platform.

Pengerjaannya ditangani oleh TiMi Studio, yang sebelumnya sudah berpengalaman mengembangkan Call of Duty: Mobile.