9 December 2022

by Galih

15 Game yang Wajib Ditunggu di Tahun 2023 Mendatang

Segera tentukan game apa yang akan dimainkan tahun depan

Tahun 2022 ini menjadi tahun yang sangat menarik bagi para gamer, dengan banyak game baru yang menjadi kejutan, namun tidak sedikit juga game yang harus mundur perilisannya ke 2023.

Ada banyak alasan mengapa developer terpaksa harus menunda perilisan game-game mereka tersebut. Namun yang pasti semua developer tersebut tentu ingin memastikan game yang mereka rilis mampu memenuhi ekspektasi dari para gamer.

2023 sendiri telah memiliki daftar perilisan game yang cukup padat, terutama di enam bulan pertamanya, ditambah dengan beberapa game yang masih belum mengumumkan tanggal rilis pastinya. Berikut adalah daftar 15 game yang wajib ditunggu di tahun 2023 mendatang.

Forspoken - 24 Januari 2023

Platform: PlayStation 5, PC Windows

Daftar ini dimulai dengan kuat dengan IP baru dari Luminous Productions dan Square Enix yang menarik banyak perhatian ketika diumumkan. Pasalnya, judul ini merupakan salah satu judul baru orisinal yang memiliki identitas uniknya tersendiri.

Forspoken akan menempatkan pemain sebagai Frey, seseorang yang berasal dari dunia modern yang berpindah tempat ke dalam dunia fantasi penuh sihir. Layaknya plot anime, Frey nantinya akan mencoba mendapatkan kekuatannya sambil menguak apa yang terjadi padanya.

Dead Space remake - 27 Januari 2023

Source: Nerd Much

Platform: PlayStation 5, Xbox Series X|S, PC Windows

Hanya berselang beberapa hari dari Forspoken, para gamer akan kembali bernostalgia dengan kengerian luar angkasa bersama Dead Space remake. Game ini dibangun dari awal namun dengan mempertahankan semua aspek yang ada di game orisinalnya.

Namun tentunya, remake ini menawarkan kedalaman visual yang jauh lebih superior dibandingkan versi aslinya. Ditambah dengan dihilangkannya loading screen dan juga berbagai improvisasi lain, kisah petualangan Isaac Newton ini layak untuk dimainkan kembali.

Dead Island 2 - 3 Februari 2023

Platform: PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, PC Windows

Dead Island 2 menjadi game zombie yang benar-benar bangkit dari kubur ketika diumumkan kembali pada tahun 2022 lalu. Developer dan publisherDeep Silver bahkan mengumumkan perkiraan tanggal rilisnya yaitu di awal Februari.

Game ini akan menempatkan pemain menjadi satu dari enam karakter yang harus bertahan hidup dari zombie apocalypse yang terjadi di Los Angeles, Amerika Serikat. Seperti seri pertamanya, Dead Island 2 menggabungkan elemen RPG dengan berbagai aksi melawan para zombie.

Hogwarts Legacy - 10 Februari 2023

Image Credit: Warner Bros

Platform: PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, PC Windows, Nintendo Switch

Game mengenai semesta Harry Potter memang sudah cukup lama absen, maka dari itu hype terhadap Hogwarts Legacy ini sangat tinggi. Apalagi pemain akan mendapatkan impian mereka sejak lama, yaitu merasakan hidup dan bersekolah sepenuhnya di Hogwarts.

Hogwarts Legacy memang tidak akan memungkinkan pemain menemui karakter-karakter dari film-filmnya. Namun berbagai hal magis dari Hogwarts serta aktivitas yang hanya bisa ditemukan di film nantinya akan dapat dilakukan oleh para pemain melalui game ini.

Skull and Bones - 9 Maret 2023

Platform: PlayStation 5, Xbox Series X|S, PC Windows

Skull and Bones menjadi satu dari beberapa game baru yang perilisannya diundur ke 2023. Namun kelihatannya hal itu menjadi hal yang positif baik untuk developernya, Ubisoft, maupun para gamer itu sendiri.

Tanggal perilisan baru ini memungkinkan game open-world bertema bajak laut ini untuk tampil minim rival, sekaligus memberi waktu Ubisoft untuk memoles game-nya lebih sempurna lagi.

Resident Evil 4 Remake - 24 Maret 2023

Platform: PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, PC Windows

Ada banyak kekhawatiran dari para gamer ketika Capcom mengumumkan proyek remake ini, mengingat Resident Evil 4 merupakan game yang paling dicintai oleh banyak gamer dari seluruh serinya.

Namun dari beragam trailer yang ditampilkan, Capcom dapat meyakinkan para gamer bahwa proyek remake ini memang layak ditunggu.

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom - 12 Mei 2023

Image Credit: Nintendo

Platform: Nintendo Switch

Kesuksesan Breath of the Wild hingga memenangkan Game of the Year membuat Nintendo punya tugas besar dalam menggarap sekuel game-nya.

Dengan judul baru, Tears of the Kingdom, Nintendo ternyata mampu menampilkan banyak hal baru dan fresh yang akan hadir dalam petualangan lanjutan Link tersebut.

Suicide Squad: Kill the Justice League - TBA 2023

Platform: PlayStation 5, Xbox Series X|S, PC Windows

Keberhasilan developer Rocksteady menghadirkan trilogi Batman Arkham memang tidak perlu diragukan. Maka dari itu ekspektasi para gamer terhadap game baru Suicide Squad ini sangat tinggi.

Apalagi, selain kini berperan sebagai para penjahat di semesta DC Comics, pemain akan menghadapi langsung para anggota Justice League yang tentunya belum pernah dilakukan sebelumnya.

Forza Motorsport - TBA 2023

Image Credit: Microsoft

Platform: Xbox Series X|S, PC Windows

Seri utama game balap eksklusif Xbox ini memang digadang-gadang akan bersaing langsung dengan Gran Turismo 7. Tapi nyatanya, Microsoft memutuskan untuk mengundur perilisan game balap sim-cade ini.

Meskipun begitu, reboot dari serinya ini menjanjikan pengalaman next-gen penuh lewat penggunaan engine baru yang memang memberikan peningkatan signifikan untuk sisi visual dan juga physics mobilnya.

Final Fantasy 16 - TBA 2023

Platform: PlayStation 5

Setiap instalasi baru dari Final Fantasy tentu selalu dinanti oleh para fansnya, dan Final Fantasy 16 tidak mengubah hal tersebut. Disebut siap meluncur pada 2023 mendatang, Final Fantasy 16 bakal mengajak pemain menjalani petualangan baru.

Game ini mengusung latar di dunia baru bernama Valisthe, dengan gaya khas Eropa zaman pertengahan yang tengah di ambang perpecahan karena adanya serangan wabah bernama Blight, dan juga mahluk mengerikan bernama Eikon yang mengancam dunia Valisthe.

Assassin's Creed Mirage - TBA 2023

Platform: PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, PC Windows,

Setelah diklaim sukses lewat tiga game Assassin's Creed yang lebih "RPG", Ubisoft memberi kejutan pada para gamer bahwa mereka akan mengembalikan serinya ke akarnya. Dan hal tersebut direalisasikan lewat game baru berjudul Assassin's Creed Mirage, yang rencananya akan dirilis di tahun 2023.

Ubisoft memang belum menampilkan banyak mengenai game ini. Namun dari perkenalannya, latar kota Baghdad yang klasik dengan karakter Bassim yang unik kelihatannya akan menjadi kombinasi yang bagus

Silent Hill 2 Remake - TBA 2023

Platform: PlayStation 5, PC Windows,

Pasca hengkangnya Hideo Kojima dari Konami pada 2014 silam, judul Silent Hill memang seakan hilang dari radar perilisan Konami. Namun untungnya penantian panjang tersebut terbayar saat Konami mengumumkan kembalinya seri ini.

Silent Hill 2 Remake menjadi salah satu judul yang kemungkinan besar akan tiba pada tahun depan. Masih mengusung cerita memilukan dan dramatis dari game aslinya, remake ini memberikan pemain pengalaman baru lewat visual Unreal Engine 5.

Diablo 4 - TBA 2023

image credit: Blizzard

Platform: PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, PC Windows

Bagi para pencinta genre action RPG, menunggu perilisan Diablo 4 merupakan penantian yang tidak kalah panjang. Activision Blizzard sendiri memang memiliki target yang cukup ambisius terhadap game ini.

Dengan grafis yang tentunya lebih unggul, Diablo 4 juga akan membawa beberapa kelas karakter baru, karakter antagonis baru, dan tentunya monster-monster baru yang siap dikalahkan oleh para pemain.

Street Fighter 6 - TBA 2023

Platform: PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, PC Windows

Capcom memberikan kejutan besar bagi para fans game fighting lewat seri terbaru untuk Street Fighter. Dengan hadirnya mode campaign serta beberapa mode baru lain, Street Fighter 6 ini tampil fresh.

Apalagi Capcom juga memberikan pembaruan terhadap visual dari game-nya yang kini menjadi lebih modern dan ekskpresif ketimbang sebelumnya. Ini kelihatannya akan membuat game ini menjadi standar baru untuk game fighting ke depannya.

Starfield - TBA 2023

Image Credit: Bethesda

Platform: Xbox Series X|S, PC Windows

Salah satu game terbesar yang diharapkan hadir pada tahun depan tentu adalah Starfield. Game penjelajahan luar angkasa milik Bethesda ini memang telah diantisipasi cukup lama oleh para gamer di seluruh dunia.

Starfield menjanjikan 1.000 planet untuk dijelajahi yang tentu membuat open-world RPG ini menjadi salah satu game baru yang paling dinanti yang akan dirilis di tahun 2023. Kini tinggal berharap Bethesda mampu meluncurkan Starfield dengan mulus nantinya.