14 June 2022

by Galih

Starfield Pamerkan Gameplay, Janjikan 1.000 Planet yang Bisa Dijelajahi

Pemain bisa membuat pesawat hingga markas

Setelah sekian tahun menanti, akhirnya Bethesda merilis penampakan perdana dari Starfield. Game eksplorasi luar angkasa milik Bethesda ini memang telah ditunggu oleh banyak gamer sejak diumumkan pada 2018 silam.

Melalui event showcase digital Microsoft’s Xbox & Bethesda yang baru saja diadakan, Bethesda akhirnya menjawab semua rasa penasaran gamer melalui trailer gameplay Starfield berdurasi 15 menit.

Dalam presentasinya tersebut, bos Bethesda Todd Howard akhirnya memberikan berbagai detail sekaligus penampakan perdana dari apa saja yang akan ditawarkan oleh "Skyrim di luar angkasa" ini.

Beberapa hal penting yang disampaikan dalam game ini adalah Starfield akan mengambil latar di tahun 2330. Pemain akan berperan sebagai salah satu anggota dari sebuah organisasi bernama Constellation. Organisasi ini mengklaim bahwa mereka adalah kelompok terakhir dari penjelajah angkasa.

Constellation memiliki misi pencarian besar untuk memulihkan artefak asal-usul alien yang telah hilang. Namun misi tersebut juga tidak akan mudah karena adanya para "Pirates" alias bajak laut angkasa yang akan mengganggu misi besar tersebut.

Seperti game-game miliki Bethesda lainnya, pemain nantinya akan dihadapkan dengan kostumisasi karakter mulai dari tampilan hingga latar belakangnya. Sama seperti RPG pada umumnya, pemilihan beberapa aspek di awal ini akan mempengaruhi status dari karakter nantinya.

Berlanjut ke dalam gameplay-nya, sebagai salah satu game paling ambisius yang dikerjakan oleh Bethesdagame ini juga akan memiliki dunia masif untuk dijelajahi. Dalam presentasinya Bethesda menyebutkan ada lebih 1.000 planet di 100 tata surya mereka yang dapat dijelajai pemain.

Untuk menjelajahi dunia yang sangat luas tersebut Bethesda juga akan membebaskan pemain untuk membangun pesawat luar angkasanya sendiri. Bahkan pemain bisa mengatur sendiri layout dari pesawat sekaligus memilih anggota kru yang akan menemani dalam perjalanan luar angkasa tersebut.

Image Credit: Bethesda

Tidak berhenti sampai di situ, Bethesda nantinya juga membebaskan pemain untuk membangun markas di planet manapun yang pemain datangi. Layaknya sistem yang sebenarnya sudah ada di No Man's Sky, markas ini nantinya dapat dikembangkan sesuai kebutuhan dan keinginan pemain.

Pemain bisa mengembangkan fasilitas untuk mengembangkan pesawat yang dimiliki, meningkatkan perlangkapan dan senjata, dan bahkan membangun berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Untuk perilisannya sendiri Bethesda memang telah lebih dahulu mengumumkan bahwa mereka mengundur perilisan Starfield hingga tengah tahun pertama 2023. Keputusan tersebut diambil untuk menyempurnakan dan memoles game-nya sehingga siap untuk dirilis nantinya.