15 June 2022

by Galih

Reboot Forza Motorsport Akhirnya Pamerkan Gameplay dan Peningkatan Grafis

Microsoft menjanjikan peningkatan signifikan pada visual dan physics

Setelah tanpa kepastian cukup lama, Microsoft akhirnya membawa kembali Forza Motorsport ke permukaan pada event Xbox & Bethesda Games Showcase yang baru saja diadakan.

Game yang menjadi penerus dari Forza Motorsport 7 ini memang tidak melanjutkan seri angkanya. Microsoft memilih hanya akan menggunakan judul utamanya yaitu "Forza Motorsport" untuk game terbarunya ini.

Rival dari seri Gran Turismo ini memang sangat dinanti para fans karena game ini menjadi peralihan dari seri-seri sebelumnya menuju ke era next-gen. Apalagi fans telah menunggu selama 5 tahun sejak instalasi game sebelumnya dirilis.

Tidak ingin mengecewakan antisipasi tinggi tersebut, Studio Turn 10 dan Xbox pun merilis gameplay demo dari Forza Motorsport yang menunjukkan pengalaman next-gen yang akan dibawa seri terbarunya ini nantinya.

Dalam demo berdurasi 5 menit tersebut, Turn 10 memamerkan berbagai peningkatan teknologi mulai dari grafis hingga physic yang akan diaplikasikan pada mobil-mobil yang akan dimainkan nantinya.

Improvisasi yang menjadi sorotan utama adalah perubahan tampilan dari sirkuit-sirkuit yang akan ada dalam Forza Motorsport. Sirkuit legendaris ikonik Forza, yaitu Maple Valley menjadi contoh dari perubahan besar dalam game ini.

Image Credit: Microsoft

Berbagai aspek visual dalam sirkuit ini mendapatkan peningkatan mulai dari yang paling dasar seperti tekstur jalanan, bebatuan, pepohonan, dan juga rerumputan. Hingga ke detail-detail baru seperti hadirnya sungai dan juga taman bermain yang akan mengubah pengalaman visual yang ditawarkan.

Game ini juga disebut akan mendorong kemampuan dari konsol Xbox Series X dan Series S lewat implementasi teknologi ray tracing. Membuat permukaan bodi hingga detail mesin pada mobil kini lebih reflektif terhadap detail-detail yang ada di sekitarnya.

Physic mengemudi dan mobil juga menjadi fokus dari Turn 10 dengan klaim bahwa mereka telah melakukan 48 kali improvisasi terhadap keakuratan simulasi physics mereka. Dengan janji bahwa Forza Motorsport akan menyajikan pengalaman balap yang lebih imersif.

Image Credit: Microsoft

Turn 10 juga menjanjikan bahwa semua lintasan balap yang tersedia dalam game-nya akan memiliki pilihan waktu dinamis yang baru. Sistem fundamental baru ini memungkinkan pemain untuk balapan pada semua trek di waktu apapun dan dengan cuaca apapun sesuai keinginan pemain.

Lebih jauh pengaturan waktu dan cuaca ini tidak hanya mempengaruhi visual saat balapan, namun juga mempengaruhi temperatur lintasan dan juga sekeliling yang juga akan berdampak pada bagaimana mobil bereaksi.

Microsoft pun akhirnya memastikan bahwa soft-reboot dari serinya ini akan tiba pada musim semi 2023 mendatang untuk Xbox Series dan PC. Kabar baiknya, game ini juga akan tersedia di layanan Xbox Game Pass dan PC Game Pass sejak hari pertama rilis. Bagi anda yang sudah berlagganan, berikut rekomendasi game yang wajib dimainkan di PC Game Pass.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)