21 October 2022

by Daniel Hamiaz

Konami Resmi Umumkan Silent Hill 2 Remake untuk PS5 dan PC

Selain Silent Hill 2 Remake, Konami juga mengumumkan sejumlah proyek Silent Hill lain yang sedang dikerjakan

Konami baru saja mengumumkan rencananya untuk membangkitkan kembali salah satu game horor legendaris mereka, yaitu Silent Hill 2 melalui versi remake. Remake game klasik PlayStation 2 ini akan menjadi obat rindu bagi para penggemar yang telah lama menunggu sebuah game baru dari franchise Silent Hill.

Dalam mengerjakan Silent Hill 2 Remake, Konami mengajak Bloober Team (The Medium, Layers of Fears, Blair Witch) untuk mengimajinasikan ulang suasana mencekam khas Silent Hill.

Berkat Unreal Engine 5, atmosfer berkabut Silent Hill akan terasa semakin mencekam di versi remake-nya, diikuti dengan karakter dan musuh ikonik yang lebih dipoles lagi. Presentasi game secara keseluruhan juga bakal berubah secara cukup signifikan berkat penggunaan perspektif over-the-shoulder.

Selain menata ulang grafis, gameplay, audio, dan mekanik, Bloober juga akan menyiapkan kejutan dengan DualSense controller dengan memanfaatkan haptic feedback dan adaptive trigger, walau tidak terlalu dijelaskan bagaimana mereka akan mengimplementasikannya.

Sayangnya, belum ada tanggal rilis resmi yang diberikan. Yang pasti, game ini akan dirilis terlebih dahulu untuk PlayStation 5 dan PC via Steam.

Selain Silent Hill 2 Remake, ada sejumlah project bertema Silent Hill lain yang mereka umumkan, yaitu:

Silent Hill: Townfall

SILENT HILL: Townfall merupakan sebuah proyek yang melibatkan Annapurna Interactive (Stray, Outer Wilds, Neon White) dan No Code Studios (Stories Untold, Observation). Untuk project seperti apa yang akan dikerjakan, Konami masih merahasiakan detailnya.

Silent Hill F

SILENT HILL f akan menyajikan sebuah kisah yang baru dan segar, yang berlatar di Jepang pada tahun 1960-an. Untuk menggarapnya, Konami mengajak penulis Ryuunishi 07 yang sudah terkenal dengan karyanya yang mengusung tema pembunuhan misterius dan horor supranatural.

Silent Hill: Ascension

SILENT HILL: Ascension akan menjadi sebuah pengalaman horor baru bagi yang mengikutinya. Tidak seperti video game pada umumnya, SILENT HILL: Ascension akan menawarkan narasi menakutkan dari berbagai platform sekaligus.

Return to Silent Hill

Dan yang terakhir adalah proyek film dengan judul "Return to SILENT HILL". Christophe Gans akan memimpin proyek ini. Sebelumnya, Gans merupakan sutradara dan produser dari film Beauty and the Beast (2014) dan SILENT HILL (2006).