10 September 2022

by Wiku Baskoro

Teman Commuter Pilihan, OPPO Enco Buds2 dan OPPO Band2

Kombinasi dua perangkat ini dengan perangkat smartphone Reno8 memberikan pengalaman penggunaan sehari-hari yang handal

OPPO Enco Buds2 adalah perangkat TWS terbaru yang merupakan usaha OPPO untuk membangun ekosistem IoT yang tidak sekedar menjadi aksesoris pelengkap tetapi menjadi sebuah ekosistem yang bisa berdiri sendiri.

Untuk memberikan pengalaman yang menyeluruh ini, OPPO mengajak saya dan beberapa rekan media untuk menggunakan langsung perangkat Enco Buds2 dalam skenario penggunaan sehari-hari alias commuter.

Sebagai pelengkap juga disertakan perangkat OPPO Band2 yang memang belum diluncurkan tetapi sudah bisa dicoba untuk memberikan pengalaman awal secara singkat tentang perangkat ini.

Pengalaman hands-on Enco Buds2 dan OPPO Band2

Skenario commuter yang dijalankan adalah dengan menggunakan MRT, bergerak dari satu titik titik lain, mendengarkan suara lewat TWS serta mengecek notifikasi lewat OPPO Band2.

Fitur-fitur yang diuji antara lain adalah pengalaman penggunaan secara keseluruhan baik dari sisi desain, berat perangkat dan kemudahan koneksi. Lalu tentu saja kualitas suara serta yang terakhir adalah fitur-fitur tambahan seperti perintah gestur ketuk.

OPPO Enco Buds2 ini dari sisi spesifikasi memiliki berat hanya 4 gram, hadir dengan bentuk in ear, desain earphone memiliki 'tiang' yang akan memanjang ke bagian bawah telingat. Lalu casing berbentuk bulat berbahan plastik yang juga ringan.

Pengalaman desain Enco Buds2 cukup baik, setidaknya di kelasnya. Bobot yang ringan menjadikannya nyaman untuk dipakai sepanjang perjalanan.

Untuk koneksi sendiri, menghubungkan dua perangkat ini, baik Enco Buds2 atau OPPO Band2 cukup mudah. Apalagi dengan perangkat terbaru OPPO seperti seri Reno8.

Fitur Open-up Flash Connect memudahkan koneksi antara smartphone dengan Enco Buds2. Buka tutup casing Enco Buds2, maka sudah bisa terhubung dengan smartphone seri Reno8 lewat jendela pop up yang muncul di layar.

Salah satu kelebihan yang juga jadi fitur unggulan adalah desain eartips pada Enco Buds2. Eartips TWS ini menghadirkan fitur passive noise reduction yang cukup memberikan kedap ketika digunakan sesuai dengan ukuran telinga. OPPO juga menghadirkan eberapa pilihan ukuran untuk disesuaikan bagi pengguna.

Desain eartips ini disebutkan OPPO dibuat berdasarkan 700 lebih data cetakan telingat dari OPPO Labs.

Beralih ke kualitas suara. Mendengarkan suara yang dikirimkan lewat pesan aplikasi (atau voice note), sesekali juga mencoba mendengarkan musik selama berpindah dari satu titik ke titik lain dengan MRT, memberikan pengalaman suara yang cukup baik.

Suara dari pesan bisa terdengar secara jelas dan mendengarkan musik sesekali pun cukup seru. Karakter suara yang dibawa Enco Buds2 ini menononjolkan bass yang cukup kuat. Sound stage memang tidak terlalu luas (cukup bisa dimaklumi karena segmen TWS ini memang early to mid user), sedangkan vokal untuk clarity-nya cukup baik.

Dengan karakter ini, Enco Buds2 bisa dibilang cocok untuk kegitan sehari-hari termasuk commuter. Jika Anda bukan penyuka bass yang terlalu punchy, tidak masalah. OPPO menyediakan 3 pilihan skenario suara sesuai dengan preferensi, ada bass boost,clear vocal dan digital sound. Pengaturan ini bisa dinikmati lewat fitur Enco Live.

Untuk mode gesture, ada beberapa skenario yang bisa dinikmati pengguna, seperti ketuk 2 kali dan tiga kali untuk menggeser lagu, sentuh dan tahan lama untuk mengecilkan (di bagian earphone kiri) atau membesarkan volume (earphone kanan), lalu ada ketuk 2 kali untuk menjawab atau menolak panggilan telepon. Dan yang paling menarik adalah ketuk 2 kali untuk mengambil foto.

Beberapa skenario ini bisa diatur dan dipilih sesuai dengan preferensi Anda dalam menggukana perangkat IoT dari OPPO.

Untuk spesifikasi teknis lain, TWS ini memiliki 10 mm dynamic driver, IPX4, bluetooth versi 5.2 juga punya fitur AI deep noice cancellation untuk penggunalan TWS dalam skenario panggilan telepon.

OPPO Band2 Rilis Dalam Waktu Dekat

Sebagai pelengkap pengalaman penggunaan untuk kegiatan sehari-hari termasuk commuter, ada OPPO Band2, jam tangan pintar terbaru dari OPPO yang belum dirilis secara resmi.

OPPO Band2 hadir dengan desain yang cukup menarik. Layar cukup luas dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Desain layarnya memang cukup berbeda dengan OPPO Band versi awal.

Finishing detail bagian tepi layar cukup baik. Dan salah satu keunggulan dari sisi desain adalah dari strapnya. Cukup trendi dan hadir dalam dua pilihan warna.

Layarnya sendiri cukup baik, clear untuk melihat konten. Notifikasi yang masuk juga tidak terasa delay jadi bisa mendukung kegiatan sehari-hari.

Untuk ketersediaan sendiri, OPPO Band2 akan dirilis dalam waktu dekat. Sedangkan untuk OPPO Enco Buds2, sudah bisa dibeli di toko resmi OPPO seharga 399.000 rupiah.