SOC Mediatek untuk Smartphone, IoT, dan Chromebook Dipamerkan di Indonesia

Mediatek akhirnya menggelar kembali acara di Jakarta dengan memperkenalkan beberapa chipset untuk perangkat smartphone, chromebook dan IOT

Setelah vakum selama beberapa tahun, Mediatek akhirnya menggelar acara kembali di Indonesia. Dengan bertajuk Mediatek Indonesia Media Gathering 2023, perusahaan asal Tiongkok ini ingin memperkenalkan beberapa chipset baru kepada masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk smartphone, Mediatek juga memperlihatkan chipset yang digunakan untuk Chromebook dan juga IoT.

Finbarr Moynihan selaku Vice President Corporate Marketing Mediatek mengatakan bahwa selama 8 kuartal semenjak tahun 2021, Mediatek merupakan pemimpin pangsa pasar SoC mobile. Hal tersebut membukukan pendapatan sekitar $18,5 miliar pada tahun 2022. Sedangkan mereka juga sudah mendapatkan sekitar $3,3 miliar pada kuartal pertama tahun 2023.

Pada pasar smartphone, Mediatek juga ingin memimpin kecepatan dengan mengeluarkan SoC terbarunya, Dimensity 9200+. Chipset yang satu ini memiliki clock speed sekitar 10% lebih kencang dibandingkan dengan Dimensity 9000. Hal ini meningkatkan kinerjanya sekitar 10%, seperti yang mereka lakukan dengan menggunakan aplikasi GeekBench. Pada sisi GPU, kinerjanya juga meningkat mencapai 10%.

Di Indonesia, Chromebook sepertinya sudah dikenal digunakan untuk pendidikan di beberapa sekolah. Oleh karena itu, Mediatek juga memperkenalkan SoC khusus untuk Chromebook dengan nama Mediatek Kompanio. Pada tahun 2023, Mediatek Kompanio terbaru adalah Kompanio 520 dan 528 yang masuk dalam kategori kelas entry level. Untuk kelas menengah, Mediatek memiliki Kompanio 820 dan 828, sedangkan pada kelas premium ada Kompanio 1200 dan 1380.

Dibandingkan dengan Kompanio 500 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 yang lalu, ada beberapa peningkatan yang dibukukan oleh Mediatek. Kedua SoC ini diklaim memiliki kinerja single core 80% lebih kencang. Selain itu, proses multicore-nya juga meningkat sekitar 15% lebih baik. Pada sisi grafisnya, kinerjanya mampu meningkat 20%.

Chipset terakhir yang diperkenalkan adalah cip yang digunakan untuk perangkat-perangkat AIoT. Nama dari chipset tersebut adalah Mediatek Genio. Oleh karena digunakan untuk perangkat IoT, Genio menawarkan efisiensi daya yang tinggi dengan kinerja yang mumpuni. Mediatek juga menjanjikan dukungan jangka panjang untuk SoC ini seperti pada update sistem operasi dan keamanannya.

Genio juga dipersiapkan untuk dapat menangkap sinyal WiFi serta koneksi 5G di mana saja. Tentu saja, hal ini juga disertai dengan tingkat keamanan yang bisa dipercaya oleh para penggunanya. Mediatek Genio juga memiliki AI Processing Unit dan Accelerator terpisah agar perangkat yang menggunakan SoC ini dapat menjadi lebih pintar.