10 February 2023

by Dimas Galih W.

Wearable dan IoT Bakal Bisa Gunakan 5G Berkat Modem Snapdragon X35

Qualcomm baru-baru ini mengeluarkan modem baru Snapdragon X35 untuk perangkat berbentuk kecil. Berarti bakal ada MiFi 5G di masa mendatang

Walaupun masih jarang di pasaran, namun perangkat wearable dan AIoT yang ada dipasaran ada yang sudah bisa menggunakan jaringan seluler 4G. Dengan begitu, perangkat tersebut tidak lagi perlu terhubung ke jaringan WiFi untuk bisa terkoneksi ke internet. Dengan munculnya jaringan baru 5G NR, tentu saja membuat koneksinya menjadi lebih cepat. Dan saat ini, Qualcomm sudah memiliki modem baru untuk IoT dan wearables yang bisa terkoneksi 5G.

Qualcomm baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka mengeluarkan sebuah modem yang diberi nama Snapdragon X35 5G NR-Light. Perangkat ini merupakan kelas baru yang akan masuk ke dalam perangkat yang lebih kecil. NR Light juga memiliki kemampuan yang dikurangi dari modem 5G yang aa saat ini. Hal tersebut berarti kecepatan downlink akan mencapai sekitar 220Mbps dan uplink sekitar 100Mbps

Durga Malladi, Senior Vice President and General Manager, Cellular Modems and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc. mengatakan bahwa modem 5G NR-Light pertama di dunia ini memiliki fitur hemat biaya, desain ramping dengan efisiensi daya terdepan, termal yang dioptimalkan, dan pengurangan jejak produksi. Snapdragon X35 siap untuk menghasilkan gelombang baru perangkat intelligent edge yang terhubung dan mendorong spektrum penggunaan yang luas.

Modem NR-Light ini tentu memiliki beberapa fitur yang telah ada pada teknologi 5G seperti mendukung semua spektrum dalam Sub-6GHz, FDD, dan TDD. Nantinya perangkat kecil seperti wearables dan IoT akan dapat menggunakan Snapdragon X35 tanpa harus memiliki badan yang besar. Saya cukup berharap bahwa dengan keluarnya Snapdragon X35, nantinya bakal marak kembali penjualan modem dan MiFi yang berbasiskan 5G.

Uniknya, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon X35 juga mendukung jaringan 4G LTE yang juga memiliki daya paling rendah yang pernah mereka produksi. Mungkin juga, nantinya Snapdragon X35 akan didukung pada perangkat laptop dan PC entry level.Selain Snapdragon X35, Qualcomm juga mengumumkan Sistem Modem-RF Snapdragon X32 5G, solusi modem-ke-antena yang dibuat untuk mengurangi kompleksitas dan menghemat biaya perangkat NR-Light.

Qualcomm juga bakal menyediakan sampel untuk Snapdragon X35 dan X32 untuk para pelanggan bisnisnya pada paruh pertama tahun 2023. Perangkat yang menggunakan modem ini pun dijadwalkan untuk komersil pada tahun 2024 nanti. Qualcomm juga bakal memudahkan para penggunanya dengan memakai interface yang sama dengan modem LTE sebelumnya. Hal ini bertujuan agar implementasi modem X35 menjadi lebih mudah.