31 August 2022

by Wiku Baskoro

TWS Terbaru OPPO Sudah Bisa Dibeli, OPPO Enco Buds2

Hadirkan suara bass yang nendang dengan harga terjangkau

Salah satu perangkat yang cukup menarik untuk disimak selain smartphone seri OPPO Reno8 yang belum lama ini dirilis adalah perangkat TWS dari OPPO paling baru yaitu Enco Buds2.

Perangkat ini tersedia untuk dibeli bersamaan dengan Reno8 5G serta Reno8. Ketiganya sudah tersedia di toko resmi OPPO dan bisa dibeli secara langsung.

Perangkat ini menarik karena beberapa hal, yang pertama ini adalah pembaruan dari TWS versi sebelumnya dengan desain yang lebih baru dan lebih modern. Desainnya seperti menggabungkan antara beberapa desain TWS yang pernah dirilis OPPO.

Rumah atau casingnya kini membulat, desain earphone-nya juga kini lebih mirip Enco X. Meski desainnya lebih modern dan mirip dengan TWS premium, namun OPPO Enco Buds2 masih berada di segmen entry level dengan harga yang sangat terjangkau.

Meski hadir dengan harga yang cukup murah, namun bukan berarti perangkat ini tidak memiliki keunikan dan fitur yang memanjakan telinga. Keunikan kedua yang dimiliki TWS ini antara lain adalah cara pengenalan OPPO ketika perangkat ini dirilis, yaitu dengan mengadakan acara silent disco di OPPO Galery Gandaria City beberapa waktu lalu.

Acara Silent Disco ini mengahdirkan DJ ternama Dipha Barus, yang menurut saya cukup cocok dengan karakter suara yang dibawa oleh Enco Buds2. Suara yang dihasilkan hadir dengan bass yang cukup kentara.

Secara teknis, selain suara bass yang cukup punchy dan menonjol, Enco Buds dua ini punya fitur Enco Live yang memberikan pilihan gaya musik berbeda sesuai keinginan pengguna.

Selain itu TWS ini hadir dengan driver 10mm yang juga menjadi dukungan suara bass kuat dan mendalam. Seperti yang dijelaskan oleh Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia. “True Wireless Stereo (TWS) terbaru OPPO ini mampu memberikan pengguna pengalaman suara berkualitas tinggi layaknya pengalaman menonton pertunjukan musik secara langsung. Terlebih lagi, kehadiran driver besar 10mm di OPPO Enco Buds2 memberikan keluaran suara bass yang lebih kuat dan mendalam sehingga mengoptimalkan setiap dentuman musik disko yang disajikan oleh Dipha Barus”.

Fitur lain yang juga menjadi unggulan TWS antara lain hadirnya Open Up Flash Connect, yang mendukung konektivitas instan untuk bisa terhubung cepat ke perangkat smartphone ketika membuka tutup casing.

Kemudian ada pula fitur AI Deep Noise Cancellation untuk suara yang lebih jelas meski berada di kondisi bising ketika menggunakan TWS untuk melakukan panggilan.

Untuk pengalaman antar muka, ada fitur ketuk dua kali yang memungkinkan pengguna mengontrol kamera smartphone untuk mengambil foto dari jarak jauh.

Enco Buds2 juga memiliki sertifikasi IPX4, bobot yang ringan (4 gram) serta desain yang ergonomis. Untuk koneksi telah mendukung transmisi Bluetooth 5.2.

OPPO Enco Buds2 ini dijual dengan harga Rp399.000 rupiah, tersedia dua warna yaitu Moonlight dan Mindnight. Sudah tersedia di toko resmi OPPO, dan sebagai bonus, jika Anda membeli bundling dengan perangkat OPPO Reno8 5G atau Reno8 maka Anda bisa mendapatkan bonus potongan 100rb rupiah secara langsung.