19 September 2022

by Galih

10 Game Assassin's Creed Paling Populer Sepanjang Masa

Petualangan para Assassin ini terus berubah seiring waktu

Bila membicarakan judul orisinil terbesar yang dimiliki oleh Ubisoft, Assassin’s Creed tentunya menjadi salah satu judul yang muncul di peringkat teratas. Dengan penjualan serinya yang mencapai 200 juta kopi, seri Assassin’s Creed juga mampu bertahan hingga 15 tahun.

Lalu dari puluhan game Assassin’s Creed yang pernah dirilis oleh Ubisoft di berbagai platform, menyebut mana seri terbaik mungkin sedikit sulit karena setiap gamer tentunya memiliki pilihan favoritnya masing-masing.

Namun menyebutkan mana seri Assassin’s Creed yang paling populer mungkin lebih mudah divalidasi melalui jumlah penjualan game-nya hingga sekarang.

Berikut adalah game Assasin's Creed populer, kami mendata ada 10 game Assassin’s Creed paling populer sepanjang sejarah.

10. Assassin's Creed Syndicate (2015)

Penjualan: 5,5 Juta Kopi

Di posisi 10 ada game terakhir yang ada di periode pertama dari seri Assassin’s Creed sebelum Ubisoft memutuskan mengubah gameplay klasiknya menjadi RPG. Padahal latar Kota London yang diusung merupakan salah satu yang dinamis.

Salah satu masalah yang membuat Syndicate tidak terlalu diminati adalah jumlah side-mission-nya yang terlalu banyak dan terlalu repetitif. Dan karena para fans juga telah lelah dengan formula klasik yang selalu diusung oleh serinya sejak pertama.

9. Assassin's Creed: Revelations (2011)

Penjualan: 7 Juta Kopi

Bagi para fans Assassin’s Creed yang mengikuti petualangan dari Ezio tentu sangat menanti seri Revelation. Karena game ini akan menjadi pamungkas dari saga petualangan sang Assassin dari Italia tersebut.

Meskipun disukai para fans, namun sistem perilisan tahunan dari Assassin’s Creed mulai menunjukkan kelemahannya. Karena dunia Konstantinopel yang diusung terasa monoton, dan beberapa minigame di dalamnya terasa kurang menyenangkan.

8. Assassin's Creed: Brotherhood (2010)

Penjualan: 7,2 Juta Kopi

Brotherhood memang menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para fans Assassin’s Creed. Karena ini adalah kali pertama fans mengikuti kelanjutan petualangan dari protagonis game sebelumnya yaitu Ezio.

Game ini juga memperkenalkan berbagai fitur baru mulai dari manajemen properti, senjata api, hingga mekanisme dasar berenang. Hal ini membuat Brotherhood menjadi salah satu serinya yang menawarkan banyak hal baru dalam game-nya.

7. Assassin's Creed (2007)

Penjualan: 8 Juta Kopi

Sebagai game perdana untuk serinya, game pertama Assassin's Creed sebenarnya tidak menawarkan fitur sekaya game-game berikutnya dalam serinya.

Namun Ubisoft berhasil memberikan impresi pertama yang baik pada para fans melalui konsep assassin yang masih sangat 'fresh' saat itu. Tidak mengejutkan bila akhirnya game ini terbilang cukup laris.

6. Assassin's Creed II (2009)

Penjualan: 9 Juta Kopi

Dengan konsep yang tertuang baik di game pertamanya, Ubisoft membuat sekuelnya sebagai improvisasi hampir di seluruh sektor game-nya. Mulai dari cerita yang lebih menarik hingga gameplay yang lebih dinamis.

Berbagai perubahan positif tersebut membuat Asssassin's Creed II menjadi seri paling favorit oleh para fans. Sekaligus menjadi sesi perkenalan bagi para pemain terhadap karakter Assassin terfavorit mereka, Ezio.

5. Assassin's Creed Unity (2014)

Penjualan: 10 Juta Kopi

Ada banyak harapan dari fans terhadap game ketujuh dari seri Assassin's Creed ini. Karena Ubisoft menjanjikan gameplay yang kembali ke akarnya dan juga kemampuan penuh dari konsol next-gen kala itu.

Sayangnya, seperti yang kita tahu bahwa perilisan Unity menjadi yang terburuk dalam serinya. Karena game-nya dipenuhi dengan bug, glitch, dan optimalisasi yang buruk. Untungnya, Ubisoft berusaha memperbaikinya setelah perilisan.

4. Assassin's Creed Odyssey (2018)

Penjualan: 10 Juta Kopi

Ubisoft kelihatannya memang ahli dalam membuat sekuel, karena hal yang sama terjadi ketika mereka memutuskan untuk mengubah inti gameplay mereka menjadi RPG dengan Origins.

Dan sama seperti Assassin's Creed II, Ubisoft membuat Odyssey menjadi pengalaman yang lebih matang dan juga mendalam. Tidak mengejutkan bila akhirnya Odyssey mampu terjual cukup baik.

3. Assassin's Creed Origins (2017)

Penjualan: 11 Juta Kopi

Tepat 10 tahun setelah game pertamanya, Assassin's Creed memang sempat masuk ke fase stagnan. Untungnya Ubisoft berani mengambil langkah besar untuk merombak gameplay-nya.

Mengubah fokus stealth yang sudah dilakukan selama 10 tahun menjadi RPG ternyata disukai oleh para fans. Dan bukti bahwa Origin berhasil menduduki posisi ketiga membuktikan kesuksesan transisi besar ini.

2. Assassin's Creed III (2012)

Penjualan: 12 Juta Kopi

Terlepas dari kecintaan para fans terhadap Ezio, momen ketika Assassin's Creed akhirnya beralih ke karakter dan cerita baru menjadi salah satu yang terbesar. Apalagi game ini mengambil latar sejarah dari Amerika Serikat.

Meskipun secara karakter Connor tidak mampu menyaingi Ezio atau bahkan sang kakek Edward Kenway, namun secara keseluruhan Assassin's Creed III merupakan pendorong besar bagi para fans dapat lepas dari saga Ezio.

1. Assassin's Creed IV: Black Flag (2013)

Penjualan: 15 Juta Kopi

Salah satu lompatan besar pertama yang dilakukan oleh Ubisoft terhadap Assassin's Creed adalah membawa game-nya menjadi game bajak laut di seri keempatnya.

Namun secara mengejutkan, Ubisoft mampu mengemas tema assassin dan menggabungkan dengan kehidupan bajak laut dengan sangat lihai. Tidak mengejutkan bila Black Flag menjadi salah satu seri Assassin's Creed paling populer dan dikenang oleh banyak fans.

(BONUS) Assassin's Creed Valhalla (2020)

Penjualan: Sekitar 5-10 Juta Kopi

Game Assassin's Creed yang terakhir dirilis ini memang cukup sulit untuk dimasukkan ke dalam daftar penuh. Hal tersebut dikarenakan Ubisoft tidak membuka berapa jumlah kopi game yang berhasil mereka jual selama 2 tahun ini.

Sebagai gantinya, Ubisoft mengklaim bahwa Valhalla merupakangame tersukses kedua mereka secara keseluruhan, dan berhasil mendatangkan pendapatan hingga lebih dari $1 miliar.


Ke depannya, Ubisoft ternyata telah memiliki rencana besar untuk Assassin's Creed. Seperti yang diketahui, Ubisoft telah mengumumkan roadmap game-game Assassin's Creed selanjutnya yang akan dirilis.

Dimulai dengan Assassin's Creed Mirage tahun depan, seri Assassin's Creed akan meluas ke berbagai platform, gameplay, dan bahkan kolaborasi dengan perusahaan lainnya. Sehingga kelihatannya franchise yang satu ini masih memiliki umur yang panjang.