1 March 2023

by Daniel Hamiaz

Selain Mirage, Ubisoft Sedang Kembangkan 3 Game Assassin's Creed Lain

Ubisoft berencana untuk merilis satu game Assassin's Creed per tahunnya, dimulai dari Mirage di tahun 2023

Menunggu perilisan Assassin's Creed Mirage yang diperkirakan hadir tahun ini, Ubisoft dilaporkan sudah menyiapkan setidaknya 5 game Assassin's Creed lain. Dengan Mirage, total game Assassin's Creed yang sedang dikembangkan adalah 6 game.

Menurut laporan Insider Gaming, empat di antaranya, yaitu Mirage, Project Red, Project Hexe, dan Project Jade, merupakan seri game AAA seperti biasanya. Dua sisanya adalah game multiplayer yang dinamakan Project Invictus, dan sebuah Assassin's Creed VR bernama Project Nexus, yang rencananya akan dipamerkan pada E3 tahun ini.

Tidak berhenti sampai di situ, setidaknya terdapat 3 judul lagi yang sudah masuk ke tahap konseptual dan prototyping. Berbeda dengan 6 judul yang disebutkan sebelumnya, Project Nebula, Project Raid, dan Project Echoes, akan dioper dan dikembangkan oleh tiga studio berbeda. Nantinya ketiga game tersebut dijanjikan akan memiliki playstyle yang jauh berbeda dari game AC sebelumnya.

Untuk Project Nebula, akan dikembangkan oleh Ubisoft Sofia. Studio tersebut pernah terlibat dalam pengembangan Assassin's Creed 3 dan Assassin's Creed Rogue. Nantinya, Project Nebula akan memasukkan 3 lokasi, yaitu India, Aztec, dan Mediterranean.

Lalu untuk Project Raid, Ubisoft Chengdu dipercayakan untuk memegangnya. Rencananya, game ini akan dikembangkan menjadi sebuah game F2P dengan mode co-op hingga 4 orang. Pemain nantinya bisa memilih karakter-karakter yang berasal dari Assassin's Creed Universe.

Dan yang terakhir, Ubisoft Annecy akan memegang Project Echoes, yang dideskripsikan sebagai game multiplayer yang akan memanfaatkan Sca`lar Technology, yakni cloud game engine milik Ubisoft.

Dengan begitu banyak judul yang mereka pegang, Ubisoft juga sudah memikirkan roadmap dari setiap perilisan judul Assassin's Creed tersebut. Rencananya, mereka akan merilis 1 game per tahunnya. Dimulai dari Assassin's Creed Mirage, yang sudah dijadwalkan rilis sekitar bulan Agustus 2023, lalu diikuti dengan Assassin's Creed Nexus di tahun yang sama.

Setelah itu, Project Red akan dirilis pada 2024, lalu Project Invictus pada 2025, dan Project Hexe di tahun 2026. Perkiraan tanggal rilis tersebut diklaim masih dapat berubah sewaktu-waktu, apalagi jika terjadi penundaan seperti biasa.

Jika Anda tertarik dengan bagaimana seri Assassin's Creed bisa dikenal seperti sekarang, Anda bisa simak sejarahnya di sini.