4 December 2022

by Galih

Pemilik Server Discord Nantinya Dapat Tetapkan Biaya Berlangganan

Fitur baru ini dihadirkan untuk menyaingi kepopuleran Patreon

Akhir tahun lalu, Discord mulai menguji coba fitur baru bernama Premium Membership. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan para kreator pemilik komunitas untuk mulai mengenakan biaya pada server-server khusus mereka.

Setelah hampir satu tahun dijalankan, Discord ternyata memutuskan untuk melepas fitur serupa tidak hanya untuk para kreator. Fitur baru tersebut kini memiliki nama "Server Subscriptions" dan akan mulai bisa digunakan sebentar lagi.

Untuk awalnya, fitur ini akan digulirkan bagi para pemilik server Discord yang berada di Amerika Serikat, sehingga para pemilik server ini nanti akan dapat menyediakan beberapa pilihan berlangganan.

Discord sendiri memberikan kebebasan yang cukup lepas bagi para pemilik server. Mereka dapat menentukan berapa pun harga berlangganan dan juga benefit apa saja yang akan didapatkan oleh para anggota yang berlangganan nanti.

https://twitter.com/discord/status/1598385518223495168

Dari setiap biaya berlangganan tersebut, Discord akan meminta potongan sebesar 10% saja. Namun dari biaya tersebut pengguna juga akan mendapatkan layanan seperti pengembalian dana, chargeback, hingga layanan terkait di setiap pembayaran.

Pada dasarnya, fitur baru ini dibuat untuk menyaingi layanan Patreon dan bahkan Instagram yang populer di kalangan digital creator. Karena sebelumnya, para kreator ini kebanyak nmenawarkan akses ke server Discord eksklusif dalam paketnya.

Namun di sini Discord menawarkan sistem yang lebih terintegrasi dengan fitur-fitur yang ada di Discord, sehingga pemilik server bisa langsung mengatur keuntungan, role unik, hingga manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh para pelanggan.

Meskipun cukup fleksibel, namun Discord juga mengatur bahwa biaya berlangganan yang bisa ditetapkan untuk pemilik server ini berada di rentang harga antara $2,99 hingga $199,99, atau sekitar 46 ribu hingga 3 jutaan rupiah.

Ke depannya, Discord sepertinya akan mendorong sistem berlangganan ini ke semua pemilik server Discord. Hal tersebut terlihat dari telah disediakannya laman situs khusus baru yang diberi nama Creator Portal.

Portal tersebut dibuat agar para pemilik server kini dapat menjadi kreator di Discord. Discord menawarkan pembelajaran dari para kreator top lainnya yang berujung pada bagaimana untuk mendapatkan uang dari server yang dimiliki.

Terlepas dari hal tersebut, fitur Server Subscriptions ini tetaplah opsional. Karena tentunya tidak semua server Discord dibuat untuk monetisasi. Fitur ini lebih untuk membantu para kreator mengatur komunitas mereka dengan lebih mudah.