21 April 2022

by Glenn Kaonang

Microsoft Resmi Luncurkan Layanan Berlangganan PC Game Pass di Indonesia

Belum ada sebulan setelah menjalani fase preview, layanan subscription PC Game Pass kini sudah resmi hadir di Indonesia dengan tarif Rp15 ribu untuk tiga bulan pertama

Di luar dugaan, Microsoft baru saja mengumumkan bahwa layanan subscription PC Game Pass sudah tersedia secara resmi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam mulai hari ini, 21 April 2022. Di Indonesia, semua pengguna PC kini sudah bisa mulai berlangganan dengan tarif yang sangat terjangkau.

Sebelumnya, Microsoft meluncurkan versi preview dari layanan PC Game Pass di kelima negara yang sudah disebutkan pada 29 Maret lalu. Tadinya peluncuran resmi PC Game Pass dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun 2022, namun belum satu bulan berlalu sejak peluncuran versi preview-nya, Microsoft rupanya sudah meresmikan kehadiran layanan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Jeremy Hinton selaku Xbox Asia Business Lead di siaran pers yang kami terima, timnya melihat permintaan yang sangat besar terhadap PC Game Pass di pasar Asia Tenggara selama masa preview kemarin, dan ini mungkin yang memicu keputusan Microsoft untuk mempercepat peluncuran resminya.

Untuk mulai berlangganan, pengguna bisa langsung membuka aplikasi Xbox di PC yang menjalankan OS Windows 10 atau Windows 11, lalu klik tombol "Get Game Pass". Microsoft mematok tarif resmi hanya sebesar Rp14.999 untuk tiga bulan pertama berlangganan. Barulah di bulan keempat dan seterusnya, tarifnya berubah menjadi Rp49.999 per bulan. Saat artikel ini ditayangkan, metode pembayaran yang didukung baru kartu kredit dan kartu debit saja. Semoga saja ke depannya Microsoft bisa menambahkan lebih banyak metode pembayaran lain.

Sesudahnya, pelanggan bisa langsung mengunduh dan memainkan ratusan game yang terdapat di katalog PC Game Pass, termasuk judul-judul AAA seperti Age of Empires IV, Back 4 Blood, Forza Horizon 5, Marvel's Guardians of the Galaxy, Halo Infinite, Doom Eternal, dan masih banyak lagi. Konsepnya benar-benar mirip Netflix, tapi untuk video game ketimbang film.

Tarif berlangganannya tadi juga sudah termasuk akses ke layanan EA Play, yang berarti pelanggan juga bisa menikmati game-game andalan EA seperti It Takes Two, Mass Effect Legendary Edition, Star Wars Squadrons, dan masih banyak lagi. Kalau Anda bingung harus memulai dari mana, kami punya rekomendasinya.

Daya tarik lain PC Game Pass adalah komitmen Microsoft untuk menghadirkan game-game baru sejak hari pertama peluncurannya masing-masing. Judul-judul game yang akan datang seperti Two Point Campus, Hello Neighbor 2, Warhammer 40,000: Darktide, STALKER 2: Heart of Chornobyl, maupun Starfield juga dipastikan bakal tersedia di katalog PC Game Pass di hari yang sama dengan peluncuran resminya masing-masing.