Featured Article
for SEO
Featured Article

10 Game PSP Terbaik yang Bisa Dimainkan di Android Lewat PPSSPP

1 November 2021Adi Nawan

Banyak game klasik PSP yang kini bisa dimainkan lewat smartphone.

PlayStation Portable atau PSP memang menjadi konsol genggam yang datang terlalu dini pada masanya. Dengan tren bermain game yang kala itu belum terlalu butuh mobilitas, Sony hanya mempertahankan konsol ini untuk dua generasi saja.

Meskipun begitu, konsol genggam ini juga memiliki beberapa game eksklusif dan juga judul-judul game terbaik sepanjang sejarah. Apalagi game-game ini juga masih menawarkan kualitas grafis hingga gameplay yang kualitasnya tidak kalah dengan game-game konsol kala itu.

Berita baiknya, bagi Anda yang mungkin dulu belum sempat memiliki PSP dan memainkan game-game terbaiknya maka Anda dapat memainkan berbagai game terbaik ini menggunakan emulator PPSSPP langsung di smartphone.

Berikut adalah daftar 10 game terbaik yang pernah dirilis untuk PSP yang kini bisa dimainkan di smartphone Android lewat emulator PPSSPP.

WWE Smackdown vs. RAW 2011

Image Credit: THQ

Ada masa ketika demam WWE sempat masuk ke Indonesia, dan di kala itu seri WWE Smackdown vs RAW bisa dibilang menjadi seri yang populer dimainkan.

WWE Smackdown vs RAW 2011 juga menjadi game terakhir dari serinya yang masih memuat daftar pegulat cukup modern namun masih mempertahankan gameplayarcade-nya yang menyenangkan.

Harvest Moon: Hero of Leaf Valley

Image Credit: Natsume

Game ini tentunya menjadi salah satu game wajib bagi para pecinta seri Harvest Moon. Nilai plus dari game ini adalah aspek nostalgia dan juga mekanis klasik gameplay-nya.

Apalagi untuk hitungan game yang mengedepankan aspek bertani dan beternak, Hero of Leaf Valley ini juga masih memiliki cerita yang seru dan bahkan memiliki empat buah ending yang bisa didapatkan.

Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable

Image Credit: Atlus

Persona 3 merupakan salah satu game JRPG terbaik yang pernah dibuat Atlus. Dan dapat memainkan game-nya secara portabel tentunya menjadi keasyikan tersendiri.

Atlus juga memberikan beberapa improvisasi pada versi PSP mulai dari improvisasi mekanis dan bahkan konten-konten tambahan yang tentunya dapat menjadi nilai lebih.

Grand Theft Auto – Vice City Stories

Image Credit: Rockstar

Bagi para pecinta game open-world,Grand Theft Auto alias GTA pasti menjadi salah satu peringkat atas. Untungnya Rockstar juga mengeluarkan seri GTA yang khusus dibuat untuk para pemilik PSP.

Dari beberapa judul yang tersedia, Vice City Stories menjadi pilihan utama karena kontennya yang kaya, game ini juga tidak masuk ke dalam mobile, dan tentunya Vice City yang selalu punya tempat khusus di hati para penggemar GTA.

Assassin’s Creed – Bloodlines

Image Credit: Ubisoft

Seri Assassin’s Creed memang terus berkembang hingga sekarang lewat berbagai judul dengan karakter dan latar yang berbeda-beda. Namun nama Altair tetap menjadi salah satu Assassin legendaris yang ada dalam serinya.

Ternyata petualangan Altair memiliki kelanjutan dalam game PSP ini yang tentunya seru untuk diikuti dan tidak diceritakan dalam game platform lainnya.

Tekken 6

Image Credit: Bandai Namco

Untuk para pecinta game fighting, maka Tekken 6 bisa menjadi pilihan utama. Bandai Namco dengan piawai membuat game ini sangat mirip dengan versi konsolnya.

Terlepas dari beberapa keterbatasan konten karena kemampuan PSP, namun game ini tetap memberikan pengalaman bermain yang masih sama dengan versi konsolnya.

Naruto Shippuden – Ultimate Ninja Impact

Image Credit: Bandai Namco

Meskipun serial animasinya telah selesai dan dilanjutkan dengan Boruto, tetapi tidak bisa dibantah bahwa Naruto memang memberikan banyak kenangan manis termasuk untuk para gamer.

Dan Anda bisa bernostalgia lewat game yang satu ini. Ultimate Ninja Impact juga memiliki banyak konten yang bisa dinikmati berjam-jam.

Midnight Club LA Remix

Image Credit: Rockstar

Salah satu game balap di PSP terbaik namun kurang populer adalah Midnight Club: LA Remix. Bagaimana tidak Rockstar terbilang sangat piawai membawa game yang harusnya masuk ke PS3 tersebut ke dalam konsol portabel dengan hampir semua konten di game konsolnya.

Bahkan Rockstar melengkapi game ini dengan dua kota yang bisa dijelajahi dengan bebas. Fitur mewah ini tidak dimiliki di mayoritas game-game balap PSP, termasuk seri Need For Speed.

God of War – Ghost of Sparta

Image Credit: Santa Monica Studios

Sony menjadikan game ini sebagai salah satu game eksklusif bagi PSP yang membuatnya sangat berharga untuk dimainkan sekarang. Karena game ini punya cerita khusus yang bahkan menjadi kunci mengapa Kratos memilih untuk melakukan semua petualangannya.

Aksi Kratos dalam game ini juga tetap sama dengan apa yang ditawarkan dalam konsolnya. Kratos juga akan tetap akan melawan monster-monster raksasa dengan aksi-aksi yang memukau.

Metal Gear Solid: Peace Walker

Image Credit: Konami

Pada masa kejayaannya, Hideo Kojima memang dapat membuktikan bahwa dirinya mampu menghadirkan game Metal Gear Solid terbaik dengan kondisi apapun. Terlepas dari keterbatasan PSP, Peace Walker tetap menampilkan grafis berkualitas tinggi dan juga gameplay khas MGS yang sudah dikenal para pemain.

Ditambah dengan cerita berbobot yang akan membuat pemain terpacu untuk mengetahui lebih jauh. Sebagai tambahan game ini adalah game pertama yang dikerjakan oleh Hideo Kojima secara penuh.

Penutup

Sony memang masih belum memberikan informasi apapun untuk menghidupkan kembali PSP, namun dengan tumbuh suburnya pasar konsol genggam seperti Nintendo Switch dan diikuti dengan Steam Deck maka ini adalah saat yang tepat bagi PSP untuk kembali.

Namun untuk sekarang, gamer disuguhkan dengan berbagai nostalgia yang dapat dirasakan kembali dengan memainkan game-game terbaiknya dulu lewat smartphone menggunakan PPSSPP. Dan dengan performa smartphone yang kini terhitung tinggi tentunya memainkan game-game PSP yang sudah berumur bukanlah menjadi masalah.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV