30 March 2021

by Yabes Elia

Sony Pastikan akan Menutup PS3, Vita, dan PSP Stores di 2021

Setelah sebelumnya rumornya berhembus kencang, Sony akhirnya memberikan konfirmasinya.

Pekan lalu, berhembus kabar yang mengatakan bahwa Sony akan menutup layanan toko untuk PlayStation 3, PlayStation Vita, dan PlayStation Portable. Beberapa hari yang lalu, Sony pun memberikan konfirmasinya jika memang benar layanan-layanan tadi akan ditutup.

Anda akan kehilangan akses ke layanan PS3 dan PSP pada tanggal 2 Juli 2021. Sedangkan untuk PS Vita, layanannya akan berakhir pada 27 Agustus 2021. Setelah layanannya ditutup, Anda tidak akan bisa lagi membeli digital content untuk PS3, PS Vita, dan PSP, termasuk game dan video.

Meski begitu, Anda tetap bisa mengunduh kembali game-game yang sudah Anda beli ataupun game-game yang Anda dapat lewat PlayStation Plus. Kita juga bisa mengakses konten media, redeem game, dan voucher PS Plus bahkan setelah layanan tersebut dihentikan. Namun demikian, setelah layanannya ditutup nanti, Anda tidak bisa redeem PSN Wallet di sistem lama.

Kingdom Hearts Birth by Sleep adalah salah satu game legendaris di PSP.

Hal ini memang sangat disayangkan karena ada banyak sekali game-game legendaris dari platfom ataupun handheld lawas milik Sony.

Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang detail dari penutupan layanan tadi, Anda bisa membaca penjelasan lengkap yang langsung di laman resminya di tautan ini.

Console Sony memang punya sejarah panjang, jika Anda penasaran dengan ceritanya, kami pernah menuliskan awal mula ketertarikan Sony terjun ke industri console gaming.

Berbicara soal PlayStation, selain punya latar belakang cerita yang menarik (karena berkaitan dengan Nintendo), satu hal lainnya yang tak kalah ikonik adalah controller-nya. Sejarah perkembangan game controller dari waktu ke waktu, dari Atari sampai ke PS5, juga pernah kami suguhkan.