Dark
Light

Tips Food Photography Redmi Note 12 Pro: Gugah Selera melalui Jepretan Kamera

2 mins read
June 24, 2023

Kegiatan traveling dan jalan-jalan merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Ketika mengunjungi sebuah tempat yang baru, kerapkali kita akan mencicipi kuliner setempat yang beragam.

Memotret makanan yang dicicipi juga sudah umum dilakukan untuk mengabadikan momen kulineran serta keindahan makanan Indonesia. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka dibutuhkan juga kualitas kamera yang jawara.

Redmi Note 12 Pro memiliki fitur kamera Pro-ven yang mengusung setup Quadruple AI Camera yang terdiri dari kamera utama 108MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan depth sensor 2MP, sehingga mampu mendapatkan hasil foto makanan yang menggugah selera.

Togi Panjaitan, Professional Food Photographer, mengatakan, “Di era serba digital seperti saat ini, mengambil foto makanan dan mengunggah di media sosial merupakan hal yang sering kita temukan di sekeliling kita. Untuk mendapatkan hasil foto makanan yang dapat menggugah selera, kita tidak selalu memerlukan peralatan yang lengkap ataupun makanan aesthetic. Dengan kamera smartphone yang mumpuni, teknik pengambilan, dan penataan makanan yang tepat, kita bisa mendapatkan hasil foto makanan yang maksimal meskipun dengan makanan yang biasa kita makan sehari-hari.”

Simak tips pengambilan food photography dari Togi dengan menggunakan Redmi Note 12 Pro berikut ini:

Memanfaatkan Cahaya Alami Secara Optimal

credit: Togi Panjaitan, Professional Food Photographer

Faktor yang sangat penting ketika mengambil gambar, khususnya gambar makanan, adalah pencahayaan. Dengan penggunaan cahaya yang tepat, maka warna yang ditampilkan akan semakin keluar.

Dengan mengkombinasikan kamera smartphone yang memadai seperti Redmi Note 12 Pro dan penggunaan cahaya natural yang tepat, maka foto yang dihasilkan akan menjadi maksimal. Apalagi dengan kamera utama 108MP-nya, Anda dapat memperoleh ketajaman warna dan detail dari setiap foto yang diambil.

Jadi, perhatikan cahaya yang ada disekitar objek, karena cahaya natural akan memberikan kelembutan, kejernihan, dan keaslian pada subjek yang difoto, termasuk makanan.

Eksplorasi Angle Kamera untuk Hasil yang Maksimal

Selain cahaya, angle atau sudut pengambilan gambar juga perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan angle yang lebih leluasa, Anda bisa memanfaatkan kamera ultra-wide 8MP yang ada pada Redmi Note 12 Pro. Dengan ruang pandang hingga 120 derajat, Anda bisa mencakup lebih banyak elemen dalam satu frame, sehingga bisa menghasilkan foto makanan yang menarik dan artistik.

Saat hendak mengambil gambar, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur grid pada kamera untuk mengatur komposisi objek. Fitur ini lazim ditemukan pada kamera smartphone pada umumnya dan sangat membantu dalam mengatur posisi subjek dan elemen-elemen penting dalam bingkai foto.

Menghidupkan Makanan Melalui Food Styling

credit: Togi Panjaitan, Professional Food Photographer

Tips yang terakhir ini sebenarnya tergantung dari keterampilan dan selera dari masing-masing orang. Namun secara umum, Anda bisa memanfaatkan ornamen pelengkap yang ada di sekitar untuk hasil foto makanan yang lebih hidup, contohnya seperti bunga segar, daun hijau, rempah-rempah, atau alat makan yang cantik.

Dengan ornamen yang tepat, Anda bisa menghasilkan latar belakang yang menarik dan meningkatkan estetika dari gambar makanan tersebut. Untuk mendapatkan detail yang lebih tajam serta memperlihatkan tekstur makanan yang lebih jelas, Anda bisa memanfaatkan fitur Macro pada kamera.

Selain itu, ada juga fitur Portrait untuk menghasilkan foto makanan dengan efek bokeh yang menawan. Dengan memanfaatkan mode Portrait, kamera akan secara otomatis mengaburkan latar belakang, menjadikan subjek utama, yaitu makanan, menjadi lebih menonjol dan terfokus. Efek bokeh ini akan memberikan kedalaman visual pada foto makananmu dan menciptakan kesan profesional yang mengagumkan.

Itulah tadi tips food photography yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan foto makanan yang menggugah selera dan memikat mata. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa memaksimalkan potensi kamera Redmi Note 12 Pro untuk menghasilkan foto makanan yang menarik untuk dibagikan kepada keluarga, teman, atau follower Anda di sosial media.

Daniel Hamiaz

Mulai menulis di tahun 2021. Seorang antusias dalam bidang e-sports dan industri game secara umum. Penggemar Single-Player Game.

Previous Story

ASUS ROG Ally Bakal Diluncurkan di Indonesia, Tidak Semahal Pesaingnya

Next Story

Developer Game Agate Gandeng Pionir Web3 Asal Korea Selatan

Latest from Blog

Don't Miss

Xiaomi Perkenalkan Xiaomi Smart Air Purifier Terbaru

Anda bisa membeli Xiaomi Smart Air Purifier 4 seharga Rp2.099.000

Redmi 13 Resmi Hadir dengan Harga Mulai dari 2 Juta Rupiah

Xiaomi resmi merilis perangkat terbaru mereka yaitu Redmi 13. Perangkat