5 January 2018

by Yoga Wisesa

Mad Catz Resmi Bangkit dari 'Kematian', Kini Fokus Menyediakan Gaming Gear PC

Produk-produk barunya akan dipamerkan di CES 2018 Las Vegas.

Setelah berkiprah selama 28 tahun di ranah penyediaan gaming gear, Mad Catz mengumumkan berita duka di penghujung Maret 2017. Perusahaan yang bermarkaskan di San Diego itu menyatakan dirinya bangkrut dan berhenti beroperasi, dibarengi oleh proses pembekuan aset serta pengunduran diri para direktur dan segenap tim manajemen.

Namun secercah harapan muncul di bulan Desember kemarin. Kotaku melaporkan bahwa mereka dikirimkan sebuah tautan ke video pendek oleh tim Big Little PR. Durasinya singkat, dan isinya lebih tepat disebut teaser. Video tersebut menampilkan kepingan-kepingan objek yang bersatu kembali, membentuk mouse, keyboard dan headset, kemudian diakhir oleh tulisan 'back in the game'.

Menurut Kotaku, video dari Big Little PR ini adalah 'trailer' kebangkitan Mad Catz sebagai produsen gaming gear (meski waktu itu saya belum terlalu yakin video tersebut berkaitan dengan brand Mad Catz). Namun akhirnya Mad Catz Global buka suara. Melalui rilis pers, mereka mengumumkan agenda buat kembali berkecimpung di segmen ini, kurang dari setahun sesudah gulung tikar.

Mad Catz 'baru' ini kabarnya beroperasi di bawah tim manajemen baru, dibekali ide-ide baru, serta siap memperkenalkan produk-produk baru. Mereka berkomitmen untuk mengutamakan kualitas dan inovasi. Dalam proses pengembangan perangkatnya, desain dan produksi dilakukan langsung oleh tim in-house agar hasilnya berbeda dari kreasi kompetitor serta memastikan performanya maksimal.

Rencananya, Mad Catz akan menyingkap device-device anyar mereka di CES 2018 yang akan digelar sebentar lagi. Produk-produk ini terdiri dari penerus mouse R.A.T., papan ketik S.T.R.I.K.E., headphone gaming F.R.E.Q., serta mouse mat G.L.I.D.E. Seperti yang Anda lihat sendiri, Mad Catz kini tampaknya lebih menekankan perhatiann pada gaming gear PC. Mereka belum membahas joystick simultor serta controller game musikal.

Salah satu aksesori yang jadi primadona Mad Catz di CES 2018 ialah R.A.T. Air, yaitu mouse gaming wireless yang bisa dikustomisasi. Hal paling unik dari Air adalah ia tidak ditenagai oleh baterai internal biasa, tetapi mengambil daya dari unit mousepad-nya. Jika Anda lebih memfavoritkan mouse mat merek lain, Air dapat tersambung ke PC melalui kabel USB.

Selanjutnya, Mad Catz juga akan memamerkan S.T.R.I.K.E. 4, keyboard gaming mekanis yang mengusung tubuh aluminium dan pencahayaan RGN, serta headset F.R.E.Q. 4 yang dibekali frame logam dan driver neodymium 40-milimeter. Detail lebih lanjut mengenai seluruh perangkat ini akan diungkap tak lama lagi.

Mad Catz Global berencana buat mendemonstrasikan produk-produk baru ini di CES 2018 Las Vegas secara eksklusif melalui 'undangan khusus'. Jika tertarik, Anda bisa mengajukan permintaan undangan melalui email ke alex@littlebigpr.com.

Sumber: Gamasutra.