Dark
Light

Qualcomm Umumkan Kehadiran Snapdragon X Series Sebagai Penunjang Utama Copilot Plus

1 min read
June 10, 2024

Setelah beberapa waktu lalu kita mendengar Copilot Plus PC yang diperkenalkan ke publik oleh Microsoft, kali ini giliran Qualcomm yang memberikan pernyataan mengenai PC mutakhir tersebut. Disampaikan langsung oleh CEO Cristiano Amon dalam Computex 2024, Qualcomm menyampaikan bahwa Copilot Plus PC saat ini hanya didukung oleh platform Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus.

Menurut Amon, NPU dalam Snapdragon X Series adalah pembeda utama dan menjadi alasan mendasar mengapa kinerja PC yang didukung Snapdragon X Series dianggapnya lebih unggul. Hal tersebut terjadi karena, dengan memindahkan beban kerja AI dari CPU dan GPU ke NPU, kinerja dapat meningkat dan menghasilkan penghematan daya secara signifikan. 

Amon juga mengklaim bahwa Qualcomm Technologies mampu mengembalikan performa paling optimal ke ekosistem PC Windows dengan NPU terdepan yang mereka miliki, dengan menjanjikan kinerja NPU tertinggi per watt untuk laptop; mencapai 2,6 kali lebih tinggi dibandingkan M3, dan hingga 5,4 kali dibandingkan Core Ultra 7.

“Berkat CPU Qualcomm Oryon terdepan kami, Snapdragon X Elite juga menjadi pemimpin performa terbaru untuk Windows dengan kemampuan CPU hingga 51% lebih cepat pada daya ISO dan mampu menyamai performa puncak dari CPU PC pesaing dengan daya 65% lebih rendah,” tambah Amon.

Selain hardware yang mendukung pemberdayaan AI, Amon juga menunjukkan alat pengembangan terdepan dari Qualcomm Technologies untuk pembuatan aplikasi AI generasi berikutnya. Ia menjelaskan sebuah platform bernama Qualcomm AI Hub, yang memungkinkan para developer menerapkan model AI hanya dalam waktu lima menit pada perangkat yang didukung oleh platform Snapdragon. Model AI yang digunakan bisa dari milik si developer sendiri maupun koleksi model AI yang sudah dioptimalkan dan siap pakai dari Qualcomm Technologies.

Yang juga dapat dimanfaatkan para developer adalah Snapdragon Dev Kit for Windows terbaru, yang menyediakan platform hardware bagi para developer dengan peningkatan kecepatan chipset Snapdragon X Elite.

Mengenai kolaborasi dengan Qualcomm untuk sistem yang baru dirilisnya ini, Satya Nadella, CEO Microsoft, berpendapat bahwa inovasi ini dapat mengubah ekspektasi konsumen dan bagaimana industri meresponnya di masa mendatang. “Bulan lalu, kami mengumumkan Copilot+ PC, PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat. PC ini menjadi titik balik bagi seluruh industri. Ini pun hanya mungkin terjadi berkat kolaborasi dengan Qualcomm Technologies,” ujar Satya.

Selain bersama Satya, Amon juga memperkenalkan Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus sebagai bagian dari Copilot Plus PC bersama para pemimpin dari ekosistem PC global, antara lain Jason Chen (CEO Acer), S.Y. HSU (Co-CEO ASUS), Sam Burd (President Client Solutions Group Dell Technologies), Enrique Lores (President dan CEO Hewlett-Packard), Luca Rossi (President of Intelligent Devices Group Lenovo), dan Won-joon Choi (Executive Vice President dan Head of R&D, Mobile eXperience Business, Samsung Electronics).

“Terima kasih untuk para mitra yang bergabung dengan saya di atas panggung hari ini untuk menandai pergeseran industri untuk menempatkan PC Windows Copilot Plus yang didukung Snapdragon di garis terdepan inovasi teknologi. Bersama-sama, kami ingin mendefinisikan ulang pengalaman komputasi personal dan memungkinkan para developer untuk menciptakan aplikasi secara efisien untuk generasi baru ini,” ucap Amon.

Adam Yanuar

Gemar teknologi, menulis telah menjadi bagian sehari-hari. Biasa menyusun strategi komunikasi kini Adam kembali menulis informasi terkait teknologi.

Previous Story

Bose Ultra Open Earbuds Warna Putih Laris Manis

Next Story

Perang Chip AI Memanas: AMD Luncurkan Ryzen AI Chip, Saingi Nvidia dan Intel

Latest from Blog

Don't Miss

Updated: AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Update: Ada perubahan data dari hasil survei sesuai rilis yang

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

Perusahaan pengembang prosesor ternama AMD mengumumkan akuisisi terhadap Silo AI,