Dark
Light

Qualcomm Hadirkan Dev Kit untuk Windows Guna Percepat Pengembangan Aplikasi PC

by
1 min read
May 25, 2024

Raksasa chipset Qualcomm semakin menunjukkan keseriusannya menggarap pasar PC. Di tengah berlangsungnya event Microsoft Build, Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan peluncuran Snapdragon Dev Kit untuk Windows.

Dev Kit ini merupakan sistem komputasi ringkas yang dibekali dengan chipset terbaru Snapdragon X Elite. Dev kit ini didesain secara khusu bagi para pengembang untuk menciptakan atau mengoptimalkan aplikasi dan pengalaman PC AI generasi berikutnya.

Kehadiran dev kit ini dilakukan seiring semakin bertambahnya laptop yang ditenagai oleh chipset Snapdragon X Series. Sehingga para pengembang aplikasi komputer dapat mengakses berbagai teknologi tercanggih dan dukungan platform Snapdragon X Elite sepenuhnya.

Para pengembang aplikasi juga dapat memaksimalkan kreasi mereka dengan bantuan perangkat lunak AI yang telah dioptimalkan sepenuhnya. Sehingga ke depannya laptop-laptop yang ditenagai dengan Snapdragon dapat segera bersaing dengan Intel dan AMD.

Di samping dev kit, Qualcomm juga menyediakan rantai peralatan Snapdragon khusus untuk Windows. Antara lain Visual Studio/VSCode serta berbagai runtime, library, dan framework lainnya sebagai platform pengembangan aplikasinya.

Dev Kit ini memudahkan para pengembang untuk menyesuaikan dan mengkompilasi ulang seluruh aplikasi bawaan tersebut, sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna PC.

“Kami sangat antusias dengan peluncuran Snapdragon Dev Kit untuk Windows 11, perangkat ini dirancang sebagai dev box harian para pengembang yang mampu memberikan performa maksimal dan fleksibilitas yang diperlukan.” ujar Pavan Davuluri, Corporate Vice President, Windows + Devices, Microsoft.

Qualcomm AI Hub untuk PC yang ditenagai Snapdragon

Bila secara hardware Qualcomm menghadirkan dev kit khusus, maka di sisi software Qualcomm menghadirkan Qualcomm AI Hub. Fungsinya mempermudah pengembang dalam memanfaatkan platform chipset Snapdragon Seri X yang mulai banyak di laptop-laptop.

Seperti namanya, AI Hub ini memungkinkan para pengembang untuk mengoptimalkan model buatan mereka sendiri. Sehingga menambah fleksibilitas dan penyesuaian sekaligus mempercepat siklus pengembangan aplikasi AI untuk chipset Snapdragon.

Di dalamnya, para pengembang dapat memanfaatkan berbagai maca model AI pra-optimasi yang akan terus berkembang seiring waktu. Selain itu, para pengembang pun kini dapat menghadirkan model AI mereka sendiri dan mengoptimalkannya dengan seamless untuk chipset Snapdragon Seri X.

Qualcomm AI Hub adalah pintu bagi para pengembang dalam mendapatkan sumber daya, alat, dan layanan untuk memungkinkan kinerja AI yang unggul pada perangkat. Dan hingga sekarang telah ada lebih dari 100 model AI yang telah dioptimalkan untuk chipset Snapdragon.

Sementara itu, para produsen perangkat asli (OEM) PC terkemuka di tingkat global, termasuk Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, Samsung, dan OEM7, dijadwalkan segera meluncurkan PC yang didukung oleh platform komputasi Snapdragon X Elite dan/atau X Plus.

Langkah ini akan memungkinkan pengembang untuk menggunakan Qualcomm AI Hub dalam menghadirkan pengalaman superior pada rangkaian perangkat generasi baru tersebut.

Galih

Video game writer who noob at almost every games. Work hard play harder!

Previous Story

Hybrid dan StreetMoment Hadirkan Workshop Bareng Galaxy A35 5G

Next Story

Microsoft Perkenalkan Copilot Plus PC, Siap Saingi Prosesor M3 MacBook Air

Latest from Blog