Dark
Light

Microsoft Perkenalkan Copilot Plus PC, Siap Saingi Prosesor M3 MacBook Air

1 min read
May 25, 2024

Microsoft baru saja meluncurkan Copilot Plus PC, sebuah sistem personal computer (PC) terbaru dengan spesialisasi di artificial intelligence (AI) dan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan machine learning, pada beberapa waktu lalu. Dengan neural processing units (NPUs) hingga 45 trillion operations per second (TOPS), Copilot Plus PC diklaim Microsoft sebagai komputasi yang tercepat, terpintar, di dunia.

Dengan nilai jual tersebut, Copilot Plus PC ditenagai prosesor Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus, dengan ambisi untuk memberikan pemrosesan dan response time yang lebih optimal. Bahkan, Microsoft secara gamblang juga menjanjikan performa komputasi yang akan mengungguli MacBook Air terbaru.

Untuk menjamin performa tinggi yang cepat dan responsif, Microsoft mengikutsertakan mesin emulasi Prism baru di dalamnya, yang bertujuan untuk meningkatkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan Surface Pro 9 dengan 5G.

Kemampuan NPUs Copilot Plus PC yang dianggap di atas rata-rata didesain Microsoft untuk menjadi pendukung komplet pengalaman memanfaatkan AI dalam kehidupan sehari-hari. Microsoft menyoroti tiga fitur andalan ini yang ada di Copilot Plus PC:

  1. Recall

    Ini adalah fitur pencarian historis berbasis AI. Recall membantu pengguna mencari sesuatu yang pernah dibuka/dilihat sebelumnya di dalam PC, dengan menggunakan petunjuk yang diingat oleh pengguna. Petunjuk ini bisa menggunakan kata-kata yang deskriptif dan natural. Carolina Hernandez, Principal Product Manager Windows AI Experience, dalam keynote speech-nya mencontohkan bagaimana dia berusaha mencari “gaun berenda dari nenek” dengan Recall, yang akhirnya memunculkan percakapan Discord-nya di masa lampau.

    Selain menggunakan bahasa natural untuk mencari, pengguna juga bisa menelusuri kembali waktu, dan menemukan hasilnya dengan teks atau kecocokan visual. Semua data tersimpal secara local, dengan sistem privasi dan kontrol yang terintegrasi.

  2. Paint Cocreator

    Seperti namanya, gabungan dari Paint dan “co-creator”, fitur ini adalah versi terdepan dari Microsoft Paint yang kita kenal selama ini, dengan bantuan AI sebagai co-creator pengguna saat berkreasi. Dengan Cocreator, pengguna dapat menggunakan goresan tinta di Paint atau bahkan hanya instruksi kata-kata untuk menggambarkan guratan versi matang yang pengguna inginkan.

  3. Live Captions

    Dengan Live Captions, Microsoft berupaya membuat konten video dan percakapan di video call menjadi aksesibel untuk sebanyak-banyaknya manusia. Mengingat bahasa bisa menjadi penghalang dalam komunikasi, maka hadirlah fitur terjemahan langsung dari Live Captions ini, agar pengguna dapat mengubah audio yang masuk ke PC menjadi teks bahasa yang dipahami pengguna secara real-time di layar PC.

Pengejawantahan dari Copilot Plus PC dan fitur-fiturnya ini sebenarnya ada pada Surface, lini laptop milik Microsoft. Surface Pro dan Surface Laptop, adalah dua produk menawarkan performa tinggi, daya tahan baterai lama, serta produk AI mutakhir dari Copilot Plus PC.

Previous Story

Qualcomm Hadirkan Dev Kit untuk Windows Guna Percepat Pengembangan Aplikasi PC

Next Story

Western Digital Perkenalkan HDD Portable 2,5 inci dengan Kapasitas 6TB

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Hadirnya Bot AI Microsoft Copilot di Telegram dan Isu Privasi di Baliknya

Aplikasi Telegram yang dikenal dengan fitur privasi dan keamanannya telah