Build Yelan Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Been waiting long? Well, the waiting game is over!" - Yelan.

Build Yelan Genshin Impact terbaik ini akan membantu Anda memaksimalkan potensi karakter yang super manis satu ini.

Sejak kemampuannya pertama kali disiarkan saat livestream versi 2.7, banyak yang menyamakan Yelan sebagai B5 Xingqiu. Memang secara sekilas, Yelan mampu menghasilkan damage Hydro dalam jumlah yang banyak.

Namun, seperti apakah kemampuannya yang sebenarnya? Apakah ia mampu mengimbangi standar Xingqiu sebagai salah satu karakter terkuat di Genshin Impact?

Build Yelan Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Yelan

Yelan merupakan karakter B5 Hydro dengan senjata bow yang dirilis pada versi 2.7. Ia merupakan karakter DPS yang mampu menghasilkan damage Hydro, dan mampu memberikan buff yang akan meningkatkan damage-nya sendiri maupun damage dari karakter lain yang ada di tim.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gameplay Yelan secara garis besar sangat mirip sekali dengan Xingqiu, karena mampu menghasilkan damage Hydro secara off-field. Selain pertarungan, Yelan juga memiliki kemampuan yang cukup berguna saat pemain melakukan eksplorasi.

Normal Attack - Stealthy Bowshot

Yelan memiliki Attack-String yang hampir sama dengan karakter bow lain. Yang menjadi pembeda adalah mekanik Breakthrough yang dimilikinya. Breakthrough menyebabkan serangan Charged Attack Yelan selanjutnya akan memberikan damage Hydro pada area target, berdasarkan HP maksimum Yelan.

Status Breakthrough bisa didapatkan dari dua cara, yaitu: 1. Menunggu 5 detik saat tidak sedang dalam pertarungan. Syarat ini tetap berlaku saat Yelan berada di on-field maupun off-field.

  1. Elemental Skill yang berhasil menandai dan melukai musuh, memiliki peluang untuk mendapatkan status Breakthrough.

Saat mendapatkan status ini, akan muncul ikon di atas Yelan. Cara lain untuk mengetahui apakah Yelan mendapatkan status Breakthrough adalah dengan melihat gelang Yelan yang menyala.

Elemental Skill – Lingering Lifeline

Skill ini memiliki dua versi, yaitu ditekan dan ditahan. Saat ditekan, Yelan akan berlari menyambar ke depan secara cepat, memberikan damage Hydro kepada musuh yang ada di depannya.

Saat ditahan, Yelan akan berlari dengan cepat, dan akan menandai setiap musuh yang ia lewati. Saat durasinya berakhir, Yelan akan memberikan damage Hydro terhadap musuh yang diberi tanda tersebut, dan "menarik" mereka ke arah Yelan. Musuh yang bisa tertarik oleh skill ini, hanyalah musuh-musuh yang bertipe kecil saja, seperti Hilichurl dan Treasure Hoarders.

Elemental Burst – Depth-Clarion Dice

Saat diaktifkan, Yelan akan memanggil dadu-dadu untuk membantunya saat bertarung. Setiap kali karakter aktif melancarkan serangan Normal Attack, Dadu-dadu tersebut akan menyerang musuh yang menjadi targetnya.

Selain itu, mereka juga akan menyerang musuh-musuh yang terkena tanda dari Elemental Skill Yelan. Kemampuan inilah yang menjadi ujung tombak Yelan, karena sebagian besar damage Yelan berada pada Burst-nya.

Talenta Pasif 1: Turn Control

Setiap elemen yang berbeda di tim, Yelan akan mendapatkan bonus HP.

Talenta Pasif 2: Adapt with Ease

Saat Elemental Burst berlangsung, Yelan akan memberikan bonus damage kepada karakter aktif. Bonus damage ini akan bertambah terus setiap detiknya, dengan bonus maksimum sebesar 50%. Buff ini mirip sekali dengan buff milik Xiao, namun tanpa efek samping yang mengikis darah karakter.

Talenta Pasif 3: Necessary Calculation

Saat Yelan melakukan Ekspedisi dengan durasi 20 jam, pemain akan mendapatkan hadiah 25% lebih banyak.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Artifact

Karena sebagian besar damage Yelan terletak pada Elemental Burst-nya, maka Artifact yang paling cocok digunakan adalah 4 Emblem of Severed Fate. Anda juga bisa memakai 4 Noblesse Oblige, jika tidak ada karakter lain di tim yang menggunakan Artifact tersebut.

Jika Anda belum memiliki 4 Emblem of Severed Fate yang bagus, Anda bisa memakai Artifact alternatif, yaitu gabungan antara 2 Emblem of Severed Fate, 2 Noblesse Oblige, 2 Heart of Depth, dan 2 Tenacity of the Millelith.

Energy Recharge: 160%-200% (tergantung senjata dan tim).

Main stat yang dicari:

  • Sands: ER% / HP% (jika kebutuhan ER sudah cukup.)
  • Goblet: Hydro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > Energy Recharge% > HP% > flat HP.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Aqua Simulacra merupakan pilihan senjata terbaik Yelan, jika Anda ingin memaksimalkan damage-nya. Senjata ini memiliki substat Crit DMG yang sangat tinggi, serta efek pasif yang sangat menunjang kemampuan Yelan. Jika Anda memakai senjata ini, Anda perlu memberi perhatian lebih untuk ER Yelan di Artifact.

Pilihan senjata lain yang tak kalah bagus dari Aqua Simulacra, adalah Elegy for the End. Senjata dengan substat Energy Recharge ini lebih berfokus untuk memberikan buff untuk satu tim, sehingga akan menambah utility Yelan di dalam tim.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan senjata B5 lain seperti Polar Star, Skyward Harp, atau The Viridescent Hunt dari Battle Pass. Senjata-senjata tersebut memiliki stat Crit Rate atau Crit DMG, yang cukup membantu menyeimbangkan rasio Crit Yelan.

Untuk senjata F2P terbaiknya, Anda bisa menggunakan Favonius Warbow. Senjata ini didapatkan secara gratis saat pemain menyelesaikan Archon Quest di awal game. Untuk daftar senjata B4 terbaik lain, Anda bisa cek di sini.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan senjata-senjata seperti Fading Twilight, Sacrificial Bow, The Stringless, atau senjata B3 seperti Slingshot dan Recurve Bow.

Komposisi Tim

Setiap tim yang dapat diisi oleh Xingqiu, dapat juga diisi oleh Yelan. Berikut ini contoh komposisi tim yang bisa Anda pakai:

Salah satu komposisi tim paling terkenal di Genshin Impact adalah tim National. Sebagai pengganti Xingqiu, Yelan mampu melaksanakan tugasnya dengan sangat baik di tim ini. Anda bisa menggunakan variasi Raiden atau menggunakan karakter Anemo seperti Kazuha atau Sucrose.

Tim Taser merupakan contoh tim selanjutnya. Tim yang memanfaatkan reaksi Electro-Charged ini bisa Yelan isi dengan baik. Anda bisa pasangkan Yelan dengan duet Raiden Shogun dan Yae Miko di tim ini, atau mungkin dengan duet Fischl dan Beidou untuk pasangan yang lebih ramah F2P. Karakter terakhir bisa Anda isi dengan karakter enabler seperti Sucrose atau healer seperti Kokomi.

Dengan banyaknya karakter Cryo kuat seperti Ayaka dan Ganyu, Yelan dapat meningkatkan lebih tinggi lagi kemampuan tim Freeze dengan talenta pasifnya. Sayangnya Charged Attack Ganyu tidak dapat memicu serangan Burst Yelan, sehingga Yelan lebih cocok dipasangkan dengan Ayaka.

Untuk karakter sisanya, Anda bisa memakai karakter Anemo seperti Kazuha atau Venti, dan karakter Cryo lain seperti Diona atau Rosaria.

Perbedaan yang cukup terasa saat menggunakan Yelan dibandingkan dengan Xingqiu adalah perbedaan durasi dan cooldown dari Elemental Burst kedua karakter tersebut, sehingga Anda mungkin perlu menyesuaikan sedikit mengenai rotasi Yelan di tim Anda.

Tips Yelan Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Hal yang paling menarik mengenai mekanik Elemental Skill Yelan adalah ia mampu meregenerasi Stamina saat ia sedang berlari. Manfaatkan mekanik ini untuk berpindah tempat secara cepat, sembari mengisi Stamina. Anehnya, mekanik ini tidak diterapkan kepada Sayu, padahal ia juga memiliki kemampuan melaju secara cepat.

  2. Jika Sacrificial Sword merupakan senjata terbaik milik Xingqiu, bukan berarti Sacrificial Bow langsung menjadi senjata terbaik Yelan. Memang benar Xingqiu dan Yelan sama-sama memiliki Energy Cost yang tinggi, namun pada prakteknya Sacrificial Bow tidak memiliki hubungan yang sama dengan Xingqiu dan Sacrificial Sword.

Alasannya adalah cooldown Yelan itu sendiri yang sebenarnya cukup singkat, sehingga dirasa tidak perlu untuk mereset cooldown Elemental Skill-nya. Base Attack yang tinggi dari Sacrificial Bow, juga tidak berguna untuk Yelan yang menggunakan stat HP sebagai damage.

  1. Yelan merupakan salah satu karakter unik, yang tidak menggunakan stat ATK sama sekali di skill-nya. Sebenarnya kemampuan ini sudah dimiliki karakter-karakter seperti Albedo atau Zhongli, namun tidak untuk semua skill mereka.

Dengan demikian, ATK% merupakan stat yang sama sekali tidak berguna untuk Yelan. Contoh buff ATK% yang biasa digunakan pemain adalah buff dari 4 Noblesse Oblige, Burst Bennet atau Kujou Sara.

Penutup

Pada versi 2.7, Genshin Impact akhirnya merilis sebuah karakter, yang "menduplikat" karakter lain, dengan memasukkan kemampuan utamanya. Dalam hal ini, yang dimaksud dari pernyataan ini adalah Yelan yang memiliki kemampuan Burst Xingqiu.

Memang Yelan mampu mengisi posisi Xingqiu sebagai sub DPS dengan sangat baik. Namun bukan berarti Yelan lebih unggul dibandingkan dengan Xingqiu. Jika Xingqiu masih memiliki beberapa utility yang bersifat defensive, maka Yelan merupakan karakter sub DPS yang all-in ke sisi offensive.

Hal tersebut terlihat dari skillkit dan efek pasif yang ia miliki, menjadikan kedua karakter ini serupa tapi tak sama. Pada akhirnya, Andalah yang menentukan, tim mana yang lebih membutuhkan damage reduction, interruption resistance, dan healing dari Xingqiu, atau bonus damage dari Yelan.

Itulah tadi build Yelan Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!