9 February 2022

by Daniel Hamiaz

Build Ganyu Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

Ganyu merupakan salah satu karakter terkuat di Genshin Impact, yang memiliki skillset komplet dengan damage tinggi dan konsisten.

Saat pertama kali dirilis, Ganyu sempat dianggap sebelah mata, karena memiliki skillset yang mirip dengan Amber. Namun seiring berjalannya waktu, Ganyu mulai disebut sebagai salah satu karakter DPS terkuat di Genshin Impact. Kenapa?

Overview

Ganyu merupakan karakter bintang 5 elemen Cryo yang bersenjatakan bow. Ia merupakan karakter main DPS, dan umumnya dimainkan dengan dua jenis playstyle yang berbeda. Ia juga bisa dimainkan sebagai karakter sub DPS. Playstyle ini akan bergantung dengan komposisi tim dan musuh yang dihadapi. Kedua playstyle tersebut adalah Reverse Melt (atau disingkat Melt) dan Freeze.

Ganyu memiliki dua level Charged Attack, yang dapat digunakan setelah beberapa detik menahan busur panah. Saat menembakkan anak panah level kedua, anak panah tersebut akan meledak, dan memberikan damage area kepada musuh. Mekanik ini mirip dengan Charged Attack milik Yoimiya, atau bisa dikatakan Ganyu-lah yang menjadi salah satu acuan dari desain gameplay Yoimiya, walaupun dengan efek yang jauh berbeda.

Charged Attack Ganyu memiliki multiplier yang sangat tinggi. Maka dari itu, Charged Attack-nya merupakan unsur krusial, untuk komposisi Melt Team. Kemampuan pemain untuk membidik musuh secara akurat, juga akan mempengaruhi performa Ganyu. Untuk rotasi tim ini, dapat dilihat pada bagian tips.

Elemental Skill-nya akan mengeluarkan sebuah bunga, yang akan memberikan efek taunt terhadap musuh sekitar. Ganyu sendiri akan berpindah tempat ke belakang, saat mengaktifkan skill ini.

Elemental Burst-nya akan menurunkan hujan es, yang akan melingkupi area sekitar. Musuh yang berada pada radius Elemental Burst ini, akan dijatuhi bongkahan es, sampai durasi Elemental Burst habis.

Burst Ganyu inilah yang membuatnya sangat kuat pada Freeze Team, karena cakupannya yang luas, damage yang konsisten, dengan uptime 100%. Untuk rotasi tim ini, dapat Anda lihat pada bagian tips di bawah.

sumber: Genshin Impact

Melt atau Freeze?

Untuk menguasai keduanya, pemain harus terlebih dahulu mengetahui karakteristik dari kedua playstyle ini.

Reverse Melt Ganyu

Kekuatan: Damage single-target yang sangat tinggi, artefak yang lebih mudah dikumpulkan, karena lebih mementingkan substat daripada set bonus.

Kelemahan: Membutuhkan aiming skill dari pemain, rentan stager jika tidak memiliki karakter shielder.

Pemakaian: Saat melawan boss yang memiliki HP tinggi dan tidak banyak bergerak.

Freeze Ganyu

Kekuatan: Damage konsisten, cocok saat menghadapi beberapa musuh sekaligus.

Kelemahan: Damage yang dihasilkan lebih rendah dari Melt Team, tidak cocok saat digunakan melawan boss, membutuhkan karakter Hydro seperti Mona atau Kokomi.

Pemakaian: Saat melawan musuh yang dapat dibekukan atau musuh dalam jumlah banyak.

Prioritas talenta:

Melt: Normal Attack > Elemental Burst > Elemental Skill.

Freeze: Elemental Burst > Normal Attack > Elemental Skill.

Artefak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Ganyu memiliki 2 playstyle yang berbeda. Untuk Ganyu Melt, pemain bisa menggunakan antara 4 Wanderer's Troupe, 4 Shimenawa Reminiscence, atau kombinasi antara keduanya. Untuk playstyle ini, lebih diutamakan substat yang bagus, daripada memaksakan set bonus-nya.

Untuk Ganyu Freeze, pemain dapat menggunakan 4 Blizzard Strayer. Penggunaan artefak ini akan menyebabkan Crit Rate Ganyu akan naik secara signfiikan, sehingga Crit rate yang Ganyu butuhkan untuk bermain freeze, hanya sekitar 30% saja. Selebihnya anda bisa cari substat seperti Crit DMG atau ATK.

Jika Anda memainkan Ganyu sebagai support atau sub DPS saja, Anda bisa menggunakan 4 Noblesse Oblige.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK% atau EM.
  • Goblet: Cryo DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > Elemental Mastery (khusus Melt) > ER%.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Senjata terbaik Ganyu adalah Amos Bow. Senjata ini memberikan stat ATK yang sangat tinggi. Efek pasif senjata ini juga akan meningkatkan damage untuk Normal dan Charged Attack, serta memberikan tambahan damage lagi berdasarkan jarak antara karakter aktif dan musuh yang diserang.

Selain itu, Amos Bow memiliki interaksi yang unik dengan Charged Attack level kedua Ganyu. Bloom yang dihasilkan saat memakai senjata ini, akan selalu memiliki setidaknya 3 stack dari efek pasif Amos Bow, tanpa memandang jarak antara karakter dan musuh. Hal inilah yang menyebabkan Amos Bow menjadi senjata terbaik Ganyu.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai antara Thundering Pulse, Polar Star, Skyward Harp, atau Viridescent Hunt. Keempat senjata ini memiliki substat Crit Rate/DMG yang dapat membantu Ganyu menyeimbangkan critratio-nya.

Untuk senjata F2P terbaiknya dipegang oleh Prototype Starglitter. Senjata tempaan ini akan memberikan stat ATK yang banyak, mulai dari substat hingga efek pasifnya. Pada refinement 5, senjata ini mampu memberikan tambahan ATK hingga 72% saat mengenai weakspot.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai Hamayumi atau Blackcliff Warbow. Anda bisa menggunakan Favonius Warbow bila Anda menggunakan Ganyu sebagai sub DPS.

Komposisi Tim

Komposisi tim Melt yang paling sering digunakan adalah dengan memakai duet Xiangling dan Bennett. Xiangling akan memberikan status Pyro melalui Pyronado-nya, sedangkan Bennet akan menjadi healer sekaligus battery dari Xiangling. Untuk karakter keempat, disarankan untuk memakai karakter shielder seperti Zhongli atau Diona.

Tim yang paling terkenal di Genshin Impact adalah tim Morgana. Tim ini berisikan Ganyu, Mona, Venti, dan Diona sebagai komposisi tim yang paling optimal. Ujung tombak dari komposisi tim ini adalah perpaduan antara Elemental Burst Ganyu, Mona, dan Venti.

Sebagai alternatif Mona, Anda bisa menggunakan Kokomi dan untuk alternatif Venti, Anda bisa menggantinya dengan Kazuha atau Sucrose. Saat memakai Elemental Skill Kazuha, disarankan untuk tidak melakukan Plunge Attack, karena akan menyebabkan efek Shatter yang akan membebaskan musuh yang membeku.

Sebagai catatan, jika Anda memakai alternatif dari Mona dan Venti, maka damage yang dihasilkan dari tim Anda tidak akan setinggi tim original Morgana.

Semenjak Shenhe diperkenalkan, komposisi Mono Cryo dapat menjadi salah satu alternatif cara bermain yang lebih fresh. Tim ini akan menghasilkan damage area yang konsisten, dan akan memberikan debuff Cryo kepada musuh. Bahkan di tim ini, Anda bisa menggunakan Ayaka dan Ganyu di satu tim. Kelemahan dari tim ini adalah tim ini tidak cocok saat menghadapi musuh dengan mobilitas tinggi.

Tips Ganyu Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

  1. Saat melakukan Charged Attack, pemain akan cenderung terlalu fokus pada target yang akan dibidik, dan mengabaikan keadaan sekitar. Karena Ganyu membutuhkan beberapa saat untuk mendapatkan Charged Attack level 2, maka serangan-serangan yang membuatnya terpental, akan menyebabkan damage loss. Hal ini merupakan salah satu kelemahan dari menggunakan Ganyu.

Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan 2 cara, yaitu dengan menguasai teknik dodge (memanfaatkan invincibility frame dengan menghindar), atau menggunakan karakter shielder. Damage loss merupakan hal yang perlu dihindari pemain, terlebih lagi saat melakukan Spiral Abyss.

2.Untuk rotasi tim Melt, Anda dapat menyimak video di bawah ini:

  1. Untuk rotasi tim Morgana, Anda dapat menyimak video berikut ini:

Penutup

Ganyu memang merupakan salah satu karakter DPS terkuat di Genshin Impact, namun hal tersebut perlu dibarengi dengan beberapa faktor. Dengan mengetahui kelebihan & kekurangan, serta menguasai cara bermainnya, Ganyu dapat dipastikan mampu untuk menghadapi segala jenis tantangan.

Namun perlu diingat juga, bahwa aiming menjadi salah satu faktor kunci bermain Ganyu. Hal ini juga dapat dipengaruhi saat bermain Ganyu di Smartphone, yang otomatis meningkatkan tingkat kesulitan untuk membidik dengan tepat.