4 June 2022

by Galih

Street Fighter 6 Akhirnya Tampilkan Gameplay Penuhnya dengan Eksplorasi dan Kontrol Mudah

Capcom memberikan penyegaran total untuk game fighting terbarunya ini.

Setelah mengkonfirmasi kehadirannya pada awal tahun ini, Capcom akhirnya menunjukkan lebih banyak informasi untuk Street Fighter 6. Melalui perhelatan State of Play milik Sony yang baru saja dilaksanakan, Capcom langsung totalitas memamerkan berbagai hal baru dari game fighting andalannya tersebut.

Melalui trailer barunya, Capcom menunjukkan bagaimana mereka kini mendefiniskan ulang game-nya dari berbagai aspek. Yang pertama terlihat adalah dari konsep utamanya yang mengembalikan game-nya ke "pertarungan jalanan" melalui mode baru bernama 'World Tour'.

Dalam mode pengalaman cerita permainan solo ini pemain akan memainkan salah satu inovasi terbaru dan mungkin yang terbesar dalam sejarah Street Fighter yaitu hadirnya sebuah dunia terbuka yang bisa dijelajahi oleh pemain.

Tidak dijelaskan apakah pemain nantinya akan dapat membuat karakternya sendiri atau akan menggunakan petarung misterius seperti yang ditampilkan. Namun pemain sepertinya akan dibebaskan berpetualang di dalam "Metro City".

Pemain diperlihatkan dapat menjelajahi kota bahkan hingga ke bagian atap gedung-gedung yang ada. Pemain juga dapat berinteraksi dengan NPC yang ada di dalam kota. Bahkan beberapa NPC kelihatannya dapat diajak untuk bertarung.

Street Fighter 6 juga tentu akan membawa kembali karakter-karakter ikoniknya, seperti Ryu yang kini memiliki brewok. Chun-Li yang kini dirombak modelnya, hingga ke beberapa karakter baru seperti Jamie dan juga Luke yang sebenarnya telah muncul sebagai DLC dari Street Fighter 5.

Image Credit: Capcom

Mode kedua yang akan dimiliki dalam game ini adalah 'Fighting Ground', seperti namanya akan menjadi pengalaman arena pertarungan klasik. Mode ini juga akan membawa berbagai pilihan pertarungan yang ada di seri-seri sebelumnya.

Sedangkan yang ketiga adalah "Battle Hub" yang menjadi mode paling misterius karena Capcom hanya menampilkannya sekilas saja dalam trailer-nya. Namun sepertinya mode ini akan menjadi area sosial untuk pemain dapat berkomunikasi secara nyaman.

Secara keseluruhan, Capcom bisa dibilang telah melakukan branding ulang terhadap gamefighting-nya ini baik untuk tampilan maupun gameplay-nya. Karena bisa dilihat Street Fighter 6 kini tampil lebih estetis dan juga berwarna untuk membawa kesan yang lebih segar.

Image Credit: Capcom

Selain itu, mekanisme pertarungan juga akan diperbarui dalam Street Fighter 6 ini. Seperti yang dituliskan dalam PlayStation Blog, sistem kontrol dalam game ini nantinya akan memiliki opsi kontrol Modern yang akan menyederhanakan kombo dalam game-nya. Sehingga para pemain baru dapat mengeksekusi gerakan-gerakan spesial dengan lebih mudah.

Sayangnya, Capcom belum mengumumkan kapan tanggal rilis pasti untuk Street Fighter 6 ini. Namun dituliskan bahwa game ini akan tiba pada 2023 mendatang untuk PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox Series X, dan juga PC via Steam.

Bagi Anda yang sedang mencari game fighting, Anda bisa membaca artikel rekomendasi kami 15 Game Fighting Terbaik 2022  yang Patut Dicoba di 2022.