23 March 2022

by Daniel Hamiaz

Build Venti Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Wouldn't gliding be faster?" - Venti

Masih penasaran bagaimana memaksimalkan Venti? Inilah build Venti Genshin Impact Terbaik yang bisa Anda pelajari.

Sebagai Archon pertama yang ditemui pemain, Venti sempat menjadi karakter terkuat di Genshin Impact. Namun seiring berjalannya waktu, Genshin Impact memperkenalkan berbagai musuh baru, yang sulit dihadapi Venti. Tren Spiral Abyss pun semakin menjauhkan diri dari cengkraman Venti. Dengan demikian, apakah Venti masih relevan?

Overview

Venti adalah karakter B5 berelemen Anemo yang bersenjatakan bow. Ia merupakan karakter yang berperan sebagai crowd-control (CC). Ia mampu menghisap musuh sekitar melalui Elemental Burst-nya.

Elemental Skill Venti yaitu Skyward Sonnet, memiliki 2 versi. Saat ditekan, Venti akan melontarkan musuh (atau hanya memberikan damage saja kepada musuh tipe berat) dan memberikan damage Anemo. Saat ditahan, Venti akan memanggil angin di sekitarnya, lalu mengangkat dirinya dan melontarkan musuh di sekitarnya.

Dengan talenta pasif Embrace of Winds, setelah Skill ditahan, Venti akan meninggalkan angin, yang dapat dimanfaatkan untuk terbang oleh karakter aktif.

Burst Venti, Wind's Grand Ode, akan memanggil angin badai, yang akan menghisap musuh sekitar. Musuh yang ada di radius Burst ini, akan menerima damage Anemo.

Melalui talenta Stormeye, saat Burst Venti ter-infused dengan sebuah elemen, maka Venti dan anggota tim yang memiliki elemen serupa, akan mendapatkan 15 energi setelah durasi Burst berakhir. Elemental Burst-nya hanya bisa terinfusi dengan 1 elemen saja.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Build Venti Genshin Impact Terbaik

Artefak

Karena Venti merupakan karakter Anemo, maka Artefak terbaiknya adalah Viridescent Venerer. Artefak ini akan memberikan utility yang sangat berguna  untuk memaksimalkan damage pemain. Jika Anda belum menyentuh AR 45, Anda bisa menggunakan Instructor sebagai alternatif.

Elemental Mastery atau Crit?

Build Venti dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu build Crit dan build EM. Kedua build ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk build murah namun kuat, Anda bisa memakai build EM. Sedangkan jika menginginkan damage ceiling yang lebih tinggi lagi, Anda bisa menggunakan build Crit, yang tentu memerlukan stat dan ratio Crit yang bagus.

Untuk build EM, Anda hanya perlu mencari Sands/Goblet/Circlet Viridescent Venerer dengan main stat Elemental Mastery. Walaupun terdengar sederhana, main stat EM memiliki drop rate yang cukup rendah. Build EM juga tidak memerlukan level talenta yang tinggi, karena damage yang dihasilkan berasal dari reaksi swirl.

Energy Recharge yang dibutuhkan: 140-160%

Untuk build Crit, Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Anemo DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > Energy Recharge% >Elemental Mastery.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Saat versi 1.4, Venti mendapatkan rerun bersama sebuah bow yang bernama Elegy for the End. Senjata ini merupakan senjata terbaik Venti, karena akan memberikan ER dan EM untuk Venti, serta akan memberikan EM dan ATK% untuk satu anggota tim. Senjata ini cocok untuk build EM maupun Crit.

Skyward Harp merupakan senjata alternatif yang cocok buat Venti. Senjata ini bisa memberikan Crit Rate dan DMG sekaligus untuk Venti. The Viridescent Hunt juga bisa dijadikan alternatif, karena memiliki sub stat Crit Rate, namun efek pasifnya tidak terlalu berguna untuk Venti. Kedua senjata ini lebih cocok untuk Venti dengan build Crit.

Stringless merupakan salah satu senjata terbaik Venti. Semakin tinggi refinement-nya, maka semakin kuat pula senjata ini. Senjata ini cocok dipakai untuk build EM maupun Crit.

Untuk senjata alternatifnya, Anda bisa memakai antara Windblume Ode, Favonius Warbow, Sacrificial Bow, atau Raven Bow. Saat memakai Windblume Ode, pastikan untuk memakai Elemental Skill sebelum Burstnya, untuk mendapat boost ATK dari efek pasifnya.

Favonius Warbow dan Sacrificial Bow dapat menjadi alternatif, jika Anda membutuhkan Energy Recharge lebih banyak. Raven Bow bisa Anda gunakan, jika Anda benar-benar tidak memiliki senjata yang telah disebutkan di atas.

Komposisi Tim

Sebagai karakter crowd-control, Venti bisa dipakai di berbagai tim, selama musuh yang dihadapi dapat terpengaruh oleh Elemental Burst-nya.

Salah satu tim terkuat di Genshin Impact, yaitu Morgana, memiliki Venti sebagai salah satu anggotanya. Venti merupakan karakter vital di tim ini, karena mampu menghasilkan damage Anemo dan reaksi swirl secara konstan dengan jangkauan yang luas, Selain itu Venti juga akan memberikan refund energi kepada tim, dan mengumpulkan musuh ke satu titik.

Alternatif tim ini bisa memakai Ayaka sebagai pengganti Ganyu, Kokomi sebagai pengganti Mona, dan Rosaria atau Shenhe jika tidak membutuhkan shield dan heal dari Diona. Usahakan untuk tidak membawa Kokomi dan Diona di satu tim, karena damage yang dihasilkan akan relatif lebih rendah.

Tips Venti Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Burst Venti memiliki sistem targeting yang cukup tricky. Saat diaktifkan, Venti akan mengarahkan busurnya ke arah musuh yang terdekat. Karena Burst ini memiliki jarak beberapa langkah di depan Venti, maka terdapat kemungkinan hisapan angin ini akan terpanggil di dalam atau menempel tembok.

Untuk mengakali hal ini, Anda cukup mendekati atau mungkin melingkari musuh, untuk bisa mengira-ngira, di mana nantinya letak Burst ini berada. Pastikan untuk mengaktifkan Elemental Skill dulu sebelum Burst, untuk mendapatkan partikel energi ekstra.

2. Lebih baik mana, Venti dengan 4pc Viridescent Venerer namun tanpa main stat EM atau Venti dengan main stat EM, namun tanpa set bonus Viridescent Venerer? Jawabannya adalah lebih baik memakai 4 VV tanpa EM main stat. Karena tanpa adanya efek set bonus dari artefak tersebut, pemain tidak bisa mengakses elemental shred, yang bisa dinikmati oleh anggota tim lain.

  1. Level Venti disarankan untuk dinaikkan setinggi-tingginya. Hal ini karena damage swirl yang menggunakan Level sebagai salah satu faktor penghitungan. Selain itu, untuk mengangkat musuh ke dalam "Black Hole"-nya, ada 2 faktor yang akan diperhitungkan, yaitu Level Venti dan berat dari musuh.

Untuk berat musuh, musuh-musuh kecil seperti Slime dan Hillichurl akan dengan mudah terhisap ke dalamnya. Untuk ukuran musuh yang berat, memang mereka tidak akan terhisap masuk ke tengah badai Venti, namun mereka secara perlahan akan tertarik saja ke arah badai tersebut. Contoh musuh jenis ini adalah Ruin Guard, Abyss Lector/Herald, Kairagi, Geovishap, dlsb. Untuk musuh jenis Boss tidak akan terhisap maupun tertarik sama sekali ke dalam Burst Venti ini.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Walaupun kini pemakaian Venti menurun drastis sejak Inazuma diperkenalkan, namun bukan berarti Archon Anemo ini melemah. Hingga versi 2.6 atau bahkan di masa mendatang, HoYoverse nampaknya akan sukar mendesain karakter dengan CC seperti Venti, terutama dengan power level-nya yang tanpa gimmick tertentu.

Bahkan HoYoverse perlu mendesain Spiral Abyss sedemikian rupa, agar Venti tidak mendominasi di dalamnya. Dengan menurunnya popularitas Venti, maka HoYoverse bisa dengan lebih leluasa untuk memasarkan karakter-karakter mereka.

Selain Spiral Abyss, jangan lupa bahwa Venti dapat membantu pemain dalam hal eksplorasi. Ia mampu menyapu bersih monster-monster yang berada di overworld. Ia juga bisa menciptakan angin yang dapat mengangkat pemain, serta mengurangi penggunaan stamina saat sedang terbang.

Itulah tadi build Venti Genshin Impact terbaik yang bisa Anda gunakan. Selamat mencoba!

sumber header: HoYoverse