10 September 2015

by Bambang Winarso

Update Twitter untuk iOS Hadirkan Pengalaman iPhone di iPad

Jejaring sosial terbesar kedua, Twitter baru saja mengumumkan perubahan besar pada aplikasi untuk iPhone dan iPad. Twitter tidak lagi memperlakukan keduanya sebagai individu yang berbeda, melainkan sebagai satu aplikasi yang dapat bekerja untuk kedua perangkat.

Keuntungannya kini pengguna dari iPhone maupun iPad akan memperoleh pengalaman dan fitur yang sama. Tidak ada lagi fitur yang membedakan kedua platform sebagaimana dijelaskan oleh Twitter melalui blogpost resminya.

“Pada akhirnya tidak ada lagi Twitter untuk iPhone dan Twitter untuk iPad, yang ada hanya Twitter untuk iOS dan aplikasi telah dibuat agar menampilkan interface yang optimal untuk konteks yang berbeda. Kebebasan ini akan membantu kami untuk membuat Twitter makin nyaman bagi siapapun, tak peduli perangkat apa yang digunakan.”

Di blog-nya juga dikatakan pengguna iPad-lah yang akan paling merasakan perubahan di aplikasi versi ini. Pemilik iPad kini juga dapat membuat dan melihat kutipan tweet, menjelajah trendingtopic, mengunjungi halaman produk dan tempat dan menikmati berbagai fitur yang sebelumnya hanya ada di iPhone.

Info Menarik:Dengan Extension Chrome Ini, Anda Bisa Menonton Video YouTube Tanpa Meninggalkan Twitter

Kemampuan baru di aplikasi ini dikatakan oleh Twitter menggunakan framework Adaptive UI berdasarkan beberapa karakteristik, namun dengan pengembangan kode yang berbeda. Masing-masing aplikasi tersebut tetap akan terikat di satu platform.

Berpatokan pada beberapa karakteristik, yaitu “devicetype, orientation, canvas, sizeclass dan typography, aplikasi baru ini mampu secara otomatis mengatur sendiri ukuran layar saat pengguna mengakses layar iPad mini atau iPad tanpa meninggalkan satupun fitur.

Penambahan lainnya adalah kemampuan aplikasi untuk mendukung fitur multi-tasking di platformiOS 9.

Kedatangannya pun sengaja dirancang untuk menyambut tablet baru dari Apple, iPad Pro yang punya layar super lebar.