13 June 2022

by Daniel Hamiaz

Telegram Premium Dipastikan Rilis Juni ini dengan Harga Rp73 ribu

Layanan Premium akan memberikan pengguna akese ke stiker baru, batas unggah file yang ditambah, serta berbagai fitur lainnya.

Telegram baru saja mengumumkan akan mengeluarkan sebuah layanan berbayar, yang disebut Telegram Premium. Hal ini cukup menarik, mengingat layanan perpesanan berbasis aplikasi ini dikenal karena layanan mereka yang gratis dengan jaminan privasi yang baik.

Pengumuman ini disampaikan langung oleh Pavel Durov selaku pendiri dan CEO Telegram. Tidak perlu khawatir, fitur berbayar ini tidak akan mempengaruhi layanan gratis telegram yang biasa digunakan pengguna sama sekali. Pengguna yang membeli fitur Premium, akan memiliki akses:

  1. Reaksi, stiker, emoticon yang baru,
  2. Dapat mengunggah file dengan ukuran yang lebih besar.
  3. Fitur speech-to-text.
  4. Kustomisasi berupa animasi Avatar, Profile Badge, dan Ikon Aplikasi.
  5. Bebas Iklan pada Open Channel.
  6. Kustomisasi nada notifikasi.
  7. Fitur penghapusan obrolan otomatis, yang waktu penghapusannya ditentukan oleh pengguna.
  8. dan berbagai fitur lainnya.

Telegram Premium rencananya bakal dihargai sekitar USD5 atau sekitar Rp73 ribu.

Pavel Durov. pendiri Telegram.

Pendiri Telegram, Pavel Durov mengungkapkan bahwa fitur ini akan diluncurkan paling lambat di akhir Juni ini. Ia yakin bahwa Telegram sudah seharusnya hidup dan didanai oleh para penggunanya dan bukan dari para pengiklan.

Selain itu, ia mengisyaratkan bahwa akan banyak fitur gratis baru yang akan dihadirkan di Telegram, walaupun belum jelas seperti apa fitur yang dimaksud.

Layanan Premium ini tampaknya menunjukkan usaha tim pengembang Telegram untuk mencari asupan dana lain, karena penerapan iklan di platform mereka saat ini yang dirasa kurang. Durov mengutip, bahwa untuk mengatasi biaya server dan traffic yang mulai "tidak terbendung", dibutuhkan cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan mengenakan biaya untuk "meningkatkan pembatasan mereka saat ini."

"Telegram Premium memungkinkan siapa pun untuk memperoleh fitur, kecepatan, dan sumber daya tambahan. Ini juga akan memungkinkan pengguna untuk mendukung Telegram dan bergabung dengan klub yang menerima fitur baru terlebih dahulu," ucap Durov, yang dikutip dari GSM Arena.

Walaupun berbayar, Telegram Premium dapat dinikmati oleh pengguna yang tidak berlangganan secara tidak langsung, seperti melihat dan mendapatkan dokumen dengan ukuran besar, melihat sticker pengguna fitur Premium, hingga menggunakan reaksi Premium yang telah disematkan terlebih dahulu oleh pengguna Premium.