Esports Ecosystem

Turnamen Dunia Free Fire Jadi Salah Satu Turnamen Terpopuler Sepanjang 2019

15 Jan 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Turnamen dunia Free Fire memiliki jumlah rata-rata penonton paling banyak

Tahun lalu, semakin banyak perusahaan non-endemik yang tertarik untuk menjadi sponsor esports, baik turnamen esports maupun organisasi esports. Salah satu alasannya adalah karena jumlah penonton esports yang terus naik. Esports Insider bekerja sama dengan Esports Charts untuk melacak data penonton turnamen esports. Laporan terbaru mereka membahas tentang turnamen esports yang paling banyak ditonton sepanjan tahun 2019.

Ada tiga tolok ukur yang digunakan dalam laporan ini, yaitu total jam turnamen ditonton, jumlah rata-rata penonton, dan jumlah penonton pada momen puncak. Satu hal yang harus diingat, data ini tidak menyertakan data penonton dari Tiongkok.

Total durasi turnamen ditonton
Berdasarkan total durasi turnamen ditonton, League of Legends World Championship (LWC) menjadi turnamen yang paling populer pada tahun lalu. Total durasi turnamen LWC ditonton mencapai 137 juta jam. Memang, format LWC dibuat sedemikian rupa sehingga penonton tertarik untuk menonton semua segmen turnamen, mulai dari babak kualifikasi, group stage, sampai babak final. Selain itu, turnamen ini juga berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan turnamen esports kebanyakan. LWC berlangsung selama hampir satu bulan dan diadakan di tiga kota di tiga negara, yaitu Berlin di Jerman, Madrid di Spanyol, dan Paris di Prancis.

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

The International 2019 (TI9) menjadi turnamen yang paling lama ditonton kedua setelah LWC. Meskipun begitu, dari segi total hadiah turnamen, TI9 masih menjadi turnamen esports dengan hadiah paling besar. Posisi ketiga dan keempat diisi oleh turnamen Counter-Strike: Global Offensive, yaitu IEM Katowice Major dan StarLadder Major Berlin. Keduanya memiliki total durasi ditonton selama 53 juta dan 45 juta jam. Sementara posisi kelima diisi oleh League of Legends Mid-Season Invitational dengan total jam ditonton 43 juta jam.

Jumlah rata-rata penonton
Menariknya, jika tolok ukur popularitas turnamen esports diubah menjadi jumlah rata-rata penonton, maka turnamen esports yang paling populer adalah Free Fire World Series Rio. Meskipun begitu, baik LWC maupun TI9 masih tetap masuk daftar lima besar. Jumlah rata-rata penonton LWC mencapai 1 juta sementara jumlah rata-rata TI9 mencapai 726 ribu orang. Setelah Free Fire World Series Rio, Fortnite World Cup menjadi turnamen dengan jumlah rata-rata penonton terbanyak kedua.

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

Peak viewership
Sementara dari segi peak viewership — jumlah penonton pada momen puncak — League of Legends World Championship kembali duduk di posisi pertama dengan 3,9 juta penonton. Peringkat kedua diisi oleh Fortnite World Cup dengan jumlah penonton 2,3 juta orang. Sementara Free Fire World Series Rio ada di peringkat ketiga dengan jumlah penonton terbanyak mencapai 2 juta orang. TI9 dan Mid-Season Invitational ada di peringkat ke-4 dan ke-5 dengan jumlah penonton mencapai 1,9 juta dan 1,7 juta.

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

Laporan dari Esports Insider dan Esports Charts ini menunjukkan bahwa popularitas sebuah turnamen esports memiliki tolok ukur yang berbeda-beda. Namun, dari semua tolok ukur yang ada, League of Legends World Championship jelas menjadi salah satu turnamen paling populer. Sementara itu, Dota 2 tampaknya sangat menggantungkan diri pada The International untuk menarik perhatian penonton. Turnamen Free Fire juga terbukti tak bisa diremehkan. Di Indonesia, Free Fire menjadi salah satu game esports populer.

Sumber header: ONE Esports