Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Trailer Game Mobile Terbaru Tencent Ketahuan Mencontek Final Fantasy 14

6 October 2021Adi Nawan

Perbandingan trailer keduanya menunjukkan kemiripan yang tidak terbantahkan.

Sebagai salah satu publisher game mobile terbesar di dunia, Tencent terus menambah portofolionya dengan merilis game-game baru. Salah satu game baru mereka yang kini tiba-tiba ramai diperbincangkan adalah Doula Continent: Soul Master Duel. Bukan karena game-nya menarik tetapi karena trailer game-nya disebut-sebut meniru trailer dari Final Fantasy XIV.

Klaim tersebut dibuktikan melalui video komparasi yang awalnya diunggah oleh akun Youtube UWU Uwu pada 2 Oktober 2021 lalu. Dalam video berdurasi 58 detik tersebut diperlihatkan bagaimana trailer dari Douluo Continent meniru adegan-adegan dari trailer Final Fantasy IV Shadowbringrs hingga ke detail frame per frame-nya.

Anda dapat melihat video perbandingannya di bawah ini:

Terlepas dari desain karakter, pewarnaan, dan juga latarnya, trailer dari Douluo Continent sangat jelas mengambil terlalu banyak “inspirasi” dari trailerFinal Fantasy XIV yang notabene telah dirilis dua tahun yang lalu. Mulai dari aksi yang terjadi hingga sudut pengambilan kamera dari trailer tersebut dibuat sama persis dalam trailer Douluo Continent.

Sayangnya kami tidak dapat menemukan sumber yang menunjukkan kapan trailer dari Doula Continent: Soul Master Duel tersebut diunggah. Namun kemungkinan besar trailer tersebut baru dirilis pada tahun ini karena beberapa video iklan lain dari game ini juga dirilis dalam kurun waktu beberapa bulan yang lalu.

Doula Continent: Soul Master Duel merupakan game adaptasi dari serial Douluo Dalu / Soul Land, salah satu donghua (animasi asal Tiongkok) populer yang dirilis pada 2018 lalu. IP Douluo Dalu ini dimiliki oleh Tencent dan karena kepopulerannya animasi ini akhirnya diadaptasi ke dalam berbagai medium lain seperti video game hingga film layar lebar.

Beberapa persamaan adegan antara trailer Doula Continent (kiri) dan Final Fantasy XIV Shadowbringer (kanan). Sumber: Youtube UWU Uwu

Game Doula Continent: Soul Master Duel ini kini hanya tersedia di Taptap dalam Bahasa Tiongkok saja. Game-nya sendiri kelihatannya tidak terpengaruh oleh kasus trailer ini karena game-nya masih mendapatkan rating yang cukup tinggi yaitu 8,1 hingga berita ini diangkat.

Di sisi lain, Square Enix sebagai publisher dari Final Fantasy XIV masih belum memberikan respon apapun terhadap kasus ini. Namun banyak fans di media sosial yang yakin bahwa Square Enix nantinya akan mengirimkan pengacara mereka untuk menuntut Tencent terkait plagiarisme trailer tersebut.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV