Dark
Light

Dukung Kemajuan AdTech dan Martech Indonesia, Telkomsel Adakan Digihackaction

by
2 mins read
July 12, 2021
Dukung Kemajuan AdTech dan Martech Indonesia, Telkomsel Adakan Digihackaction
Dukung Kemajuan AdTech dan Martech Indonesia, Telkomsel Adakan Digihackaction

Era digital telah merevolusi cara masyarakat luas dalam mengonsumsi konten. Cara konvensional yang kian ditinggalkan kini beralih ke konten digital. Revolusi itu mau tak mau juga ikut “memaksa” industri periklanan yang hidup di dalam ekosistem media konten untuk ikut berevolusi.

Sebagai contoh, dekade lalu, media iklan masih didominasi oleh media konvensional seperti televisi, radio, media cetak, dan lain sebagainya. Namun di era ini semua berubah. Platform digital secara pesat mendominasi sebagai medium periklanan yang relevan dengan era internet. Nama-nama besar dari platform sosial media dan medium digital lainnya menciptakan pola (tren) baru dalam dunia periklanan yang disebut dengan AdTech (Advertising Technology).

Secara singkat, AdTech merupakan teknologi periklanan yang memanfaatkan rekayasa perangkat lunak dan keras, untuk membantu para entitas periklanan maupun brand dalam menargetkan, mendistribusikan, sekaligus menganalisis upaya komunikasi dan promosi secara terukur dan tepat sasaran.

Dalam pengaplikasiannya AdTech menyuguhkan teknologi yang transparan dan disuguhkan secara real-time dengan teknologi analytics yang mumpuni. Teknologi tersebut yang nantinya akan menjadi indikator kunci dalam pemanfaatan AdTech. Adapun beberapa contoh platform digital advertising technology seperti SmartyAds, TubeMogul, Simpli.fi, MediaMath,  TADEX (Tanah Air Digital Exchange), dan PubMatic.

Perkembangan Digital Advertising

Di Indonesia sendiri digital advertising muncul sebagai tren positif dalam dunia bisnis, terlebih pada bisnis yang berbasis pada teknologi. Hal ini dibuktikan dengan besarnya anggaran pemasangan iklan digital yang ada di Indonesia, menurut catatan yang dibuat oleh Pubmatic yang berjudul “2019 Global Digital Ad Trends Report” dijelaskan bahwa anggaran Indonesia untuk pemasangan adalah sebesar US$2,6 miliar.

Tentunya yang menjadi faktor utama mengapa iklan digital begitu diminati adalah tingginya penggunaan internet di negara tersebut, menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) negara Indonesia mengalami kenaikan pengguna internet secara signifikan sejak tahun 2019. Tentunya hal ini dapat dilihat sebagai peluang yang menguntungkan bagi perusahaan yang bergerak pada platform digital. 

Tidak mungkin ada solusi jika tidak masalah, salah satu problematika yang sering dialami oleh brand dan perusahaan besar saat ini adalah kesulitan dalam mengolah aset iklan yang mereka miliki.

Solusinya adalah dengan mulai banyak bermunculan perusahaan-perusahaan startup yang menyediakan jasa advertisement technology ini, harapannya adalah dapat membantu memaksimalkan seluruh kegiatan bisnis dari berbagai kelas.

Salah satu inovasi terbaru terkait advertisement technology kini dihadirkan oleh Telkomsel yang bekerja sama dengan DailySocial.id dengan mengadakan Hackathon bertajuk Digihackaction 2021.

Kegiatan hackathon Adtech dan Martech (marketing technology) pertama di Indonesia ini merupakan sebuah terobosan yang dilakukan secara kolaborasi oleh Telkomsel DigiAds dengan Tinc dan DailySocial.id. Acara ini bertujuan untuk mempermudah bisnis, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan inovasi dan solusi dalam bidang AdTech dan Martech. Sekaligus memberdayakan dan membuka kesempatan bagi para inovator yang ingin melanjutkan perjalanan mereka dalam bidang advertising innovation, serta membuat inovasi yang “customer centric” dalam menghadirkan inovasi periklanan yg bisa membantu industri and Indonesia.

Dukung Kemajuan AdTech dan Martech Indonesia, Telkomsel Adakan Digihackaction

Tidak hanya memberikan dampak langsung kepada Adtech dan Martech di Indonesia, melalui beragam ide kreatif yang dimiliki,  Anda berkesempatan untuk bisa menjadi anggota komunitas hingga menjadi partner dan bisa mengikuti program yang diselenggarakan oleh Telkomsel DigiAds dan Tinc. Termasuk menjadi bagian penting dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia bersama Telkomsel.

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia digital advertising dan marketing, bisa mendaftarkan ide atau inovasi Anda di Digihackaction 2021, tanpa biaya. Melalui kegiatan ini pula, bisnis Anda memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan koneksi bersama partner Telkomsel Digiads dan Tinc, hingga berkesempatan mendapatkan hadiah hingga Rp100juta. Kami tunggu inovasi terbaik Anda untuk perkembangan AdTech dan Martech Indonesia di Digihackaction 2021.

Previous Story

TED Bakal Hadirkan Konten Eksklusif di Clubhouse

Next Story

DS/innovate Rilis Laporan Singkat Tentang Esports

Latest from Blog

Don't Miss

DigiHackAction 2021 Resmi Mengumumkan Tiga Pemenang dengan Inovasi Terbaik di Bidang AdTech dan MarTech

DigiHackAction 2021 Resmi Mengumumkan Tiga Pemenang dengan Inovasi Terbaik di Bidang AdTech dan MarTech

Program hackathon yang digagas secara kolaboratif oleh Telkomsel DigiAds, TINC

Menantang Inovator dan Founder Bantu UMKM Memasarkan dan Mengiklankan Produknya Secara Efektif

Hadirnya layanan digital seperti online marketplace dan social media telah