Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Tawarkan Hadiah Rp744,5 Juta, VCO ProSIM Series Pasangkan Pembalap Pro dengan Sim Racer

10 September 2020Ellavie Ichlasa Amalia

VCO ProSIM Series akan mulai diadakan pada November 2020 sampai Februari 2021

Virtual Competition Organisation (VCO) akan menyelenggarakan turnamen balapan virtual bernama VCO ProSIM Series. Kompetisi yang akan memasangkan pembalap profesional dengan sim racer tersebut akan diadakan mulai November 2020 sampai Februari 2021.

Total hadiah yang ditawarkan mencapai US$50 ribu (sekitar Rp744,5 juta). Beberapa pembalap profesional yang sudah pasti akan ikut serta dalam VCO ProSIM Series antara lain pembalap Formula 1 Rubens Barrichello dan Timo Glock, serta pemenang Formula E, Antonio Felix da Costa.

“Saya merasa, ekosistem sim racing sangat menarik,” kata Timo Glock, Pro Ambassador dari VCO, menurut laporan The Race. “Selama karantina, saya melibatkan diri dalam sim racing. Saya bahkan mencoba untuk ikut serta dalam balapan virtual. Platform ini punya potensi besar. Banyak pembalap yang menyukai sim racing dan menghabiskan banyak waktu untuk beradu balap virtual.”

VCO Pro SIM Series
VCO Pro SIM Series akan menggunakan Dallara Formula 3 untuk Championship Race.

Glock menceritakan, dia menjadi sangat tertarik dengan sim racing setelah dia ikut serta dalam sebuah balapan virtual bersama Rubens Barrichello. Setelah itu, dia lalu bekerja sama dengan VCO. “Bersama, kami mendapatkan ide untuk membuat kompetisi campuran agar pembalap profesional dan sim racer sama-sama merasa puas,” ujarnya.

VCO ProSIM Series terdiri dari 8 pertandingan. Dalam masing-masing ronde, akan ada “Fun Race” yang hanya akan diikuti oleh para pembalap profesional. Lintasan serta mobil yang digunakan dalam balapan tersebut akan dirahasiakan dari para peserta. Setelah Fun Race, akan diadakan Championship Race. Semua peserta dalam balapan tersebut akan menggunakan mobil Dallara Formula 3. Dalam balapan ini, seorang pembalap profesional akan dipasangkan dengan seorang sim racer. Keduanya akan saling bergantian untuk beradu balap.

Untuk menentukan sim racer yang pantas ikut, VCO meminta bantuan Esports Racing Team Association (ERTA). ERTA akan menominasikan sejumlah sim racer untuk ikut dalam VCO ProSIM Series. Untuk mengisi slot sim racer yang tersisa, akan diadakan babak kualifikasi terbuka di kalangan komunitas iRacing pada akhir Oktober 2020.

Memang, di tengah pandemi, ekosistem balapan virtual berkembang pesat. Tidak heran, mengingat ada banyak balapan yang harus dibatalkan dan diganti dengan kompetisi esports, seperti Formula 1, Formula E, dan NASCAR.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV