Esports Ecosystem

eNASCAR iRacing Pro Invitational Series, Esports Sim Racing Alternatif Motorsport NASCAR

20 Mar 2020 | Akbar Priono
Selama pandemi COVID-19 dan larangan berkerumun yang diterapkan, esports Sim Racing eNASCAR iRacing Pro Invitational Series menjadi alternatif balap NASCAR.

Dengan isu kesehatan yang muncul karena penyebaran virus corona, mau tak mau beberapa negara jadi harus menerapkan larangan bepergian, dan larangan untuk berkerumun. Hal ini berdampak kepada banyaknya gelaran olahraga yang ditunda. Namun demikian, kini para pelaku bisnis olahraga mulai sadar bahwa esports bisa menjadi alternatif untuk mengisi kekosongan tersebut.

Sebelumnya ada balapan Formula 1, yang berubah menjadi balapan Sim Racing, sebagai pengganti dari Australian GP yang harusnya diselenggarakan 15 maret lalu. Seakan tak mau kalah, kini balapan NASCAR juga berubah format menjadi balapan Sim Racing, sebagai dampak larangan berkerumun yang diterapkan.

Sumber: Autoweek
Sumber: Autoweek

Untuk itu NASCAR bekerjasama dengan iRacing, salah satu platform balapan Sim Racing. Tetapi tidak seperti balapan Formula 1, kompetisi yang bertajuk eNASCAR iRacing Pro Invitational Series ini hanya diikuti oleh para pembalap motorsport NASCAR profesional saja. Para pembalap motorsport dari NASCAR Cup Series, NASCAR Xfinity Series, NASCAR Gander RV & Outoord Truck Series, dan beberapa sub bagian NASCAR lainnya akan melakukan balapan Sim Racing selama 90 menit.

Satu yang menarik adalah, kompetisi ini bahkan akan ditayangkan di televisi nasional Amerika Serikat yaitu FOX Sports. Mengutip dari laman resmi NASCAR, Brad Zager FOX Sports Executive Producer, EVP/Head of Production & Operation memberi sedikit komentarnya.

“Kompetisi ini menjadi kesempatan yang unik untuk memberikan balapan yang kompetitif nan menghibur kepada penonton kami, seiring kita bekerja sama untuk melewati periode berat ini. Dalam penyelenggaraan penayangan ini, kami sepenuhnya mengikuti protokol yang ada untuk menjaga keamanan lingkungan kerja dan kesehatan kru yang terlibat. Kami sangat menghargai hubungan kami dengan komunitas NASCAR dan sangat mengapresiasi semua usaha yang dilakukan demi membuat proyek ini menjadi nyata.” ucap Brad Zager.

Sebelumnya NASCAR juga sudah pernah menyelenggarakan turnamen esports yang bertajuk eNASCAR Heat Pro League. Namun tidak seperti kompetisi ini, eNASCAR Heat Pro League ketika itu mempertandingkan para pembalap terbaik dari dunia balap Sim Racing.

Balapan Sim Racing NASCAR ini akan diselenggarakan mulai 22 Maret 2020 mendatang. eNASCAR iRacing Pro Invitational Series ini tentu akan menjadi kompetisi yang menarik, melihat pembalap motorsport NASCAR legenda seperti Dale Earnhardt Jr. yang juga turut mengikuti balapan Sim Racing dengan menggunakan game iRacing.