5 April 2022

by Glenn Kaonang

Baru Berlangganan PC Game Pass? Berikut Rekomendasi Game untuk Memulai

Daftar game menarik yang wajib untuk dimainkan bagi Anda yang baru berlangganan PC Game Pass

Microsoft belum lama ini menghadirkan layanan game subscription-nya, PC Game Pass, ke Indonesia dan empat negara lain di kawasan Asia Tenggara. Meski status layanannya di sini baru sebatas preview, Microsoft rupanya sudah membebaskan para pelanggan untuk mengakses sebagian besar dari katalog PC Game Pass secara keseluruhan.

Bagi yang sudah mendaftar dan mulai berlangganan PC Game Pass, sebagian mungkin bakal bingung harus memulai dari mana. Pasalnya, jumlah game yang tersedia memang sangat banyak. Sejauh hitungan saya, saat ini total ada 388 game yang dapat dimainkan oleh pelanggan PC Game Pass di Indonesia.

Koleksinya memang belum selengkap yang tersedia di negara lain โ€” entah kenapa alasannya, saya tidak menemukan Back 4 Blood maupun Fallout 4 di katalog PC Game Pass Indonesia. Di luar itu, masih ada banyak game menarik yang menanti untuk dimainkan. Lebih penting lagi, semuanya dapat dinikmati hanya dengan membayar tarif bulanan yang amat terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan harga jual masing-masing game.

Kalau bingung harus memulai dari mana, berikut adalah rekomendasi game yang wajib dimainkan bagi Anda yang baru berlangganan PC Game Pass.

Rekomendasi game di PC Game Pass

1. Marvel's Guardian of the Galaxy

Sekitar enam bulan sejak diluncurkan, Marvel's Guardian of the Galaxy akhirnya resmi mendarat di katalog Game Pass pada bulan Maret lalu. Dalam game ini, pemain akan mengontrol Peter Quill, lengkap dengan semua persenjataan dan peralatan canggihnya. Seperti di filmnya, Peter di sini turut didampingi oleh rekan-rekan satu gengnya, dan relasi mereka satu sama lain merupakan salah satu highlight dari game ini di samping plot ceritanya yang mendalam.

Sebagai perbandingan, di Steam, harga Marvel's Guardian of the Galaxy masih cukup tinggi di angka Rp879.000.

2. Microsoft Flight Simulator

Microsoft Flight Simulator adalah game simulasi penerbangan terbaik yang ada saat ini. Berkat penggunaan teknologi cloud computing dan data cuaca yang diambil secara real-time, game ini mampu menyajikan tingkat realisme yang benar-benar memukau. Kalaupun Anda kurang suka dengan genre simulasi, game ini tetap layak dimainkan hanya demi menikmati keindahan pemandangan alam yang disajikannya.

Sebagai perbandingan, di Steam, Microsoft Flight Simulator versi standar dihargai Rp790.000.

3. Hitman Trilogy

Sesuai namanya, bundel Hitman Trilogy terdiri dari tiga game sekaligus: Hitman, Hitman 2, dan Hitman 3. Ketiganya dijamin bakal menyita banyak waktu Anda untuk bereksperimen dengan metode-metode pembunuhan yang amat bervariasi. Khusus Hitman 3, game ini baru saja mendapat update besar yang menghadirkan dukungan ray tracing dan mode permainan baru pada bulan Januari lalu.

Sebagai perbandingan, di Steam Hitman Trilogy dibanderol Rp1.154.500. Dari satu bundel ini saja pelanggan PC Game Pass sejatinya sudah bisa untung banyak.

4. Mass Effect Legendary Edition

Selain tarifnya yang terjangkau, salah satu nilai plus PC Game Pass adalah diikutsertakannya keanggotaan layanan EA Play. Ini berarti pelanggan juga dapat menikmati game-game keluaran EA tanpa biaya tambahan, termasuk halnya Mass Effect Legendary Edition. Dengan menggabungkan cerita epik dari trilogi orisinalnya dan pembaruan yang drastis dari sisi grafik maupun gameplay, Mass Effect Legendary Edition adalah game yang wajib dimainkan oleh siapapun yang mengaku menggemari genre RPG.

Sebagai perbandingan, di Steam Mass Effect Legendary Edition dijual seharga Rp659.000.

5. Nobody Saves the World

Di antara deretan game AAA yang dirilis pada bulan Januari lalu, ada satu game indie yang berhasil mencuri perhatian publik, yakni Nobody Saves the World. Game ini menceritakan kisah seorang pahlawan tak bernama yang mampu berubah-ubah menjadi 15 wujud yang berbeda, mulai dari seekor kuda sampai binaragawan, masing-masing dengan kemampuan uniknya tersendiri. Selain sendirian, game ini juga sangat seru dimainkan bersama seorang teman.

Sebagai perbandingan, di Steam Nobody Saves the World dibanderol seharga Rp119.999.

6. Outriders

Outriders adalah sebuah third-person shooter dengan elemen RPG yang kental. Dengan empat character class yang berbeda dan sederet loot yang tersedia, Outriders menawarkan eksperimentasi yang cukup ekstensif bagi para pencinta RPG. Plot ceritanya memang bukan yang terbaik, tapi setidaknya gameplay-nya cukup adiktif.

Sebagai perbandingan, di Steam Outriders dihargai Rp825.000. Kalau bukan karena ketersediaannya di katalog PC Game Pass, sangat kecil kemungkinan saya merekomendasikan game ini.

7. Weird West

Weird West merupakan sebuah action RPG yang sarat elemen immersive sim. Seperti halnya Dishonored dan Prey, Weird West membebaskan pemain untuk menyelesaikan misi dengan berbagai macam cara. Game ini pada dasarnya tidak mengenal istilah benar atau salah. Anda bebas bermain secara brutal, atau Anda juga bisa mengambil jalur pacifist dengan tidak membunuh seorang pun sampai game-nya tamat.

Weird West baru saja dirilis pada 31 Maret kemarin. Sebagai perbandingan, di Steam ia dibanderol Rp249.999.

8. Yakuza: Like a Dragon

Yakuza: Like a Dragon ibarat angin segar buat franchise game Yakuza yang sudah eksis sejak 2005. Pertama, ia menghadirkan protagonis baru bernama Ichiban Kasuga, seorang eks narapidana yang baru saja dilepas dari penjara setelah 18 tahun. Kedua, Yakuza: Like a Dragon juga menghadirkan sistem combat baru yang bersifat turn-based, bukan lagi model brawler seperti di game-game sebelumnya. Game ini cocok buat yang belum pernah memainkan game Yakuza sebelumnya.

Sebagai perbandingan, di Steam harga Yakuza: Like a Dragon masih cukup tinggi di angka Rp799.000.

9. Age of Empires IV

Age of Empires IV adalah game yang wajib dimainkan oleh penggemar genre RTS sekaligus yang suka dengan mata pelajaran sejarah. Kabar baiknya, Anda tidak harus menjadi veteran tiga game sebelumnya untuk bisa menguasai mekanisme-mekanisme dalam game ini. Di saat yang sama, para pemain lama Age of Empires pun tetap akan merasa tertantang berkat sejumlah perubahan yang diterapkan pada gameplay-nya.

Sebagai perbandingan, di Steam Age of Empires IV dijual seharga Rp249.000.

10. Tunic

Tunic merupakan game action-adventure dengan tampilan isometrik. Anda mungkin sudah bisa menebak dari penampilan karakternya, tapi yang pasti game ini banyak mengambil inspirasi dari Zelda, sekaligus meminjam beberapa elemen yang dipopulerkan oleh seri game Dark Souls. Tunic sepintas kelihatan simpel, akan tetapi ia menawarkan eksplorasi dan combat yang cukup menantang.

Tunic baru dirilis pada pertengahan Maret lalu. Sebagai perbandingan, di Steam ia dihargai Rp139.999.

11. Hades

Sebelum Hades, saya tidak pernah suka dengan kategori game roguelike yang menekankan pada mekanisme permadeath. Namun buat Hades, permadeath justru menjadi cara untuk menyajikan worldbuilding dan narasi yang sangat apik. Belum lagi ditambah gameplay-nya yang super-adiktif, yang memungkinkan kita untuk memadukan dan memadankan beragam skill, setiap sesi bermain di Hades akan selalu memberikan kejutan yang menarik buat pemain.

Sebagai perbandingan, di Steam Hades dijual seharga Rp119.999.

12. Forza Horizon 5

Berbeda dari seri Forza Motorsport yang lebih condong ke aspek simulasi, seri Forza Horizon pada dasarnya diciptakan untuk memberikan pengalaman balapan yang santai dan tanpa beban. Mengumpulkan ratusan mobil selagi menikmati keindahan dunia yang terinspirasi Meksiko merupakan highlight utama dari game ini. Sampai artikel ini ditulis, pengembangnya juga masih rutin menyajikan konten-konten baru setiap bulannya.

Sebagai perbandingan, di Steamย  versi standar Forza Horizon 5 ditawarkan seharga Rp699.000.

13. Halo: The Master Chief Collection

Halo adalah franchise game dengan sejarah panjang yang menarik. Untuk mendapatkan gambaran lengkapnya, Anda pada dasarnya cuma butuh satu bundel ini. Total ada enam game yang dihadirkan, mulai dari Halo: Combat Evolved Anniversary, Halo 2: Anniversary, Halo 3, Halo 3 ODST, Halo: Reach dan Halo 4. Kalau masih haus akan kisah Master Chief, Anda tentu juga bisa menggaet Halo 5: Guardians dan Halo Infinite, yang keduanya juga tersedia di katalog PC Game Pass.

Sebagai perbandingan, di Steam Halo: The Master Chief Collection dibanderol Rp169.999.

14. Scarlet Nexus

Scarlet Nexus ibarat seri game Tales yang telah diberi bumbu sci-fi ketimbang fantasi. Dalam game ini, pemain bisa memilih untuk menjalankan Yuito Sumeragi atau Kasane Randall, keduanya sama-sama merupakan pasukat elit dengan kemampuan telekinesis yang mematikan. Seiring berjalannya permainan, pemain akan menjumpai sejumlah companion yang dibekali kemampuan uniknya sendiri-sendiri.

Sebagai perbandingan, di Steam Scarlet Nexus saat ini masih berada di harga Rp549.000.

15. The Ascent

Apa jadinya kalau tema dark fantasy di Diablo kita ambil dan ganti dengan tema cyberpunk? The Ascent jawabannya. Menariknya, meski cuma mengandalkan tampilan kamera isometrik, The Ascent mampu menyuguhkan dunia masa depan yang tidak kalah mengagumkan dari yang CD Projekt Red buat di Cyberpunk 2077. Kalau Anda suka Diablo dan Cyberpunk, The Ascent semestinya bakal sangat menarik buat Anda.

Sebagai perbandingan, di Steam The Ascent dijual seharga Rp345.000.