ONIC Esports Juarai MPL Invitational 2022, Torehkan Gelar Kedua Berturut-turut

Kemenangan ONIC menambah rasa percaya diri tim menuju ajang M4 World Championship mendatang

ONIC Esports sukses menutup tahun 2022 dengan sangat baik dengan gelar juara MPL Invitational 2022. Hasil ini sangat memuaskan sekaligus membanggakan karena tim-tim Mobile Legends dari berbagai negara turut bertanding untuk menjadi pemenang.

Kemenangan ini menjadi lebih spesial apalagi ONIC Esports baru saja menjadi juara di turnamen MPL Indonesia Season 10. Dengan kemenangan ini, maka ONIC sudah mengumpulkan 2 gelar juara dalam rentang 2 bulan saja.

Sumber: ONE Esports

Format yang digunakan di turnamen MPL Invitational 2022 adalah single-elimination, yang berarti tim harus terus menang agar tidak tersingkir. Ada setidaknya 20 tim yang ikut serta, yaitu:

  1. ONIC Esports
  2. Bigetron Alpha
  3. Rebellion Zion
  4. Aura Fire
  5. EVOS Legends
  6. Geek Fam ID
  7. Alter Ego
  8. RRQ Sena
  9. Omega Esports
  10. Bren Esports
  11. ONIC PH
  12. Blacklist International
  13. RSG PH
  14. ECHO PH
  15. Orange Esports
  16. Todak
  17. Team HAQ
  18. Slate Esports
  19. RSG SG
  20. Burn x Team Flash

Benar, semua tim franchise di MPL Indonesia ikut serta dalam ajang tersebut, meski susunan pemainnya ditentukan oleh manajemen. Contohnya, RRQ Hoshi tidak ikut serta dan digantikan oleh RRQ Sena, tim akademi dari RRQ.

ONIC Esports Catatkan Gelar MPLI Kedua

Memang MPL Invitational merupakan turnamen yang diikuti oleh tim-tim dari franchise MPL di Asia Tenggara. Ada 4 negara dan 1 tim fase kualifikasi yang ikut, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

ONIC Esports dan Geek Fam ID merupakan dua tim yang sukses melaju hingga ke final. Langkah kedua tim sendiri tidak mudah, sebut saja ONIC yang harus mengalahkan Bren dan Todak untuk ke final.

Geek Fam ID justru lebih sulit karena harus menghadapi RRQ Sena, Orange Esports, RSG PH, dan sang juara dunia, yaitu Blacklist International. Kejutan memang datang dari tim Geek Fam ID mengingat posisinya di MPL ID Season 10 berada di posisi kedelapan. Meski begitu, Baloyskie dkk. bermain sangat baik di MPL Invitational 2022.

Sumber: ONE Esports

Pertandingan di laga final juga sangat sengit karena skor 3-2 dibutuhkan untuk menentukan sang juara, dan ONIC Esports tampil sebagai pemenang. ONIC Esports sendiri sempat dikalahkan di dua pertandingan pertama oleh Geek Fam ID, kejutan yang kembali dibuat oleh sang lawan.

Meski demikian, ONIC berhasil memutar balik keadaan dan menorehkan kemenangan lewat skor 3-2. Dari segi draft sendiri kedua tim menunjukkan pemilihan hero yang sangat bervariasi.

Lalu, SamoHT keluar sebagai MVP berkat permainan apiknya sebagai seorang Roamer. Bahkan, mantan pemain BOOM Esports tersebut sempat menggunakan Kadita, hero Mage di posisi Roamer pada pertandingan keempat.

Sumber: ONE Esports

Dengan hasil ini, ONIC Esports meraih trofi dan porsi hadiah terbesar dengan detail sebagai berikut:

Juara 1: ONIC Esports β€” $35.000 + Trofi MPL Invitational 2022

Runner-up: Geek Fam ID β€” $18.000

Posisi 3-4: RSG PH, Todak β€” $9.000

ONIC Esports juga menorehkan rekor positif dengan gelar MPL Invitational kedua dan berturut-turut setelah juara di tahun sebelumnya. Di laga final MPL Invitational 2021, Drian dkk. menang melawan Blacklist dengan skor 3-1.