Build Mona Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"This was ordained by fate. Long had I foreseen it!"- Astrologist Mona Megistus.

Mona Genshin Impact merupakan karakter yang memiliki skill yang terkesan sederhana, tapi dengan banyak trik dan rahasia di dalamnya. Ia sering dianggap hanya sebagai support untuk meningkatkan damage dengan angka yang fantastis. Namun sebenarnya, Mona memiliki fungsi lain lebih dari pada itu. Simak penjelasannya berikut ini.

Build Mona Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Mona

Mona merupakan karakter B5 Hydro dengan senjata catalyst. Ia biasa digunakan sebagai support, yang akan mengamplifikasi damage karakter lain. Di awal Genshin Impact, Mona seringkali terlihat di tim dalam sebuah video showcase, yang bisa menghasilkan damage hingga ratusan ribu dalam satu pukulan.

Tak heran mengapa Mona dianggap hanya sebagai "1-hit Wonder" di Genshin Impact, karena sedikit sejarah tersebut. Tak dapat disangkal juga, memang seluruh kekuatan Mona terletak pada Elemental Burst-nya.

Sebagai karakter Hydro, Mona memiliki value yang lebih tinggi dibandingkan dengan karakter support yang lain. Elemen Hydro kerap kali dibutuhkan di berbagai komposisi tim.

Mona di awal game, lebih tepatnya Genshin Impact sebelum versi 2.0, memiliki peringkat yang cukup tinggi. Sayangnya, hal ini bukanlah sepenuhnya karena kekuatan Mona, namun karena minimnya karakter Hydro yang ada di Genshin Impact. Dari puluhan karakter, hanya ada 5 saja karakter Hydro di kala itu. Seiring berjalannya waktu, pengganti Mona pun mulai berdatangan, seperti Kokomi, Ayato, dan Yelan.

Selain pertarungan, Mona juga memiliki Alternate Sprint yang membuatnya akan menyelam ke tanah. Karena kemampuan ini, Mona sering digunakan untuk eksplorasi, karena Alternate Sprint ini lebih cepat dibandingkan dengan sprint biasa, dengan konsumsi stamina yang lebih baik.

Elemental Skill – Mirror Reflection of Doom

Mona akan mengeluarkan sebuah ilusi, yang akan meng-aggro musuh sekitar. Skill ini juga akan memberikan Hydro DMG setiap detiknya, lalu pada akhir durasi, ilusi ini akan meledak, memberikan Hydro DMG.

Elemental Burst – Stellaris Phantasm

Mona menciptakan sebuah refleksi dari langit malam, yang akan memberikan debuff kepada lawan sekitar, yang dinamakan Illusory Bubble. Khusus musuh berukuran kecil yang mendapatkan Illusory Bubble, mereka akan terangkat dan tidak bisa bergerak untuk beberapa saat. Illusory Bubble akan memberikan status Wet kepada musuh yang terkena.

Saat musuh yang terkena Illusory Bubble menerima damage, maka Illusory Bubble akan pecah dan akan mengenakan damage Hydro, lalu debuff kedua akan muncul, yang disebut dengan Omen. Omen inilah yang akan meningkatkan setiap damage yang diterima musuh dalam jangka waktu tertentu. Durasi Omen hanya akan mulai berjalan, saat Illusory Bubble berakhir.

Burst Mona dapat dianalogikan sebagai sebuah gelembung di area yang besar, lalu "dipecahkan" dengan damage dari karakter DPS Anda untuk menghasilkan damage yang tinggi dalam beberapa detik. Musuh yang terkena Omen ditandakan dengan ilusi langit malam kebiru-biruan di sekitar tubuhnya, sedangkan Illusory Bubble ditunjukkan dengan rasi bintang.

Talenta Pasif 1: “Come ‘n’ Get Me, Hag!”

Setelah menggunakan Alternate Sprint selama 2 detik dan jika ada musuh di dekatnya, Mona akan memanggil Elemental Skill di tempat terakhir ia berada. Elemental Skill yang tercipta lewat cara ini, hanya akan memberikan damage separuh dari Elemental Skill-nya, dengan durasi selama 2 detik.

Talenta Pasif 2: Waterborne Destiny

Mona mendapatkan Hydro DMG Bonus dari 20% Energy Recharge-nya.

Talenta Pasif 3: Principium of Astrology

Setiap kali Mona melakukan Crafting untuk Ascension Material, Mona berpeluang untuk memberikan refund sebagian dari material yang digunakan.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill (tidak wajib).

Artifact

Mona merupakan salah satu karakter yang mampu memberikan performa yang bagus, walaupun dengan Artifact investasi rendah atau juga Artifact dengan substat yang tidak terlalu bagus.

Sebagai support, Anda bisa menggunakan 4 Noblesse Oblige, 4 Tenacity of the Millelith (jika sudah ada pengguna Noblesse Oblige di tim), atau 4 Emblem of Severed Fate (jika ingin meningkatkan damage personal Mona).

Sangat disarankan bagi Mona untuk mendapatkan 4 set dari pilihan Artifact di atas. Namun sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan antara 2 Noblesse Oblige, 2 Emblem of Severed Fate, atau 2 Heart of Depth.

Energy Recharge: 180%-200%.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ER% / ATK% (jika kebutuhan ER sudah cukup.)
  • Goblet: Hydro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Energy Recharge% > Crit Rate/DMG% > ATK% > EM.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Senjata senjata B5 di Genshin Impact kebanyakan hanya akan meningkatkan damage personal Mona, daripada meningkatkan damage karakter lain di tim. Jadi, jika Anda ingin menggunakan senjata B5, Anda bisa menggunakan antara Lost Prayer to the Sacred Winds, Skyward Atlas, Kagura's Verity, Solar Pearl dari Battle Pass, atau Memory of Dust.

Jadi jika Anda sudah memakai senjata-senjata di atas, pastikan ER Anda sudah bisa dipenuhi melalui Artifact, karena bagi Mona, Burst yang lancar lebih penting dibandingkan dengan damage tinggi namun jarang keluar.

Senjata yang paling direkomendasikan untuk Mona sebagai support adalah  Thrilling Tales of Dragon Slayers. Senjata ini sangatlah kuat, karena mampu meningkatkan ATK% kepada 1 karakter lain secara signifikan. Apalagi, senjata ini sangat mudah didapatkan di dalam game. 

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan The Widsith, Mappa Mare, dan Oathsworn Eye, untuk damage personal Mona, Favonius Codex untuk membantu energi dari 1 tim, dan Prototype Amber jika Anda membutuhkan ekstra heal.

Komposisi Tim

Komposisi tim Mona yang paling sering digunakan adalah tim Freeze. Dengan adanya karakter seperti Ayaka dan Ganyu yang merupakan karakter DPS terkuat di Genshin, Mona akan sangat mudah membantu keduanya di tim ini. Ada begitu banyak varian di tim ini, namun yang paling kuat adalah tim Morgana, yang berisikan Mona, Ganyu, Venti, dan Diona.

Untuk rotasi yang benar, Anda bisa cek video berikut ini:

?t=446

Tim ini sangat bergantung pada penggunaan Elemental Burst Mona yang tepat. Untuk teknik penggunaanya, Anda bisa cek bagian tips di bawah.

Komposisi tim lain yang bisa Mona isi adalah tim Taser. Di tim ini, Mona berperan sebagai enabler atau driver, yang bertugas untuk memberikan aura Hydro kepada musuh, sehingga damage yang ia hasilkan tidaklah terlalu penting. Anda bisa menggunakan duet Fischl dan Beidou di tim ini, dengan bantuan 1 karakter Anemo seperti Venti atau Kazuha.

Tim Raiden Hypercarry adalah sebuah komposisi tim yang akan memberikan semua buff kepada Raiden Shogun, yang dikeluarkan lewat Elemental Burst-nya. Mona di tim ini bisa menggantikan posisi Kujou Sara, jika Sara Anda belum menyentuh C6. Selain melalui Elemental Burst, Mona juga bisa memberikan buff kepada Raiden Shogun melalui 4-pc Tenacity of the Millelith.

Tips Mona Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Omen, sebuah status yang akan meningkatkan damage yang diterima oleh musuh, memiliki sebuah mechanic tersembunyi. Salah satu kelemahan Omen adalah durasinya yang cukup singkat. Namun sebenarnya, ada sebuah cara untuk memperpanjang durasinya. Perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa digunakan pada komposisi tim Freeze saja.

Jadi, sebelum memakai Elemental Burst, pastikan musuh sudah terkena aura Cryo terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan Burst Mona. Usahakan musuh yang terkena Omen, untuk tetap terkena Freeze selama mungkin. Sebagai ilustrasi, Anda bisa cek video di bawah ini:

?t=90

  1. Trik yang paling umum saat menggunakan Mona adalah dengan meledakkan Illusory Bubble, dengan serangan Pyro, yang akan menciptakan reaksi Vaporize dengan damage yang sangat tinggi. Trik ini sebenarnya tidaklah terlalu praktis dan sulit untuk diterapkan di pertarungan sesungguhnya, seperti Spiral Abyss, dan Event, karena membutuhkan banyak sekali setup.

Pada intinya, sebelum memakai Elemental Burst Mona, pastikan musuh yang ditargetkan sudah terkena aura Pyro terlebih dahulu. Setelah itu, aktifkan Burst Mona. Tunggu sekitar 2 detik, lalu serang musuh tersebut dengan serangan Pyro. Di tim ini, Mona-lah yang menghasilkan damage terbesar.

Sebagai ilustrasi, Anda bisa cek video di bawah ini:

Pada video di atas, yang perlu diperhatikan adalah urutan aura elemen yang diberikan kepada musuh. Sucrose di tim ini berfungsi sebagai pemberi EM kepada Mona, dan Klee hanya berfungsi sebagai pembawa Thrilling Tales of Dragon Slayer dan mengaktifkan Pyro Resonance saja, sehingga masih bisa diganti dengan Yanfei.

Penutup

Mona memiliki Elemental Burst yang paling rumit di antara karakter-karakter lain di Genshin Impact. Namun, bukan berarti Mona tidak bisa dipelajari. Jika Anda paham cara kerjanya, sebenarnya mudah untuk memanfaatkan Mona di tim apapun, khususnya sebagai buffer dan support. 

Jadi, Mona tidak hanya sekadar "Damage per Screenshot" saja, melainkan ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui skill yang terkesan sederhananya.

Itulah tadi build Mona Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!