2 April 2022

by Daniel Hamiaz

Build Kamisato Ayato Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"... but of course, that would require one of you to return in one piece." - Kamisato Ayato.

Hadirnya Kamisato Ayato menambah konstelasi jajaran karakter Hydro di Genshin Impact. Karakter Hydro sendiri memiliki daya tariknya tersendiri di komunitas Genshin Impact, karena kemampuan elemen Hydro yang serbaguna. Dengan demikian, sekuat apakah Ayato? Apakah ia mampu menyaingi atau bahkan mengungguli para karakter Hydro pendahulunya?

Overview

Kamisato Ayato merupakan karakter B5 Hydro dengan senjata sword. Ia merupakan karakter DPS, yang dapat memberikan damage Hydro secara konsisten, baik on-field maupun off-field. Sebagai karakter Hydro, ia sangatlah berguna, karena bisa membantu menciptakan reaksi elemen yang beragam.

Secara sederhana, Ayato mampu memberikan damage Hydro on-field melalui Elemental Skill dan damage Hydro off-field melalui Elemental Burst. Untuk talenta Normal Attack Ayato, tidak perlu ditingkatkan, karena damage tebasannya diambil dari multiplier Elemental Skill-nya.

Saat menggunakan Elemental Skill, Kamisato Art: Kyouka, Ayato akan membuat sebuah bayangan air dan memasuki status Takimeguri Kanka. Di status ini, Ayato dapat menebas musuh secara cepat di depannya dengan damage Hydro. Skill ini menggunakan sistem stack (maks. 4), yang akan memberikan bonus damage berdasarkan HP Ayato.

Dengan talenta pasifnya, Ayato akan langsung mendapatkan 2 stack, dan saat bayangan air yang ia ciptakan pecah (jika ada musuh di sekitar atau durasi bayangan habis), Ayato akan mendapatkan stack maksimum.

Elemental Burst Ayato, Kamisato Art: Suiyuu, akan menciptakan hujan di area sekitar Ayato berada. Musuh akan terkena damage Hydro saat berada di dalamnya, dan karakter aktif yang ada di dalam area ini, akan mendapatkanbonus damage Normal Attack.

Prioritas Talenta: Elemental Skill > Elemental Burst.

Artefak

Ayato memiliki banyak pilihan artefak, tergantung dari playstyle yang disukai. Namun untuk playstyle standar Ayato, Anda bisa memilih antara 4-pc Echoes Of An Offering, 4-pc Heart of Depth, atau 4-pc Gladiator's Finale. Jika Anda belum memiliki 4-pc artefak yang bagus, Anda bisa memakai 2-pc Heart of Depth dan 2-pc artefak +18% ATK.

Energy Recharge yang dibutuhkan: 140-160%.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Hydro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > Energy Recharge% > Elemental Mastery.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Haran Geppaku Futsu merupakan senjata terbaik untuk Ayato. Senjata yang didesain untuk Ayato ini memiliki substat Crit Rate dan efek pasif yang memperkuat playstyle Ayato.

Untuk alternatifnya, Anda bisa memakai Primordial Jade-Cutter & Mistsplitter Reforged. Kedua senjata ini memiliki performa yang tidak jauh berbeda dengan Haran Geppaku Futsu.

Pilihan lainnya adalah Skyward Blade. Senjata dengan substat ER ini memiliki efek pasif yang bisa memberikan attack speed dan sedikit Crit Rate. The Black Sword dari Battlepass juga bisa dipakai, karena memiliki substat Crit Rate dan efek pasif yang akan meningkatkan damage dari Normal Attack.

Untuk pilihan senjata F2P, Anda bisa menggunakan senjata-senjata seperti Amenoma Kageuchi, Blackcliff Longsword, dan Lion's Roar. Selain memberikan ATK yang banyak, Amenoma Kageuchi akan membantu menyelesaikan permasalahan energi Ayato.

Blackcliff Longsword juga dapat menjadi pilihan lain, karena memiliki substat Crit DMG%, walaupun efek pasifnya sangatlah situasional, dan Lion's Roar akan meningkatkan damage Ayato saat berada di tim seperti National atau Taser.

Jika Anda benar-benar tidak memiliki senjata yang telah disebutkan, Anda dapat menggunakan Prototype Rancour. Senjata ini diberikan secara gratis kepada pemain. Setidaknya, senjata ini memiliki efek pasif yang berguna dan disertai dengan base attack yang tinggi, walaupun substat Physical DMG Bonus-nya tidak berguna untuk Ayato.

Komposisi Tim

Salah satu komposisi tim yang langsung terbayang saat mendapatkan Ayato adalah tim Vaporize, dengan posisi Childe yang diganti dengan Ayato. Tim yang dikenal juga dengan tim National ini, bertumpu pada kombinasi Xiangling dan Bennet. Anda bisa memasukkan 1 karakter bebas lain, seperti Kazuha atau Sucrose, untuk melengkapi tim ini.

Dengan jangkauan Burst Ayato yang luas, ia dapat dimasukkan ke dalam tim Freeze. Anda bisa memasangkannya dengan karakter Cryo seperti Ganyu atau Ayaka. Karakter Anemo seperti Venti juga bisa dimasukkan ke tim ini, karena Ayato mampu menyerang musuh yang terhisap black hole Venti. Anda bisa masukkan Diona atau Rosaria untuk slot terakhir.

Anda juga dapat memanfaatkan reaksi Electro-Charged di tim Taser, dengan Ayato sebagai enabler/driver-nya. Apalagi dengan kecepatan serangan Ayato yang tinggi, ia juga bisa memberikan damage yang lebih dari Burst Beidou dan Skill Fischl, jika Fischl Anda sudah menyentuh C6. Anda bisa memasukkan karakter Anemo di tim ini untuk menurunkan elemental resistance.Yae Miko dapat dimasukkan sebagai salah satu pengganti karakter Electro di tim ini, namun dengan rotasi yang sedikit berbeda

Ada satu komposisi tim menarik yang bisa Anda coba, yaitu Ayato hypercarry. Tim ini berfokus untuk memberikan buff sebanyak-banyaknya untuk Ayato. Untuk tim ini, Anda bisa memakai Bennet, Kazuha, dan Yun Jin. Walaupun menarik, tim ini cenderung menghasilkan damage yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan tim yang memanfaatkan reaksi elemen.

sumber: Genshin Impact

Tips Kamisato Ayato Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Walaupun serangan Normal Attack Ayato terkesan menggunakan banyak sekali tebasan, namun sebenarnya Anda hanya perlu menahan tombol serangan (hold), daripada melakukan spam di keyboard atau tapping di mobile.

  2. Untuk memaksimalkan rotasi, aktifkan terlebih dahulu Elemental Burst Ayato sebagai pembuka rotasi. Durasi Burst ini cukup lama sampai akhir rotasi, serta dapat meningkatkan damage dari Normal Attack. Selain itu, pengaktifan Burst ini akan mengaktifkan talenta pasif Ayato, yang akan meregenerasi energi Ayato, saat energinya berada di bawah 40 dan saat Ayato sedang berada di off-field..

sumber: Genshin Impact

Penutup

Kamisato Ayato merupakan adisi yang baik di Genshin Impact. Ia mampu menjawab ekspektasi dan memberikan performa yang bagus. Kepala klan Kamisato ini juga mampu menjadi alternatif karakter Hydro.lain, dengan damage yang relatif tinggi pula.

sumber header: Genshin Impact.