10 July 2022

by Daniel Hamiaz

Build Kaedehara Kazuha Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

“Fallen leaves, adorn my nights!” -Kazuha.

Kaedehara Kazuha merupakan sebuah karakter di Genshin Impact yang memiliki sejarah yang cukup menarik. Ia awalnya dipandang sebelah mata saat pertama kali dirilis, namun semakin ke belakang, ia malah menjadi salah satu karakter yang paling dicari dan ditunggu-tunggu rerun-nya. Mengapa demikian? Simak ulasannya berikut ini.

Build Kaedehara Kazuha Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Kazuha

Kaedehara Kazuha merupakan karakter B5 Anemo bersenjata sword. Kazuha sering digunakan sebagai buffer di dalam berbagai macam tim. Ia mampu memberikan buff Elemental DMG yang akan meningkatkan damage dari anggota tim lain dalam satu waktu, melalui reaksi Swirl.

Kemampuannya juga tidak lepas dari campur tangan kesaktian Artifact terkuat di Genshin Impact, yaitu Viridescent Venerer. Selain buff, Kazuha juga menawarkan crowd-control (CC) yang akan menarik musuh yang ada di sekelilingnya.

Saat ia pertama kali dirilis, banyak karakter Anemo yang telah membuktikan dirinya sebagai karakter yang kuat, sebut saja Venti dan Sucrose. Bahkan ia sempat dijuluki sebagai "Sucrose B5" di kala itu, karena ada kemiripan skill kit, gameplay, dan utility.

Namun seiring berjalannya waktu, keadaan di Genshin Impact mulai berubah. Saat memasuki versi 2.0, banyak musuh tipe berat hingga Boss, yang dimasukkan ke Spiral Abyss. Hal ini sangat menyulitkan Venti, sebagai karakter Anemo terkuat saat itu. Sejak saat itulah, Kazuha mulai dilirik sebagai karakter dengan potensi yang tinggi.

Kemudahan gameplay dan fleksibilitas merupakan dua kelebihan yang dimiliki Kazuha sebagai karakter. Ia bisa ditempatkan di hampir semua jenis tim (yang mengandalkan damage elemen tentunya). Mulai dari tim reaksi hingga tim mono elemen.

Sebenarnya Kazuha bisa saja dimainkan sebagai sub DPS, namun performanya tidaklah lebih baik dibandingkan dengan karakter sub DPS lain. Apalagi, dengan mengorbankan Elemental Mastery, ia tidak dapat meningkatkan damage elemen satu tim, sehingga build yang akan diulas selanjutnya, difokuskan untuk Kazuha sebagai buffer.

Plunge Attack: Garyuu Bladework

Kazuha akan menghujam pedangnya ke tanah saat melakukan Plunge Attack, memberikan damage Physical. Plunge Attack ini akan berubah, setelah ia memakai Elemental Skill-nya, Chihayafuru.

Saat melakukan Plunge Attack setelah Chihayafuru dipakai, Kazuha akan memberikan damage Anemo, kepada musuh di sekitarnya saat ia mendarat. Setelah itu, Kazuha akan memanggil sebuah pusaran angin kecil, yang akan menghisap musuh atau objek di dekatnya.

Elemental Skill – Chihayafuru

Saat ditekan, Kazuha akan melompat sambil menarik musuh yang ada di sekelilingnya. Musuh yang tertarik, akan berkumpul di lokasi Kazuha sebelumnya dan terkena damage Anemo.

Saat ditahan, Kazuha akan menghisap musuh dengan cakupan yang lebih luas dan dengan damage yang lebih besar. Cooldown skill versi tahan, memiliki cooldown yang lebih lama dibandingkan dengan versi tekan.

Skill ini bisa digunakan saat Kazuha sedang berada di udara.

Elemental Burst – Kazuha Slash

Saat diaktifkan, Kazuha akan melakukan satu tebasan besar, yang memberikan damage Anemo di area sekitar. Setelah itu, akan tercipta sebuah pusaran angin di sekitar Kazuha, yang akan memberikan damage Anemo secara berkala kepada musuh yang berada di dalamnya.

Jika terkena sebuah elemen antara Pyro, Electro, Cryo, atau Hydro, pusaran angin tersebut akan diserap dan memberikan damage tambahan dengan elemen serupa. Elemen yang terserap ini hanya bisa tercipta satu kali untuk setiap Burst-nya.

Talenta Pasif 1: Soumon Swordsmanship

Saat Elemental Skill Kazuha terkena sebuah elemen, yaitu antara Pyro, Electro, Cryo, atau Hydro, maka Plunge Attack selanjutnya akan menyerap elemen tersebut, dan memberikan damage dengan elemen yang sama kepada musuh. Efek ini hanya bisa menyerap satu elemen saja untuk setiap penggunaan Elemental Skill.

Talenta Pasif 2: Poetics of Fuubutsu

Saat memicu reaksi Swirl, Kazuha akan memberikan Elemental DMG Bonus dari elemen yang terlibat. Bonus yang diberikan akan dihitung berdasarkan Elemental Mastery Kazuha. Bonus yang diberikan dari talenta ini bisa meningkatkan dua elemen atau lebih sekaligus dalam satu waktu.

Talenta Pasif 3: Cloud Strider

Konsumsi stamina saat berlari, akan berkurang sebanyak 20% saat Kazuha berada di dalam tim. Efek ini berlaku untuk seluruh anggota tim.

Prioritas Talenta: Karena bermain Swirl, talenta Kazuha tidak akan mempengaruhi jumlah damage yang dihasilkan, sehingga tidak disarankan untuk menaikkan talentanya. Pertambahan damage yang diberikan juga tidaklah signifikan.

Namun, jika tetap masih ingin meningkatkan talenta, Anda bisa meningkatkan semua talenta-nya sama rata.

Artifact

Sebagai karakter Anemo buffer, tidak ada pilihan Artifact yang lebih baik dari 4 Viridescent Venerer. Artifact ini akan meningkatkan damage Swirl secara drastis, dan bisa menurunkan Elemental Resistance musuh sebesar 40%  selama 10 detik.

Lebih penting mana? Full EM atau 4 Viridescent dulu?

Elemental Mastery merupakan stat terbaik untuk Kazuha. Namun mengingat drop rate stat Elemental Mastery di domain Artifact jauh lebih kecil dibandingkan main stat lain, terkadang muncul kesalahpahaman mengenai prioritas di Artifact Kazuha.

Prioritaskan untuk melengkapi bonus set dari 4 Viridescent Venerer terlebih dahulu, barulah lengkapi Artifact Elemental Mastery Anda. Elemental Mastery yang tinggi di Kazuha, akan sedikit percuma, jika tidak menggunakan 4 Viridescent Venerer.

Bahkan, Artifact B4 Viridescent Venerer dengan main stat EM, masih lebih berguna, dibandingkan dengan memaksakan Full EM, tanpa efek dari 4 Viri.

Main stat yang dicari:

  • Sands: Elemental Mastery.
  • Goblet: Elemental Mastery.
  • Circlet: Elemental Mastery.

Prioritas sub stat: Elemental Mastery > Energy Recharge%.

Senjata Kazuha Genshin Impact

Pilihan senjata Kazuha sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Ia hanya memerlukan senjata dengan substat Elemental Mastery atau Energy Recharge%. Senjata selain itu, tidaklah terlalu berguna untuk Kazuha, apalagi untuk Kazuha sebagai buffer.

Freedom Sworn merupakan senjata terbaik untuk Kazuha. Senjata ini memiliki sub stat Elemental Mastery yang sangat berguna untuk Kazuha. Selanjutnya, efek pasif senjata ini akan memberikan anggota tim tambahan ATK, serta damage dari Normal, Charged, maupun Plunge Attack mereka.

Untuk pilihan senjata lain, Anda bisa memakai antara Favonius Sword, Sacrificial Sword, Iron Sting, atau Dark Iron Sword. Cukupi kebutuhan Energy Recharge terlebih dahulu, barulah fokus meningkatkan EM sebanyak mungkin.

Komposisi Tim Kazuha Genshin Impact

Sebagai buffer, Kazuha bisa diletakkan di berbagai macam tim, mulai dari tim yang mengandalkan reaksi, hingga mono elemen. Namun, Kazuha tidak akan terlalu berguna di dalam tim Mono Geo atau tim yang mengandalkan damage Physical, seperti di tim Eula.

Berikut ini beberapa contoh tim Meta maupun unik yang bisa Kazuha isi:

Tim Reaksi Elemen

Salah satu varian tim National yang ada sejak awal adalah tim International. Asal mula penamaan tim ini adalah karena setiap anggotanya yang berasal dari 4 negara yang berbeda. Tim ini berisikan Kazuha, Childe, Xiangling, dan Bennett.

Tim ini sangatlah kuat, karena Kazuha mampu memanfaatkan teknik Double Swirl. Penjelasan teknik ini akan dijelaskan di bagian tips di bawah.

 

Kazuha bisa dimasukkan di tim Freeze juga tentunya, Ia mampu meningkatkan damage Cryo di tim dengan sangat mudah. Karakter DPS Cryo seperti Ayaka dan Ganyu, akan sangat terbantu dengan kehadiran Kazuha di tim mereka.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, saat Kazuha menggunakan Elemental Skill, sebaiknya jangan diikuti dengan Plunge Attack, karena serangan tersebut akan memecahkan musuh yang beku. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menunggu hingga Kazuha mendarat kembali, atau terbang sebentar lalu langsung menekan tombol mendarat.

Selain Ayaka dan Ganyu, ada pula satu jenis tim Freeze yang cenderung jarang dipakai. Tim ini berisikan Kazuha, Kaeya, Xingqiu, dan Chongyun atau Rosaria. Kelebihan tim ini dibandingkan dengan tim Freeze lainnya adalah karena berisi 3 karakter B4, yang cenderung mudah didapatkan.

Ganyu Melt merupakan tim yang berfokus memicu reaksi Reverse Melt dengan Charged Attack Ganyu. Karena itu, musuh yang dihadapi, haruslah terkena Pyro terlebih dahulu, sebelum ditembak oleh Ganyu.

Dengan kemampuan Kazuha yang mampu menyerap Pyro melalui Elemental Burst-nya, dan pusaran angin yang tercipta selama beberapa detik di arena, Kazuha bisa dimanfaatkan sebagai Pyro enabler, terlepas dari dirinya yang merupakan karakter Anemo.

Anda bisa memakai Ganyu, Kazuha, Xiangling dan Bennet di tim ini. Namun jika Anda merasa musuh yang dihadapi terlalu sulit, maka Anda bisa mengganti Xiangling dengan Zhongli untuk kenyamanan dan keamanan bermain Charged Attack. Namun perlu diingat, bahwa mengganti Xiangling ke Zhongli, akan menurunkan damage keseluruhan dari tim ini.

Salah satu contoh tim Taser yang bisa diperkuat Kazuha adalah tim yang berisikan Kazuha, Kokomi, Fischl, dan Yae Miko. Tim ini agak berbeda dengan tim Electro-Charged pada umumnya, yang memanfaatkan Xingqiu atau Yelan sebagai karakter Hydro-nya.

Hal ini disebabkan karena tim tersebut biasanya sudah diisi oleh Sucrose, yang memiliki peran yang mirip dengan Kazuha. Apalagi Sucrose bisa memanfaatkan Normal Attack dengan mudah tanpa mengganggu rotasi.

Gameplay dari tim ini lebih mengarah ke gaya bermain Quickswap, yang hanya perlu menggunakan Elemental Skill dan Burst saja. Hanya saja, Anda perlu mempelajari rotasi tim yang tepat, untuk bisa memainkan tim ini.

Tim Mono Elemen

Raiden Hypercarry merupakan tim yang berfokus untuk memberikan buff sebanyak-banyaknya untuk Raiden Shogun. Setelah menerima buff dari anggota tim lain, maka Raiden akan melancarkan satu tebasan besar dari Elemental Burst-nya, yang telah diperkuat. Tim ini merupakan varian tim Mono Electro yang paling sering digunakan.

Jika Anda memiliki Kujou Sara C6, Anda bisa menggunakannya di tim ini. Jika tidak, maka Anda bisa menggunakan Lisa dengan Thrilling Tales of Dragon Slayer. Performa Lisa dan Kujou Sara non-C6 relatif sama di tim Raiden Hypercarry.

Tim Mono Elemen selanjutnya adalah tim Mono Pyro. Karakter Pyro DPS, biasanya memanfaatkan reaksi Vaporize atau Melt, untuk menghasilkan damage yang besar. Namun dengan adanya Kazuha, tim Mono Pyro ternyata masih bisa menjadi tim yang relevan, dengan situasi dan kondisi yang khusus.

Salah satu contoh tim Mono Pyro berisikan Klee, Kazuha, Xiangling, dan Bennett. Klee merupakan karakter yang mampu mengaplikasikan Pyro yang sangat banyak, sehingga terkadang susah untuk memanfaatkan reaksi Vaporize.

Selain damage, Elemental Skill Kazuha mampu menyedot setiap ranjau yang tercipta setelah Elemental Skill Klee, Jumpy Dumpty, meledak. Sinergi ini sangatlah bagus, mengingat HoYoverse tidak mengijinkan Elemental Burst Venti untuk bisa menyedot ranjau Klee, padahal Kazuha dan Venti sama-sama mampu menyedot objek lain.

Contoh tim mono elemen lain adalah tim Mono Cryo. Sebelum adanya Shenhe, tim ini tidaklah terlalu dilirik, karena karakter-karakter DPS Cryo, biasanya akan memakai tim Freeze, yang memanfaatkan karakter Hydro dan Cryo.

Dengan kemampuan Shenhe, tim Mono Cryo saat ini patut diperhitungkan, karena mampu menghasilkan damage yang bisa menyamai tim Freeze. Kelebihan tim mono Cryo dibandingkan dengan tim Freeze adalah tim ini sanggup melawan musuh tipe Boss, dengan damage yang besar.

Kombinasi Kazuha dan Shenhe di tim ini akan sangat memperkuat karakter DPS Cryo seperti Ayaka. Untuk karakter keempat, Anda bisa menggunakan Diona sebagai Cryo Battery dan healer.

Tips Kazuha Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Sebagai karakter Anemo yang memanfaatkan reaksi Swirl, dianjurkan untuk meningkatkan level Kazuha ke level 90. Hal ini dikarenakan damage dari Swirl hanya dihitung berdasarkan level karakter dan Elemental Mastery yang ia miliki.

Sebaliknya, ATK, Crit, dan Anemo DMG Bonus, tidak akan meningkatkan damage Swirl. Konsep inilah yang sering disalahpahami oleh komunitas, sehingga Kazuha yang mereka miliki tidak berfungsi secara optimal.

  1. Infusi elemen yang diciptakan oleh Elemental Skill dan Burst Kazuha tidaklah terjadi secara acak. Jika terdapat dua buah elemen, maka prioritas elemen yang lebih tinggi akan terinfusi di Elemental Skill dan Burst Kazuha. Prioritas elemen yang dimaksud adalah: Pyro > Hydro > Electro > Cryo.

Urutan elemen tersebut menjadi penting, saat pemain ingin menginfusi elemen tertentu, yang memiliki prioritas yang lebih rendah. Salah satu contoh tim yang membutuhkan infusi yang tepat, adalah tim Raiden Hypercarry. Tim ini biasanya berisikan Bennet, sehingga jika elemen yang terinfusi dan Swirl salah (dalam hal ini Pyro), maka damage yang dihasilkan juga tidak maksimal.

  1. Masih berhubungan dengan infusi elemen, ada sedikit trik yang dimiliki Kazuha, namun tidak dimiliki karakter Anemo lain. Kazuha bisa meng-Swirl elemen dari dirinya sendiri. Jadi, Anda tinggal mengenakan Kazuha ke elemen tertentu, tanpa perlu membutuhkan musuh yang terkena elemen tertentu.

Terdapat beberapa karakter yang bisa memberikan aura elemen kepada karakter aktif, seperti Bennet, Barbara, Diona, dan Xinyan. Namun, karakter yang biasanya digunakan untuk melakukan trik ini, adalah Bennet. Trik ini juga dimiliki oleh Jean, namun hanya pada Elemental Burst-nya saja.

  1. Double Swirl adalah sebuah teknik Swirl, yang menciptakan reaksi Swirl untuk 2 elemen sekaligus, dalam satu penggunaan Skill. Kazuha merupakan karakter yang paling mudah melakukan trik ini dibandingkan dengan karakter lain.

Teknik ini akan meng-Swirl elemen yang ada di lawan, dan elemen yang ada di Kazuha (tips nomor 3). Untuk rotasinya, Anda bisa melihat penjelasannya di video di atas.

Penutup

Walaupun memiliki perjalanan yang panjang, Kazuha saat ini dapat dikatakan sebagai karakter terkuat yang ada di Genshin Impact. Ia tidak hanya kuat di dalam pertarungan, namun juga dalam hal eksplorasi. Dengan kemampuan"Double Jump"-nya, ia bisa mencapai sejumlah area, yang tidak bisa dilakukan oleh karakter lain. Sebagai karakter Anemo, ia juga bisa mengakses Anemo Resonance untuk keperluan eksplorasi.

Aspek inilah yang terkadang banyak pemain lupakan. Apalagi, salah satu daya jual Genshin Impact adalah eksplorasi tanpa batas di dunia Teyvat, yang memiliki medan yang beragam.

Itulah tadi guide Kazuha Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.