9 July 2022

by Daniel Hamiaz

Build Klee Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Da, da, da" -Klee.

Klee dapat dikatakan sebagai salah satu karakter DPS tertua, karena dirilis pada versi 1.0 di Genshin Impact. Ia memiliki cara main yang unik, namun dengan teknik yang tricky untuk bisa optimal. Bagaimanakah caranya? Ikuti panduan Klee Genshin Impact berikut ini.

Build Klee Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Klee

Klee merupakan karakter Pyro B5 dengan senjata catalyst. Klee sering digunakan sebagai karakter DPS maupun sebagai karakter enabler. Gameplay-nya terpusat pada penggunaan Normal Attack, Charged Attack, yang dibumbui dengan Elemental Burst yang sangat chaotic. 

Walaupun selama Elemental Burst Klee akan tetap di arena, Klee bukanlah sebuah karakter Hypercarry. Ia masih butuh tim yang kuat dan investasi cukup, untuk bisa menghasilkan damage yang banyak.

Bermain Klee, tentunya dengan cara yang optimal, memiliki tingkat kesulitan di atas karakter-karakter lain, khususnya DPS Pyro lainnya, seperti Xiangling, Diluc, Yoimiya, atau Hu Tao. Sayangnya, walau dengan permainan dan kombinasi serangan yang optimal, barulah Klee bisa menyamai performa dari karakter DPS lain, sehingga banyak orang yang akhirnya menyerah memakai Klee atau benar-benar meninggalkannya.

Permainan dan alur bermain Klee, sering dikeluhkan lambat dan clunky. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mempelajari Animation Cancelling.

Animation Cancelling merupakan sebuah upaya untuk memotong animasi yang percuma dari sebuah karakter. Biasanya hal ini dilakukan pada animasi dari serangan yang sudah keluar. Animation Cancelling memiliki beberapa jenis, dan yang paling sering digunakan (tidak hanya untuk Klee) adalah Jump Cancelling dan Dash Cancelling. Untuk detail lebih lengkap mengenai Animation Cancelling Klee, Anda bisa cek di bagian tips di bawah.

Elemental Skill – Jumpy Dumpty

Saat dipakai, Klee akan melempar Jumpy Dumpty ke depan. Objek tersebut akan melompat sebanyak 3 kali, dan setiap lompatannya, akan memberikan damage Pyro kepada musuh yang terkena.

Saat selesai melompat, Jumpy Dumpty akan meledak dan menyisakan sejumlah ranjau yang akan tersebar di sekitarnya. Ranjau tersebut akan meledak jika terkena musuh, atau saat durasinya habis, memberikan damage Pyro.

Skill ini memiliki 2 charges.

Elemental Burst – Sparks 'n' Splash

Selama durasi Elemental Burst, Spark 'n' Splash akan melancarkan sejumlah laser kepada musuh sekitar, memberikan damage Pyro per laser-nya. Skill ini bersifat auto-target, sehingga Klee hanya perlu mendekati musuh untuk menghasilkan damage.

Talenta Pasif 1: Pounding Surprise

Saat Normal Attack atau Elemental Skill Klee memberikan damage, Klee berpeluang 50% mendapatkan sebuah Explosive Spark.

Explosive Spark akan terkonsumsi saat Klee melakukan Charged Attack. Charged Attack yang dilangsungkan dengan cara ini, tidak akan memakan stamina, serta akan memberikan tambahan damage sebesar 50%.

Talenta Pasif 2: Sparkling Burst

Saat Charged Attack Klee berhasil Crit, setiap anggota tim akan menerima 2 energi elemental.

Talenta Pasif 3: All of My Treasures!

Resource khas Mondstadt akan tampak di minimap saat Klee berada di tim.

Prioritas Talenta: Normal Attack > Elemental Skill > Elemental Burst.

Artifact

Ada sejumlah pilihan Artifact yang bisa dipakai, tergantung seperti apa tim yang Klee gunakan. Untuk tim yang memanfaatkan reaksi elemen, Anda bisa memakai 4 Crimson Witch of Flames atau 4 Wanderer's Troupe.

Jika Anda bermain Klee di tim Mono Pyro atau sebagai enabler, maka Klee masih bisa menggunakan 4 Lavawalker.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kombinasi Artifact antara 2 Crimson Witch of Flames, 2 Gladiator's Finale, 2 Wanderer's Troupe, atau 2 Noblesse Oblige.

Untuk kasus Klee, Jika Anda memiliki substat yang bagus di Artifact dengan kombinasi 2-pc, sebaiknya Anda pakai Artifact tersebut, dibandingkan dengan memakai Artifact 4-pc, namun dengan substat yang pas-pasan.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Pyro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > ER% > EM.

Senjata Klee Genshin Impact

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaik Klee, Anda bisa menggunakan pilihan senjata B5 seperti Kagura’s Verity, Lost Prayer to the Sacred Winds, Skyward Atlas, atau Memory of Dust. Untuk Memory of Dust, Anda perlu memastikan bahwa Klee bermain bersama shielder, seperti Zhongli, untuk memastikan efek pasif senjata ini aktif.

Selain pilihan senjata yang tadi, ada juga Solar Pearl dari Battle Pass. Senjata ini memiliki sub stat Crit Rate yang sangat berguna, serta efek pasif yang sangat cocok dengan playstyle Klee.

Untuk pilihan senjata F2P, Anda bisa menggunakan antara The Widsith, Dodoco Tales, atau Mappa Mare. Semakin tinggi refinement The Widsith, maka semakin bagus, bahkan The Widsith pada R5, memiliki performa yang bisa melampaui pilihan senjata B5.

Komposisi Tim Klee Genshin Impact

Salah satu tim terkuat Klee adalah tim Mono Pyro. Tim ini tidak mengandalkan reaksi elemen, yang biasanya dimanfaatkan oleh karakter DPS Pyro lain. Tim ini relatif mudah dimainkan. Salah satu contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Klee, Kazuha, Xiangling, dan Bennet. Kazuha bisa diganti dengan Sucrose, namun buff EM yang diberikan Sucrose akan sia-sia di tim ini.

Variasi lain dari tim Mono Pyro adalah dengan memasangkan Albedo dan Zhongli. Dengan memanfaatkan Pyro dan Geo Resonance, Klee bisa bermain dengan cukup aman di tim ini, dengan bantuan shield dari Zhongli, mengingat Klee memiliki mobilitas yang cukup lambat. Untuk karakter Pyro lain, Anda bisa menggunakan Xiangling, namun dengan Energy Recharge sekitar 250% atau lebih.

 

Sebagai karakter Pyro, Klee masih bisa memanfaatkan reaksi Vaporize. Apalagi dengan hadirnya Yelan, kebutuhan aplikasi Hydro Klee, bisa diberikan melalui kombinasi Yelan dan Xingqiu. Untuk karakter keempat, Anda bisa menggunakan Bennet sebagai buffer dan healer.

Tim reaksi yang lainnya adalah tim Reverse Melt. Di tim ini, Rosaria-lah yang akan menjadi sumber damage utama. Dengan aplikasi Pyro Klee yang banyak, Rosaria dapat memicu Melt untuk setiap tick dari Elemental Burst-nya.

Untuk karakter lain, Anda bisa menggunakan Bennet dan karakter Anemo seperti Kazuha atau Sucrose. Karena mengandalkan reaksi, maka Sucrose di tim ini lebih baik dibandingkan Kazuha.

Tips Klee Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Hal yang paling mudah dipraktekan untuk Animation Cancelling milik Klee adalah Normal Attack-nya. Klee akan melempar 3 bom saat melakukan Normal Attack. Namun, karena kecepatan Normal Attack kedua dan ketiga terlalu lambat, maka Anda bisa melewatinya, dengan melakukan Animation Cancelling.

Saat Anda melakukan Normal Attack, tahan tombol "W" Anda (jika bermain di PC) atau gerakan maju di HP, saat sedang melakukan Normal Attack. Ketimbang di-spam berulang-ulang, tekan Normal Attack sekali per sekian detik. Salah satu indikator kapan harus menekan Normal Attack adalah tekan saat catalyst di punggung Klee, mulai muncul. Latihan yang berulang akan memantapkan teknik ini.

Sebagai gambaran, Anda bisa cek di video di bawah ini:

?t=50

  1. Charged Attack Klee memiliki kegunaan lain selain memberikan damage. Charged Attack-nya memiliki kemampuan stagger yang cukup besar, sehingga mampu menjatuhkan sejumlah jenis musuh. Manfaatkan kemampuan ini untuk melakukan stunlock, yaitu dengan meng-stagger musuh tanpa memberi celah untuk bangun dan menyerang.

Secara teori, musuh yang terjatuh terus, tidak bakal sempat menyerang Klee, sehingga shielder di tim Klee, bisa diganti dengan karakter sub DPS.

Salah satu contoh praktek stunlock Klee adalah saat melawan Geovishap sebelum memasang Shield elemen, Mirror Maiden beberapa saat setelah ia muncul, hingga Rifthound.

Karena memiliki animasi yang cukup panjang, Anda juga bisa melakukan Animation Cancelling untuk Charged Attack Klee, cukup dengan melakukan jump atau dash sesaat setelah laser ditembakkan.

Penutup

Jika Anda mencari karakter dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi di Genshin Impactmungkin Klee merupakan karakter yang cocok bagi Anda. Walaupun kemampuannya tidaklah sebagus atau se-fleksibel karakter lain, namun terdapat kepuasan tersendiri, jika seorang pemain berhasil mempelajari dan menguasai teknik-teknik bermain Klee.

Itulah tadi guide Klee Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.