7 December 2022

by Galih

Microsoft Akan Ikut Naikkan harga Game Xbox Series

Xbox akhirnya mengikuti tren yang dilakukan pelaku industri game lain

Selama bertahun-tahun, industri video game mencoba mempertahankan harga jual game-game mereka $60 atau sekitar Rp900 ribuan. Namun dengan semakin mahalnya biaya pengembangan game, mau tidak mau mereka pun harus menyesuaikan harga jual tersebut.

Salah satu perusahaan yang pertama kali berani untuk menaikkan harga game-game mereka adalah Square Enix. Meskipun banyak mendapat pertentangan, namun mereka tetap menaikkan harga game-game terbaru merekaย  $70 atau sekitar Rp 1,1 juta.

Setelahnya, beberapa perusahaan seperti Sony, Activision, Ubisoft, hingga Take-Two Interactive pun ikut menaikkan harga game-game barunya. Yang mengejutkan, langkah kontroversial tapi logis tersebut kini diikuti oleh Microsoft.

Image Credit: Xbox

Raksasa teknologi tersebut akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan ikut menaikkan harga game baru untuk konsol Xbox Series X dan Series S mereka menjadi $70.

Harga baru tersebut nantinya akan diterapkan untuk game-gamefirst party mereka yang akan datang seperti Forza Motorsport, Redfall, dan bahkan game penjelajahan luar angka terbaru mereka, Starfield.

"Harga tersebut mencerminkan konten, skala, dan kerumitan teknis dari judul-judul ini," ungkap juru bicara Microsoft kepada IGN. "Seperti semua game yang dikembangkan oleh tim kami di Xbox, game-game tersebut juga akan tersedia dengan Game Pass pada hari yang sama saat diluncurkan."

Image Credit: VentureBeat

Pernyataan terakhir dari sang juru bicara tentu menarik bagi banyak gamer di Xbox maupun PC. Karena meskipun harga game-game tersebut nantinya naik, namun para gamer masih memiliki opsi untuk berlangganan Game Pass untuk bisa memainkannya dengan harga terjangkau.

Kenaikan harga pada Xbox ini sebenarnya juga bukan kejutan, karena sebelumnya bos Xbox, Phil Spencer juga sempat mengatakan bahwa dirinya tidak akan mampu menahan kenaikan harga konsol, game dan juga biaya berlangganan mereka.

Sehingga, seperti pelaku industri video game lainnya Xbox juga akan tiba di titik saat mereka juga harus menaikkan harga untuk berbagai produk dan layanannya. Dan game first party kelihatannya menjadi langkah pertama mereka.

Sayangnya Microsoft masih belum mau membahas apakah mereka juga akan menaikkan harga konsol dan layanan Game Pass mereka dalam waktu dekat.