23 March 2022

by Glenn Kaonang

Kreator Trilogi Mass Effect Sedang Kerjakan Game AAA Bertema Sci-Fi Baru

Casey Hudson dan studio barunya, Humanoid Studios, tengah mengerjakan game AAA baru dengan setting sci-fi dan penekanan pada character-driven narrative

Mantan petinggi BioWare sekaligus game director dari trilogi Mass Effect, Casey Hudson, mengumumkan pada Juni tahun lalu bahwa ia telah mendirikan studio game baru bernama Humanoid Studios. Sekarang, kita sudah bisa mendapat sedikit gambaran mengenai game apa yang sedang dikerjakan oleh tim barunya.

Tanpa perlu terkejut, proyek yang sedang Humanoid garap saat ini adalah sebuah "game AAA lintas platform yang menekankan pada character-driven narrative dalam sebuah dunia sci-fi yang benar-benar baru." Sebagai otak di balik tiga game Mass Effect, Casey tentu sudah paham betul bagaimana caranya mengawinkan narasi dan progres karakter yang mendalam dengan dunia yang ekspansif.

Di situs Humanoid, kita bisa melihat sejumlah concept art yang kelihatan sangat pas dengan deskripsi game-nya tadi. Selebihnya, situsnya lebih banyak menampilkan informasi terkait budaya kerja di Humanoid, lengkap beserta lowongan untuk berbagai posisi. Berdasarkan informasi dari lowongan-lowongannya ini, kita juga tahu bahwa game-nya tengah digarap menggunakan Unreal Engine.

Timing dari pengumuman seputar peluang karier ini tentu bukan suatu kebetulan. Perhatian industri game saat ini sedang tertuju pada Game Developers Conference (GDC), dan tidak jarang perusahaan game memanfaatkan ajang tersebut untuk merekrut personel-personel baru.

Juga bukan kebetulan adalah penekanan bahwa Humanoid ingin selalu menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan suportif, sebab belakangan ini memang semakin banyak tuduhan-tuduhan yang dilayangkan ke berbagai perusahaan game terkait budaya kerja yang opresif. Yang terbaru adalah Moon Studios, developer Ori and the Blind Forest beserta Ori and the Will of the Wisps, dan ini sejatinya membuktikan kalau kasus-kasus seperti ini sebenarnya bisa terjadi di mana saja, tidak melulu di perusahaan-perusahaan besar seperti Activision Blizzard maupun Ubisoft saja.

Hal lain yang menarik dari pengumuman ini adalah tren baru di industri game development, di mana perusahaan game tidak segan mengumumkan proyek terbarunya meski mereka pada dasarnya belum bisa menunjukkan apa-apa. Contohnya ada banyak: mulai dari Haven Studios (studio besutan Jade Raymond yang diakuisisi Sony baru-baru ini); Midnight Society (studio milik eks streamer kenamaan Dr Disrespect); Frost Giant Studios (studio yang didirikan oleh veteran Blizzard); sampai Blizzard sendiri, yang kabarnya tengah mengerjakan game survival berdasarkan IP baru. Kita juga tidak boleh lupa akan The Witcher 4, yang bahkan judulnya saja masih belum final.

Sumber: PC Gamer.