24 August 2023

by Daniel Hamiaz

Zenless Zone Zero Unjuk Gameplay Terbaru di Gamescom 2023

Pengumuman gameplay ini merupakan kabar terbaru sejak berlangsungnya tahap CBT pada tahun 2022

Zenless Zone Zero atau ZZZ merupakan sebuah game baru yang sedang dikembangkan oleh HoYoverse. Melihat rekam jejak developer yang sering berkutat di game bergaya anime, ZZZ langsung berhasil menarik perhatian dan memikat banyak hati penontonnya.

Sejak tahap CBT yang diadakan tahun lalu, HoYoverse tidak banyak memberikan kabar mengenai kelanjutan dari proyek mereka yang satu ini. Meski sudah melibatkan komunitas dalam tahap testing, masih belum jelas kapan action RPG roguelike ini akan rilis.

Melalui ajang Gamescom 2023, HoYoverse kembali membawakan berita terbaru mengenai gameplay Zenless Zone Zero. Berita ini ditampilkan secara ringkas melalui sebuah video trailer yang berdurasi sekitar 6 menit.

Dalam trailer tersebut, ternyata ada beberapa aspek tambahan yang sebelumnya tidak ditemukan pada tahap closed beta testing. Contohnya seperti mode Arcade yang menunjukkan permainan klasik sederhana, seperti Snake atau Tetris, yang dikemas dengan menarik.

Ada juga fitur Drive Tuning pada Music Store yang, kalau dari tampilan antarmukanya, sepertinya menunjukkan bagaimana sistem gacha di dalam game ini bekerja. Seperti yang telah diketahui, HoYoverse sudah dikenal dengan game-game gacha mereka seperti Honkai Impact 3rd, Genshin Impact, dan Honkai: Star Rail. Jadi, tidak heran jika ZZZ akan mengambil jalan yang serupa.

Selanjutnya di pertengahan hingga akhir video, dipamerkan pertarungan beberapa karakter melawan satu musuh bos yang seru. Yang menarik dari pertunjukan ini adalah adanya mekanik counter/parry dengan waktu yang tepat. Sistem kombo dan transisi untuk setiap pergantian karakternya juga terlihat sangat mulus.

Zhenyu Li sebagai produser secara singkat mendeskripsikan game ini sebagai "urban fantasy ARPG" dan memang mengakui minimnya update perkembangannya sejak tahap CBT terakhir.

"Saya tahu bahwa sudah lama kami tidak memberikan update tentang apa yang kami kerjakan, dan untuk itu saya senang bisa hadir di sini hari ini untuk memberikan Anda update mengenai kemajuan yang sudah kami buat di game ini. Kami mempersembahkan sebuah trailer untuk menunjukkan lingkungan urban (perkotaan) yang telah kami kembangkan dan beberapa dinamika dari game ini," terangnya sebelum pemutaran trailer di Gamescom 2023.

Sayangnya, belum ada tanda-tanda kapan game ini akan dirilis. Untuk harganya, kemungkinan besar akan tetap mengambil jalur game gratis seperti game-game mereka sebelumnya. Perihal platform juga belum memiliki kejelasan, apakah game ini akan dirilis serentak untuk semua platform seperti Genshin Impact, atau mungkin seperti Honkai: Star Rail yang baru bisa dimainkan di PlayStation di akhir tahun ini.