10 July 2022

by Daniel Hamiaz

Genshin Impact Akhirnya Mengenalkan Elemen Dendro dengan 2 Reaksi Baru, Bloom dan Catalyze

Elemen Dendro kemungkinan besar akan diterapkan saat Genshin Impact menginjak versi 3.0, dengan hadirnya Sumeru sebagai Region keempat.

Setelah hampir berusia 2 tahun, Genshin Impact akhirnya memberi informasi mengenai elemen terakhir, yang selama ini tidak disentuh sama sekali, yaitu Dendro. Elemen yang melambangkan tanaman ini sebelumnya hanya bisa ditemukan saat melawan musuh Slime dan Samachurl.

Mereka menyajikan informasi tersebut melalui sebuah video teaser pendek, yang menjelaskan elemen Dendro, mulai dari tahap desain, filosofi, hingga reaksi-reaksi elemen yang berkaitan dengan Dendro.

&t=2s

Nantinya akan ada dua reaksi baru yang membutuhkan elemen Dendro, yaitu Bloom dan Catalyze.

Bloom merupakan reaksi antara Dendro dan Hydro, sedangkan Catalyze merupakan reaksi dari Dendro dan Electro. Kedua reaksi tersebut akan menemani reaksi Burning, yang sudah ada terlebih dahulu di dalam game sejak pertama kali rilis.

Mereka menjelaskan, bahwa desain dari reaksi Bloom terinspirasi dari pertumbuhan bunga dan tumbuhan saat diberi air. Sedangkan untuk reaksi Catalyze, memiliki konsep original yang mereka kembangkan sendiri. Reaksi ini dijelaskan memiliki hubungan yang erat dengan sejarah yang ada di Sumeru.

Selain kedua reaksi ini, tidak ada informasi mengenai reaksi elemen Dendro dengan elemen lain, seperti Cryo, Anemo, dan Geo. Hal ini memiliki 2 kemungkinan, yaitu antara reaksi lain akan dibuka suatu waktu di masa yang akan datang, atau memang tidak adanya reaksi antara Dendro dengan elemen yang tersisa.

Ada bocoran yang mengatakan bahwa elemen Dendro dan Anemo tidak bisa bereaksi. Hal ini juga dapat dilihat dari bocoran Artifact baru, yang dapat menurunkan Dendro RES dari musuh. Jika benar, maka peran Anemo yang biasanya digunakan sebagai penurun RES dari Elemen lain, tidaklah dibutuhkan.

Video teaser yang telah diunggah merupakan bagian pertama dari seri Sumeru Preview, sehingga kemungkinan besar kelanjutan seri ini akan dirilis secara berkala, menjelang perilisan penuhnya di versi 3.0. Sumeru nantinya terletak di bagian barat Liyue, dan dirumorkan memiliki area yang lebih luas dibandingkan dengan Liyue.

Jika Anda tertarik dengan bocoran atau leaks mengenai karakter Dendro yang akan mengisi versi 3.0, Anda bisa memeriksa detailnya di sini.