Hitung-Hitungan Gacha, Kebutuhan, dan Top Up Genshin Impact

Dengan demikian, pemain bisa menentukan batasan mereka untuk mengeluarkan uang secara bertanggung jawab, khususnya di Genshin Impact.

Berapa banyak sebenarnya yang harus Anda keluarkan untuk bermain Genshin Impact yang optimal? Baca artikel ini dulu sebelum Anda membuat anggaran untuk top up di Genshin Impact.

Genshin Impact merupakan sebuah Action RPG, yang dikembangkan oleh pengembang asal Tiongkok, miHoYo, dan pertama kali dirilis pada tanggal 28 September 2020 secara global. Game ini awalnya dipandang sebelah mata, karena terkesan mengambil gameplay The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Namun setelah game tersebut benar-benar rilis, banyak ekspektasi yang terpatahkan dan menyambar pasar dengan sangat cepat.

Popularitas game ini sangatlah tinggi di seluruh penjuru dunia, karena belum pernah ada mobile game yang menawarkan pengalaman bermain serupa. Ditambah lagi sistem cross-platform dan cross-save untuk PC dan PlayStation, yang mampu menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Genshin Impact bisa dimainkan secara gratis, walau membutuhkan spek HP yang cukup tinggi untuk bermain dengan lancar.

Salah satu prestasi terbesar Genshin Impact adalah saat mereka berhasil memenangkan penghargaan di The Game Award 2021 dengan kategori sebagai The Best Mobile Game. Selain itu, komunitas Genshin Impact di Reddit juga pernah menjadi yang teramai di tahun 2021, menandakannya sebagai game yang sangat sukses, baik secara teknis, maupun komunitasnya.

Perhitungan Kebutuhan dari Top Up Genshin Impact

Game Gacha

Seperti game mobile gratis pada umumnya, Genshin Impact memiliki cara mereka sendiri untuk meraup untung. Walaupun secara gameplay, tidak banyak game yang menyerupainya, namun praktek monetisasi mereka menggunakan sistem gacha.

Game gachamerupakan game yang menggunakan sistem random untuk mendapatkan karakter maupun item tertentu. Sistem tersebut sendiri sebenarnya sudah lama dipraktikkan di industri video game, khususnya game mobile. Sebut saja Fate/Grand Order, Arknights, Azur Lane, Raid: Shadow Legends, Cookie Run: Kingdom, dan masih banyak lagi.

Item yang dijual berdasarkan kurs yang dipakai

Sebelum membahas range harga di Genshin Impact, ada baiknya pembahasan diawali dengan pengelompokkan jenis item. Berikut ini batasan-batasan yang akan digunakan di pembahasan ini:

  1. Jenis Item meliputi item-item premium, yang membutuhkan uang untuk didapatkan.

  2. Pembahasan tidak akan memasukkan unsur Primogem gratis, Masterless Stardust, dan Masterless Starglitter.

  3. Harga yang digunakan akan memakai harga yang tertera pada in-game dan dengan menggunakan mata uang Rupiah.

Berdasarkan kurs yang dipakai. item berbayar di Genshin Impact dapat dikelompokkan menjadi dua kategori:

sumber: Genshin Impact

  1. Item yang bisa diperoleh menggunakan mata uang yang berlaku di negara tersebut, seperti Rupiah di Indonesia. Dengan membayar nominal yang ditentukan, pemain akan mendapatkan item tersebut. Item yang tergolong di kategori ini adalah Blessing of the Welkin Moon dengan harga Rp79 ribu dan Battle Pass dengan dua jenis harga, yaitu Rp159 ribu & Rp329 ribu.

2. Item yang menggunakan mata uang premium yang disebut dengan Genesis Crystal (biasa disebut GC atau Crystal). Ada beberapa jenis item yang bisa didapatkan melalui mata uang virtual ini, namun sebagai topik utama pembahasan, kali ini item yang akan menjadi acuan adalah karakter bintang 5 eksklusif dan senjata bintang 5 eksklusif.

Harga Genesis Crystal

Untuk item kategori kedua inilah, pembahasan mulai terlihat rumit. Seperti game lain (tidak hanya game gacha), banyak yang menerapkan sistem konversi mata uang digital, yang bertujuan untuk membingungkan pengguna dan mengaburkan nilai dari uang yang digunakan.

Bahkan di Genshin Impact, Genesis Crystal yang sudah tergolong premiumcurrency, masih harus dikonversi lagi ke kurs yang bernama Primogem, untuk digunakan untuk membeli item tertentu. Dan entah mengapa, Primogem masih bisa dikonversi menjadi kurs lain, yaitu Intertwined Fate dan Acquaint Fate untuk melakukan Wish atau gacha.

sumber: Genshin Impact

Salah satu item yang hanya bisa dibeli dengan Genesis Crystal adalah skin, yang dibanderol dengan harga 1680 Genesis Crystals (tanpa potongan harga).

Lalu, berapa duitkah 1680 Genesis Crystals itu?

sumber: Genshin Impact

Menurut gambar di atas, 1680 GC bisa didapatkan dengan membeli paket GC dengan harga Rp479 ribu atau kombinasi paket GC dengan harga di bawahnya. Sebagai standar, penghitungan dilakukan dengan asumsi tanpa memasukkan bonus GC saat pertama kali melakukan Top-Up.

Untuk memudahkan penghitungan, ada baiknya untuk mengetahui berapakah harga yang dipatok untuk setiap Genesis Crystals-nya. Jika dicermati, harga satuan Genesis Crystals pun tidak bisa dipukul rata. Berikut ini penghitungan sederhananya:

Setelah mendapatkan harga atau nilai per 1 GC, maka harga sebuah item dalam Rupiah akan lebih mudah diketahui. Jadi untuk membeli sebuah skin saja, pemain perlu merogoh kocek sekitar Rp426 ribu (bisa kurang jika Anda mendapatkan bonus Crystal dari Top-up).

Sebagai patokan pembahasan selanjutnya, penghitungan akan menggunakan harga Rp254 per Genesis Crystals-nya.

Sistem Gacha Genshin Impact

Untuk mendapatkan sebuah karakter atau senjata tertentu, pemain perlu melakukan Wish atau gacha. Satu kali Wish memerlukan 160 Primogem. Rasio konversi dari Genesis Crystal ke Primogem adalah 1:1.

Genshin Impact menerapkan sistem Pity, yaitu sebuah sistem yang menjamin pemain untuk mendapatkan karakter saat Wish mencapai angka tertentu. Setiap banner memiliki Pity terpisah dan juga memiliki jumlah Pity yang berbeda.

Terdapat tiga jenis banner, yaitu banner karakter eksklusif (Pity 90), banner senjata eksklusif (Pity 80), dan banner Standard (Pity 90).

sumber: Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Jika pemain mendapatkan sebuah karakter atau senjata bintang 5, maka Pity yang dimaksud akan direset menjadi 0 kembali. Isi dari setiap banner dapat digolongkan menjadi 3 jenis item, yaitu item bintang 3, bintang 4, dan bintang 5.

Apakah jika menyentuh pity, pemain akan mendapatkan karakter/senjata yang diinginkan?

Jawaban: Belum tentu.

Memang pity dari sebuah karakter berjumlah 90, namun saat menyentuh angka tersebut, pemain tidak langsung memperoleh karakter yang tampil di banner tersebut. Pemain memiliki peluang 50% untuk mendapatkan karakter ekslusif di banner, dan 50% lagi akan mendapatkan karakter bintang 5 lain. Situasi ini disebut dengan 50/50 (fifty-fifty).

Jika pemain tidak mendapatkan karakter yang ada di banner (biasa dikenal dengan istilah kalah 50/50), maka untuk karakter bintang 5 selanjutnya, pemain akan dijamin 100% untuk mendapatkan karakter bintang 5 yang ada di banner saat itu.

Banner senjata memiliki sistem yang sama, namun dengan sedikit twist. Karena senjata yang tampil berjumlah 2, maka jika pemain kalah 50/50, maka garansi 100% mereka untuk senjata bintang 5 selanjutnya, akan terbagi di dua jenis senjata.

Karena kebrutalan sistem itulah, Genshin Impact memperkenalkan Epitomized Path, yaitu sebuah sistem Pity tambahan yang membolehkan pemain untuk memilih senjata yang ia ingin dapatkan. Namun Epitomized Path itu sendiri membutuhkan 3 kali putaran Pity untuk mendapatkan pilihan senjata itu.

Rangkuman

1 Wish = 160 Primogems = 160 Genesis Crystals.

1 karakter bintang 5 = 90 Wish x 160 Primogems = 14.400 Genesis Crystals.

1 senjata bintang 5 = 80 Wish x 160 Primogems = 12.800 Genesis Crystals.

Harga Genesis Crystals yang dipakai = Rp254,-/ Crystals.

Skenario Penghitungan

Berikut skenario dan kondisi yang mendasari penghitungan:

  1. Penghitungan dilakukan dengan kondisi pemain tidak memiliki Primogems maupun Fate sama sekali.

  2. Tidak memiliki Pity sama sekali.

Asumsi atau skenario ini sebenarnya sering terjadi dan tidak mengada-ada. Jika pemain benar-benar mengincar sebuah karakter, maka mereka akan mencoba berbagai cara, untuk mendapatkannya. Skenario ini sering dihadapi pemain saat kalah 50/50, atau kehabisan Primogem saat mencari konstelasi karakter maupun refinement dari senjata tertentu.

Lalu, berapa harga 1 item Bintang 5?

Dengan bermodalkan penghitungan harga Genesis Crystal, yang disertai dengan skenario & asumsi di atas, maka untuk sebuah item Anda membutuhkan:

1 Karakter bintang 5

14.400 Primogems x Rp254,- = Rp3,65 juta rupiah (Kondisi menang 50/50).

1 Senjata bintang 5

12.800 Primogems x Rp254,- = Rp3,25 juta rupiah (Kondisi menang 50/50).

Nominal Rupiah yang tertera di atas, merupakan hasil penghitungan di kondisi Pity normal. Namun bisa saja pemain mengalami kondisi kalah 50/50 dan mengulangi Pity dari awal lagi.

Di kondisi tersebut, pemain berpotensi untuk mengeluarkan uang 2 kali lipat lebih banyak untuk sebuah karakter bintang 5 dan 3 kali lipat lebih banyak untuk sebuah senjata bintang 5.

Jika ada kondisi worst case, maka ada pula kondisi best case. Di Genshin Impact, pemain bisa mendapatkan karakter bintang 5 tanpa memandang Pity. Namun hal ini sangat bergantung terhadap faktor keberuntungan masing-masing pemain. Di kondisi best case, penghitungan agak sulit dilakukan, mengingat kondisi keberuntungan dan Pity yang bervariasi.

Dari penjabaran di atas, setidaknya sekarang Anda memiliki gambaran, mengenai range pengeluaran untuk mendapatkan item tertentu di Genshin Impact.

Disclaimer

Berikut beberapa Disclaimer dari penghitungan di atas:

  1. Harga yang tertera di atas, merupakan hasil penghitungan kasar dengan harga maksimal, yang bisa dikurangi dengan Primogem gratis, yang bisa diperoleh hanya dengan bermain.

  2. Terdapat bonus Genesis Crystal yang bisa diperoleh saat membeli Genesis Crystal (saat melakukan top-up pertama).

  3. Walaupun secara teknis Pity sebuah karakter adalah 90 dan sebuah senjata adalah 80, namun pada prakteknya, Pity tersebut hampir tidak pernah menyentuh angka yang tertera pada deskripsi banner.

Hal ini dinamakan sebagai soft pity, yaitu sebuah kisaran atau range Pity, yang peluang munculnya sebuah item bintang 5 melonjak drastis. Soft pity untuk banner karakter adalah pada Pity 76-80, sedangkan untuk banner senjata pada Pity 66-70.

Soft pity sendiri merupakan hasil temuan dari komunitas, dengan mengumpulkan statistik dari hasil gacha pemain, yang sudah menjadi rahasia umum.

Penutup

Core gameplay Genshin Impact sendiri sudah dapat dimainkan oleh setiap pemain dari awal, dan juga tidak memerlukan karakter tertentu untuk menyelesaikan setiap tantangan.

Walaupun dengan adanya Spiral Abyss, pemain juga sebenarnya tidak diwajibkan untuk menyelesaikannya, apalagi dengan hadiah yang diperoleh tidak sebanding dengan effort yang dikeluarkan.

Semoga dengan penjabaran di atas, Anda sebagai pemain, atau mungkin bagi Anda yang memiliki teman & keluarga yang bermain Genshin Impact, bisa lebih mengerti dan memahami bahwa biaya top up di game ini tidaklah sedikit.