23 January 2022

by Daniel Hamiaz

Build Yun Jin Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Life mirrors opera, just as opera reflects life." - Yun Jin.

Dirilis bersamaan dengan Shenhe, Yun Jin merupakan karakter pendukung terbaru pada versi 2.4. Ia merupakan karakter serbaguna, namun juga situasional di saat yang bersamaan. Pernyataan ini merupakan gambaran yang pas untuk Yun Jin. Mengapa demikian?

Overview

Yun Jin adalah karakter bintang 4 berelemen Geo yang bersenjatakan polearm. Ia berperan sebagai karakter pendukung yang akan meningkatkan damage dari Normal Attack satu tim. Normal Attack yang dimaksud di sini bukanlah talenta Normal Attack, melainkan kemampuan karakter melakukan Normal Attack (bukan Charged Attack ataupun Plunge Attack).

Yun Jin akan meningkatkan Normal Attack dari anggota satu tim, berdasarkan stat DEF yang dimilikinya, sehingga ia membutuhkan stat tersebut dengan jumlah yang tinggi. Buff ini akan aktif, saat Elemental Burst Yun Jin diaktifkan. Mirip dengan Shenhe, buff yang diberikan memiliki kuota sebanyak 30 kali serangan.

Untuk damage dari Yun Jin sendiri sebagian besar terletak pada Elemental Skill-nya, yang mirip dengan Elemental Skill Beidou. Skill ini akan memberikan damage Geo terhadap musuh di sekitarnya saat dipakai. Jika pemain berhasil memakai Elemental Skill tepat sesaat sebelum ia terkena serangan, maka Elemental Skill akan memberikan damage maksimum.

Hal inilah yang membuatnya serbaguna, namun perannya sangatlah spesifik. Hal ini juga menyebabkan komposisi tim Yun Jin yang terbatas, dan terkadang Yun Jin dapat diganti dengan karakter lain, yang bisa memberikan damage langsung, daripada mengandalkan buff Yun Jin.

Kemampuan Yun Jin untuk meningkatkan damage Normal Attack, juga meruntuhkan konsep desain "umum" karakter Geo, yang biasanya yang kesannya hanya bagus saat dimainkan bersama karakter Geo lainnya. Apalagi Yun Jin memiliki talenta pasif, yang akan meningkatkan buff-nya, berdasarkan jumlah elemen yang berbeda di tim.

Prioritas talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Artefak

Untuk Artefak, Anda bisa memakai 4 Husk of Opulent Dreams, yang akan meningkatkan stat DEF secara signifikan. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai 4 Noblesse Oblige (jika tidak ada karakter di tim yang belum memakainya), 4 Archaic Petra (jika bermain di tim non-Geo), atau kombinasi antara 2 Husk of Opulent Dreams, 2 Emblem of Severed Fates, dan 2 Defender's Will.

Yun Jin hanya bertugas untuk memberi buff kepada anggota tim, sehingga ia hanya membutuhkan stat seperti Energy Recharge dan DEF. Jika Anda memakai Favonius Lance, maka pastikan Anda memiliki Crit Rate sekitar 40-60% untuk mengakses efek pasifnya.

Main stat yang dicari:

  • Sands: DEF%.
  • Goblet: DEF%.
  • Circlet: DEF% atau Crit rate%.

Prioritas sub stat: ER% > DEF%  > Crit Rate/DMG% > flat DEF.

Senjata

Untuk memenuhi kebutuhan energinya, Yun Jin paling cocok menggunakan Favonius Lance sebagai senjata terbaiknya. Senjata ini menyediakan sub stat Energy Recharge dan juga akan memberikan partikel energi tambahan melalui efek pasifnya.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai senjata Energy Recharge lain seperti Engulfing Lightning, Skyward Spine, The Catch, atau Prototype Starglitter.

Komposisi Tim

Berikut ini merupakan beberapa karakter yang memanfaatkan Normal Attack (sampai versi 2.4):

Karakter yang paling cocok ditemani oleh Yun Jin adalah Yoimiya. Semua kekuatan Yoimiya terletak pada kemampuan Normal Attack-nya. Komposisi tim di atas merupakan salah satu contoh komposisi tim yang menggunakan Yoimiya dan Yun Jin. Untuk 2 karakter lain, Anda bisa memilih antara menggunakan tim tanpa reaksi dan mengandalkan Pyro dan Geo Resonance, atau tim dengan reaksi elemental, seperti Vaporize atau Overload.

Karakter lain di daftar ini adalah Noelle. Damage Noelle juga terletak pada Normal Attack-nya saat mengaktifkan Elemental Burst. Dengan adanya Yun Jin, Noelle secara otomatis dapat mengakses Geo Resonance dengan mudah. Setelah itu, Anda bisa memakai Gorou dan Albedo untuk mengisi dua karakter lainnya.

Razor merupakan salah satu Physical main DPS yang gameplay-nya berfokus pada Normal Attack. Dengan memakai Yun Jin, damage yang dihasilkan juga dapat ditingkatkan. Untuk dua karakter yang tersisa, Anda bisa memakai Xingqiu atau Fischl sebagai sub DPS dan Diona sebagai healer, shielder, dan penyedia Superconduct untuk menurunkan physical resistance.

Karakter terakhir yang akan dibahas adalah Chongyun. Dengan memasukkan Shenhe dan Yun Jin ke dalam tim, maka Chongyun dapat bersinar. Yun Jin akan bertugas meningkatkan damage Normal Attack, lalu Shenhe akan meningkatkan Cryo damage Chongyun, yang berasal dari Normal Attack, Elemental Skill atau dari Elemental Burst-nya. Anda bisa memakai Kazuha atau karakter Anemo lain sebagai pengganti Shenhe. Untuk slot terakhir, Anda bisa memakai Diona sebagai healer.

Tips Shenhe Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Yun Jin memiliki talenta pasif yang akan menambahkan Normal Attack lebih lanjut, saat memakai karakter dengan elemen yang berbeda. Namun, talenta ini dapat mengurangi performa tim, jika anggota tim tidak memiliki sinergi yang baik, hanya demi menambahkan sedikit buff Yun Jin. Jadi, prioritaskan komposisi tim lebih dulu dibandingkan memaksa memakai 4 elemen yang berbeda di satu tim.

  2. Energy Recharge yang dibutuhkan Yun Jin, tergantung juga dari jumlah karakter Geo di tim. Jika Yun Jin merupakan satu-satunya karakter Geo di tim, maka ER yang ia butuhkan berkisar antara 180-200%. Jika ada dua atau lebih karakter Geo di tim, maka Energy Recharge yang dibutuhkan sekitar 160-180%.

Penutup

Untuk saat ini, posisi Yun Jin sebagai buffer Normal Attack, membuatnya sebagai sebuah karakter unik dan spesial. Hal ini membuka jalan baru dalam membangun tim dan bermain Genshin Impact dengan cara lain.

Namun di sisi lain, tidak banyak karakter yang benar-benar membutuhkan buff Normal Attack, dan di beberapa kondisi tertentu, memaksakan memakai Yun Jin malah menurunkan performa satu tim.

Walaupun demikian, Yun Jin akan menjadi salah satu karakter yang kuat di masa depan, apabila nanti ada karakter yang memiliki sinergis yang pas dengan dirinya.