Gaming News

InMobi: 59 Persen Gamer Indonesia Perempuan

10 Jul 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Laporan InMobi juga menunjukkan bahwa gamer Indonesia semakin aktif selama pandemi

Bermain game tak lagi menjadi hobi bagi segelintir orang. Saat ini, semakin banyak orang yang bermain game. Newzoo memperkirakan, jumlah gamer pada akhir 2020 akan mencapai 2,7 miliar orang. Dan angka itu masih akan terus naik. Jumlah gamer pada 2023 diduga akan mencapai 3 miliar orang. Semakin bertambahnya gamer berarti industri game juga semakin besar. Pada tahun ini, industri game diperkirakan akan bernilai US$159,3 miliar. Dan mobile game memberikan kontribusi yang besar.

Sementara itu, industri game di kawasan Asia Tenggara juga akan tumbuh. Menurut laporan Niko Partners, indutri game di Greater Southeast Asia — yang mencakup Asia Tenggara dan Taiwan — akan naik dari US$5 miliar menjadi US$8,3 miliar. Tentu saja, Indonesia menjadi bagian dari itu. Berdasarkan laporan dari InMobi, sebanyak 59 persen gamer di Indonesia merupakan perempuan, dan 41 persen sisanya adalah laki-laki. Sementara genre game yang paling populer di kalangan gamer Indonesia adalah kasual, diikuti oleh action, arcade, dan simulasi.

inmobi game indonesia
Kebanyakan gamer di Indonesia adalah perempuan, menurut InMobi. | Sumber: InMobi

Sama seperti yang terjadi di seluruh dunia, pandemi virus corona membuat orang Indonesia semakin aktif bermain game. Diperkirakan, kegiatan bermain game di seluruh Indonesia naik setidaknya 75 persen selama bulan April dan Mei 2020. Memang, pemerintah Indonesia mulai menyarankan masyarakat untuk tidak keluar dari rumah pada Maret 2020.

Genre game dengan pertumbuhan durasi penggunaan tertinggi, menurut InMobi, adalah arcade, board game, simulasi, dan puzzle game. Selama pandemi, jumlah gamer yang aktif di seluruh dunia memang bertambah. Salah satu indikasinya adalah jumlah concurrent gamer di Steam. Pada akhir Maret 2020, jumlah pengguna Steam capai 22 juta orang, yang merupakan rekor.

Mengingat para gamer menghabiskan waktu lebih banyak untuk bermain game selama pandemi, tidak heran jika tingkat spending mereka juga naik. Memang, total belanja gamer di Amerika Serikat pada Q2 2020 mengalami kenaikan. Tak hanya itu, industri game di Tiongkok juga mengalami pertumbuhan selama pandemi virus corona.

Menurut data dari InMobi, game dengan spending terbesar di Indonesia pada Q1 2020 adalah word game, disusul oleh simulasi, puzzle, kasual, dan card game. Sementara genre yang mengalami pertumbuhan spending terbesar sepanjang periode Januari-Maret 2020 adalah board game, puzzle game, arcade, dan simulasi.