17 July 2022

by Daniel Hamiaz

Build Shikanoin Heizou Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

“A true detective uses their smarts to outwit criminals at every single turn. And you dont stop until every last piece of the puzzle is in place” -Shikanoin Heizou.

Dirilis di ujung versi 2 di Genshin Impact, Heizou merupakan sebuah karakter yang cukup "berbeda" dibandingkan dengan karakter baru lain asal Inazuma. Playstyle sederhana, komposisi tim yang fleksibel, dengan elemen Anemo yang serbaguna, menjadikan Heizou sebagai karakter yang cukup menarik untuk digunakan.

Bagaimana cara bermain Shikanoin Heizou yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini.

Build Heizou Genshin Impact Terbaik

 

Overview Gameplay Shikanoin Heizou

Shikanoin Heizou merupakan karakter Anemo B4 dengan senjata catalyst. Sebagai karakter laki-laki pertama dengan senjata catalyst, ia memiliki keunikan tersendiri. Jarak serangan yang ia miliki malah cenderung ke jarak dekat (melee). Karakter catalyst sebelum Heizou, semuanya memiliki serangan jarak jauh (range).

Detektif dari Tenryou Commision ini bisa digunakan sebagai karakter DPS maupun enabler. Damage Anemo yang ia hasilkan cukup baik, yang didukung dengan animasi Normal Attack yang mulus, Energy Cost yang rendah, dan juga cooldown skill-nya yang cukup singkat.

Elemental Skill dan Burst-nya merupakan sumber utama damage Heizou. Walaupun Elemental Burst-nya dideskripsikan dapat menarik musuh, namun kenyataanya, efek tarikan yang ia miliki tak sekuat karakter Anemo lain.

Shikanoin Heizou bisa bermain dengan build DPS, build EM, atau mungkin campuran dari keduanya. Hal ini menjadikan Heizou sebagai karakter yang lebih fleksibel untuk di-build, dibandingkan dengan karakter Anemo lain. Ia lebih mirip dengan Venti secara build, ketimbang dengan Sucrose atau Kazuha yang wajib memakai Elemental Mastery.

Elemental Skill – Heartstopper Strike

Skill ini memiliki 2 versi, yaitu ditekan dan ditahan.

Saat ditekan: Heizou akan melancarkan pukulan cepat, yang akan memberikan damage Anemo kepada musuh yang ada di depannya.

Saat ditahan: Heizou akan mengumpulkan tenaga untuk melancarkan serangan yang lebih kuat. Sembari ditekan, ia akan mendapatkan stack, yang akan terus bertambah dengan jumlah maksimum 4 stack.

Saat stack tersebut mencapai jumlah maksimum dan dilepaskan, Heizou akan melancarkan serangan Anemo yang lebih kuat, dengan AoE yang lebih luas lagi.

Elemental Burst – Windmuster Kick

Heizou akan menendang ke depan, dan menciptakan sebuah bola angin, yang akan mengumpulkan musuh sekitar. Bola angin tersebut akan meledak setelah beberapa saat.

Jika ledakan tersebut mengenai musuh dengan elemen antara Pyro, Cryo, Electro, maupun Hydro, maka akan tercipta ledakan susulan, dengan tipe damage yang sesuai dengan elemen tersebut.

Talenta Pasif 1: Paradoxical Practice

Saat Heizou memicu reaksi Swirl di arena, ia akan mendapatkan stack Heartstopper Strike. Efek ini bisa terpicu setiap 0,1 detik sekali.

Manfaatkan skill ini untuk memberikan damage yang besar, tanpa perlu repot-repot menahan Elemental Skill!

Talenta Pasif 2: Penetrative Reasoning

Saat Elemental Skill Heizou mengenai musuh, Anggota tim selain Heizou akan menerima tambahan Elemental Mastery sebanyak 80 selama 10 detik.

Talenta Pasif 3: Pre-Existing Guilt

Penggunaan stamina saat berlari akan dikurangi sebanyak 20% saat Heizou berada di dalam tim.

Prioritas Talenta: Elemental Skill > Elemental Burst > Normal Attack.

Konstelasi

Konstelasi Penting: C6.

Secara sederhana, konstelasi Heizou dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Saat Heizou memasuki arena, ia akan mendapatkan: - +15% Normal Attack Speed selama 5 detik. - +1 stack Elemental Skill. Efek ini dapat terpicu setiap 10 detik sekali.

C2: Efek crowd-control dari Elemental Burst, akan lebih kuat, dengan area yang lebih besar. Durasi tarikannya juga akan bertambah selama 1 detik.

C3: +3 level Elemental Skill.

C4: Setelah memakai Burst, Heizou akan mendapatkan: - + 9 energi. - +1,5 energi lagi untuk setiap ledakan yang tercipta dari Elemental Burst. Maksimum energi yang diberikan dari efek ini adalah sebesar 13,5 energi.

C5: +3 level Elemental Burst.

C6: Saat mencapai 4 stack, Elemental Skill Heizou akan mendapat: - +16% Crit Rate. - +32% Crit DMG. Efek ini hanya berlaku saat Elemental skill dilancarkan dengan stack maksimum.

Artifact

Sebagai karakter Anemo, Heizou merupakan karakter yang mampu mengakses Artifact 4 Viridescent Venerer. Artifact ini bisa menurunkan Elemental RES dari musuh yang terkena Swirl hingga 40%. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai sementara 2 Viridescent Venerer dan 2pc Gladiator's Finale/Shimenawa Reminiscence.

Untuk main stat-nya, Heizou masih bisa memanfaatkan Elemental Mastery. Namun jika Artifact EM Anda terbatas, maka dahulukan Artifact tersebut untuk Sucrose atau Kazuha. Build EM memang jauh lebih murah, namun mengingat drop rate-nya yang sangat rendah, maka build DPS menjadi opsi yang lebih dianjurkan.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Anemo DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > ER% > EM.

Senjata Heizou Genshin Impact

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Heizou tidak membutuhkan senjata yang spesifik. Anda tinggal menggunakan senjata terbaik yang Anda punya. Anda bisa memakai antara Skyward Atlas,Lost Prayer to the Sacred Winds, Kagura's Verity, Memory of Dust, atau Solar Pearl.

Di antara rekomendasi senjata B5 di atas, Skyward Atlas merupakan senjata yang paling mudah Heizou gunakan, karena efek pasifnya yang sederhana. Sedangkan untuk senjata B5 lainnya, memiliki efek pasif yang sulit dimanfaatkan oleh Heizou sepenuhnya, atau memang tidak cocok dengan gameplay maupun komposisi tim Heizou. Solar Pearl juga dapat dimanfaatkan oleh Heizou sepenuhnya, dan mudah didapatkan dengan membeli Battle Pass.

Untuk pilhan senjata F2P, The Widsith merupakan pilihan terbaik. Selain Crit DMG sebagai substat, Heizou juga bisa menggunakan ketiga stat yang diberikan secara acak oleh senjata ini. Untuk pilihan lain, Anda bisa menggunakan antara Dodoco Tales, Oathsworn Eye, Sacrificial Fragments, Hakushin Ring (khusus tim Taser) atau Mappa Mare.

Komposisi Tim Heizou Genshin Impact

Secara garis besar, Heizou mampu memasuki hampir seluruh tim yang memakai Sucrose atau Kazuha. Berikut ini beberapa contoh tim yang bisa Anda pakai:

Tim pertama di dalam daftar ini adalah tim National. Heizou di tim ini bisa dimanfaatkan sebagai karakter enabler, yang mampu menurunkan RES elemen, dengan setiap Swirl yang ia hasilkan. Ia juga bisa memberikan sedikit buff EM untuk Xingqiu, Xiangling, dan Bennet, demi memperkuat damage Vaporize.

Selanjutnya adalah tim Taser. Tim yang biasa diisi oleh Sucrose ini, bisa juga digantikan oleh Heizou. Tim Taser yang paling umum digunakan adalah tim yang beranggotakan Xingqiu, Fischl, dan Beidou. Anda bisa menggunakan Yelan sebagai pengganti Xingqiu, atau Yae Miko sebagai pengganti Beidou.

Contoh tim terakhir yang bisa dimasuki Heizou adalah tim Freeze. Walaupun memiliki serangan seperti menghantam musuh, untungnya Heizou tidak akan memecahkan musuh yang beku dengan Normal Attack, Charged Attack, maupun Elemental Skill dan Burst-nya.

Karena memiliki jarak serang yang dekat, karakter Cryo seperti Kaeya lebih cocok dipasangkan dengan Heizou ketimbang karakter Cryo lain. Selain itu, Burst Kaeya yang akan mengikuti karatker aktif, akan memudahkan Heizou untuk berpindah-pindah tempat.

Untuk karakter lain di tim, Anda bisa mengisi dengan karakter Hydro seperti Xingqiu, atau Yelan, dan dengan karakter Cryo lain, seperti Diona, Rosaria, atau Ganyu (sub DPS).

Tips Shikanoin Heizou Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Charged Attack Heizou tidak memiliki internal cooldown (ICD), sehingga akan sangat mudah untuk mendapatkan reaksi Swirl. Selain untuk keperluan damage dan pemicu Viridescent, Swirl di Heizou akan membantu mengumpulkan stack, sehingga Anda tidak harus menahan Elemental Skill, untuk mendapatkan damage yang besar.

  2. Sebenarnya, talenta Normal Attack Heizou bisa diabaikan, baik untuk build DPS maupun EMHal ini dikarenakan multiplier yang ia miliki sangatlah rendah. Penyumbang damage terbesar Heizou berasal dari Elemental Skill, Burst, dan reaksi Swirl-nya.

  3. Ada sebuah trik menarik, yang tidak bisa dilakukan oleh karakter catalyst selain Heizou, yaitu teknik Dragon Strike. Dragon Strike adalah serangan Plunge Attack, yang memanfaatkan hit-lag, untuk mendapatkan tambahan level tanah, dari karakter aktif. Berikut ini adalah demonstrasi-nya:

Penutup

Dibandingkan dengan karakter sebelumnya, kesan terhadap keseluruhan permainan Heizou terasa komplit, bahkan pada C0 sekalipun. Hal ini sudah sulit ditemukan, mengingat karakter B4 baru setelah Inazuma rilis, memiliki fungsi dan gameplay-nya yang terkesan sangat spesifik dan niche. Sebut saja Kujou Sara, Gorou, Thoma, hingga Kuki Shinobu.

Heizou merupakan angin segar bagi para pemain, karena memiliki gerakan serangan baku hantam yang sangat memuaskan untuk dimainkan. Terlepas dari power level-nya yang masih tergolong standar. Heizou merupakan tambahan karakter yang bagus, untuk jajaran karakter di Genshin Impact, khususnya karakter B4.

Jika Anda tertarik dengan karakter B4 terkuat lain yang ada di Genshin Impact, Anda bisa cek daftarnya di sini.

Itulah tadi guide Shikanoin Heizou Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.