20 Game Mirip Genshin Impact Terbaik di 2022

Ada banyak opsi bila Anda sudah mulai lelah berpetualang di Teyvat.

Mungkin Anda sedang bosan dan jenuh di sini. Jadi, inilah game mirip Genshin Impact yang bisa Anda mainkan untuk mengobati kebosanan.

Kehadiran Genshin Impact pada 2020 lalu memang menetapkan standar baru dari sebuah game. Bukan hanya sekedar game free-to-play berkualitas game AAA, namun Genshin Impact telah membuat standar dari berbagai aspek. Mulai dari cerita, karakter, kosmetik, dan berbagai aspek lainnya.

Tidak mengherankan bila game role-playing bergaya anime milik miHoYo ini sangat dicintai oleh para fansnya. Yang terus mengikuti game-nya, bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan karakter favoritnya.

Namun semisal Anda tengah jenuh dengan Genshin Impact namun menginginkan game yang kurang lebih serupa. Maka berikut adalah 20 game yang mirip Genshin Impact baik dari tampilan, tema, mekanik, desain karakter, atau hal mirip lainnya.

1. Honkai Impact 3rd

Bagi Anda yang mengingkan game dengan desain karakter dan feel permainan yang serupa dengan Genshin Impact, maka Honkai Impact 3rd tentu menjadi opsi utama.

Apalagi game ini juga dibuat oleh developer yang sama yaitu miHoYo. Meskipun perlu diingat game ini tidak memiliki eksplorasi duniat terbuka.

2. The Legends of Zelda: The Breath of the Wild

Diakui atau tidak, namun Genshin Impact memang mengadaptasi banyak aspek dari The Breath of the Wild. Mulai dari konsep variasi lingkungan yang diusung, hingga pertarungan berbasis stamina.

Selain itu, Breath of the Wild juga memiliki petualangan dan narasi yang menarik untuk diikuti. Tidak salah bila game ini berhasil memenangkan gelar Game of the Year pada 2017 silam.

3. Immortals Fenyx Rising

Bisa dibilang game ini adalah usaha dari Ubisoft untuk meniru formula kesuksesan dari The Breath of the Wild. Yang membuatnya berada di posisi yang sama dengan Genshin Impact.

Bedanya, dalam game ini pemain akan dihadapkan pada tema dan cerita yang berhubungan dengan dewa-dewa Yunani. Dan pastinya grafis di dalam game ini lebih mendekati ke realistis ketimbang Genshin Impact yang lebih ke anime.

4. NieR Automata

Sejak awal dirilis, ada beberapa aspek yang disebut-sebut dibawa oleh Genshin Impact dari NieR Automata. Seperti animasi beberapa karakter, alur pertarungan yang dimiliki, hingga animasi senjata yang menghilang dan muncul.

Meskipun tentunya di NieR tidak ada karakter yang dapat diganti-ganti dan juga dunia terbuka. Tapi NieR punya banyak ending unik yang bisa diselesaikan oleh para pemain.

5. Tales of Arise

Untuk pemain yang mencari aspek JRPG di dalam game-nya, maka Tales of Arise bisa menjadi game pengganti. Nilai plusnya, game ini memiliki grafis yang lebih realistis dari Genshin Impact.

Selain itu gaya pertarungan dibawa juga tidak kalah seru. Apalagi dikombinasikan dengan cerita narasi fantasi yang membuat game ini semakin menyenangkan untuk dimainkan.

6. Scarlet Nexus

Banyak yang menganggap bahwa kesamaan dari Scarlet Nexus dengan Genshin Impact hanya pada aspek anime-nya saja. Padahal pada kenyataannya kesamaan keduanya lebih dari itu.

Beberapa aspek, mulai dari berpetualang dengan beberapa karakter, gaya pertarungan hack and slash, hingga atmosfer pertarungan yang cukup mirip. Namun tentunya game ini lebih linear ketimbang Genshin Impact.

7. Final Fantasy XIV

&t=77s

Game role playing free-to-play yang memiliki dunia terbuka memang bisa dihitung dengan jari. Maka dari itu, meskipun memiliki pengalaman bermain yang cukup berbeda, namun Final Fantasy XIV punya dunia terbuka yang sama dengan Genshin Impact.

Selain itu FF XIV juga menawarkan berbagai elemen lain seperti MMO yang membuatnya tidak kalah seru. Apalagi Square Enix juga masih terus memberikan update kepada game ini.

8. Craftopia

Game ini memiliki style grafis yang mirip dengan Genshin Impact, namun secara gameplay Craftopia sedikit berbeda. Game ini hadir layaknya gabungan dari Genshin Impact, Pokemon, Story of Season, dan bahkan Rust.

Karena game ini memiliki banyak elemen dan mekanik dari game-game tersebut termasuk bertahan hidup dan berburu. membuat pengalaman dalam game ini benar-benar berbeda dari Genshin yang penuh menghadapi monster.

9. MARVEL Future Revolution

Bagi yang menyukai gaya permainan ala Genshin Impact namun dengan karakter-karakter komik ikonik milik Marvel maka game ini adalah jawabannya.

Game ini memiliki banyak kesamaan mulai dari dunia terbuka yang dapat dijelajahi, karakter superhero yang dapat dikoleksi, dan tentunya berbagai misi yang harus diselesaikan.

10. Xenoblade Chronicles 2

Game yang satu ini mungkin banyak tidak diketahui banyak gamer karena platform rilisnya yang eksklusif untuk Nintendo Switch saja.

Namun Xenoblade Chronicles 2 membawa banyak kesamaan aspek dengan Genshin Impact seperti sistem pertarungan berbasis elemen dan juga sistem gacha senjata dan karakter.

11. Ni No Kuni: Cross Worlds

Bisa dibilang game ini mencoba mengikuti kesuksesan Genshin Impact dengan mengimplementasikan beberapa aspek. Seperti alur cerita dan eksplorasi yang kini lebih bebas seperti Genshin Impact.

Selain itu Ni No Kuni: Cross Worlds  juga memiliki pertarungan berbasis elemen, serta hadirnya sistem gacha yang sayangnya tidak terlalu disenangi oleh para pemainnya.

12. Ys IX: Monstrum Nox

Bagi para pecinta JRPG mungkin sudah familiar dengan seri Ys, namun bagi yang belum maka Anda akan menyukai beberapa kesamaan dengan Genshin Impact.

Dengan beberapa macam karakter yang bisa dikombinasikan dalam satu party, pemain jua akan dihadapkan dengan pertarungan kombinasi antara serangan normal dan juga kemampuan khusus.

13. Final Fantasy XV

Final Fantasy XV menjadi salah satu game yang memiliki mekanisme kontrol terhadap empat karakter bergantian yang halus layaknya Genshin Impact.

Namun bedanya karakter yang tidak dimainkan tidak akan menghilang namun akan bertarung secara otomatis. Kelebihan dari game ini tentu ada pada grafis dan juga cerita dalam yang menjadi ciri khas seri Final Fantasy.

14. Dragon Quest 11: Echoes Of An Elusive Age

Salah satu seri JRPG legendaris ini tentunya layak untuk masuk ke dalam daftar ini. Dengan berbagai karakter unik dan ikonik yang ada di dalam game-nya.

Apalagi dengan desain karakter dari Akira Toriyama yang membuat Dragon Ball game ini menawarkan pengalaman petualangan JRPG klasik lengkap dengan pertarungan turn-based-nya.

15. One Piece Fighting Path

Bila Anda menyukai aspek gacha yang ada pada Genshin Impact, maka game lain yang mungkin akan disukai adalah One Piece Fighting Path.

Dengan beragam karakter ikonik yang bisa dikoleksi game ini juga memiliki gaya pertarungan yang bisa dibilang cukup mirip dengan Genshin Impact.

16. Dragon Raja

Dikembangkan menggunakan Unreal Engine 4, Dragon Raja memang menawarkan sebuah dunia fantasi futuristis dengan grafis menawan.

Layaknya Genshin, pemain dapat menjelajahi dunianya secara bebas dan melakukan berbagai aktivitas. Game ini juga membawa aksi pertarungan yang seru layaknya Genshin Impact.

17. RPG Toram Online

Seperti namanya, game ini berfokus pada elemen role-playing dan juga petualangan layaknya Genshin Impact. Namun karena game ini merupakan game online (MMO) Anda nantinya akan berpetualangan bersama pemain lainnya.

Hal ini tentu akan memberikan pengalaman baru yang terasa lebih fresh. Karena kini Anda tidak lagi menjelajah seorang diri sekaligus mendapat bantuan ketika menghadapi musuh yang sulit.

18. Persona 5 Royal

Untuk para pemain yang menginginkan sebuah game RPG dengan elemen interaksi dengan karakter lain yang memiliki dampak lebih besar dalam ceritanya dapat memainkan game ini.

Meskipun pertarungan dan juga tema yang diusung cukup berbeda, namun style unik dan khas yang dimiliki oleh game ini membuatnya layak untuk dicoba.

19. Sword Art Online: Integral Factor

Bila beberapa game di atas mencoba memberikan alur cerita anime-nya sendiri, maka game yang satu ini memang merupakan adaptasi dari anime berjudul sama.

Game ini memiliki beberapa kesamaan dengan Genshin Impact antara lain pertarungan hack and slash dan juga perkembangan karakter.

20. Tower of Fantasy

Game ini bisa dibilang sebagai game yang benar-benar dibangun dengan tema yang mirip dengan Genshin Impact. Game yang masih dalam masa pra-registrasi ini memiliki banyak kesamaan dengan Genshin.

Mulai dari style grafis hingga gameplay aksi yang ditawarkan. Salah satu kelebihan dari game ini adalah pemain bebas mengkostumisasi setiap karakter sesuai keinginan.